Lupa Dalam Sholat, Apa Yang Harus Dilakukan?

Terkadang pikiran kita waktu sholat bisa mengambang kemana - mana karena setan terus saja menggangu sholat kita mulai masalah sandal hilang sampai urusan hutang dan pada akhirnya kitapun lupa. Lupa berapa rakaat, lupa duduk antara dua sujud dan lain - lain. Nah ketika itu terjadi, yaitu lupa dalam sholat apa yang harus kita lakukan?
Nah kali ini masrozak.com akan sedikit menuliskannya mudah - mudahan banyak manfaatnya. Aamiin.


Info menarik lainnya yang bisa disimak Cara Menentukan Waktu Sholat dengan Mudah


Apabila terjadi kelupaan/kekhilapan dalam sholat maka tidak perlu dibatalkan sholatnya tapi disunatkan untuk melakukan sujud sahwi. Sujud sahwi adalah sujud dua kali kerena lupa dalam sholat.


 

Beberapa Aturan Dalam Sujud Sahwi

 

Nah berikut adalah beberapa aturan atau yang mungkin terjadi berkaitan dengan lupa dalam sholat dan sujud sahwi

1. Misalkan tidak melakukan tasyahud awal atau attahyat awal, atau lupa salah satu gerakan yang lainnya,  maka sebelum salam hendaklah sujud dulu sebanyak dua kali baru kemudian salam.

2. Kekurangan rakaat, lupa baru 2 rakaat, 3 rakaat atau sudah 4 rakaat. Maka ambilah yang paling sedikit. Kemudian sebelum salam lakukan sujud dua kali dan salam.

3. Kekurangan rakaat, misalkan yang 4 rakaat hanya dikerjakan 3 rakaat atau dua rakaat, kemudian salam.
Setelah salam baru teringat atau ada orang lain yang mengingatkan, maka tambahkanlah kekurangannya, dan sebelum salam lakukanlah sujud dua kali baru salam.

4. Karena kelabihan Rakaat, misalkan yang harusnya 4 rakaat mejadi 5 rakaat. Maka sebelum salam lakukanlah sujud dua kali baru salam.


Doa Sujud Sahwi


Adapun doa yang di baca saat sujud sahwi atau sujud lupa adalah sebagai berikut ini, ada dua pendapat yang berbeda salah satunya adalah bacaan yang sama ketika sujud biasa dalam sholat dan pendapat kedua adalah bacaan sebagai berikut ini.

Artinya :
Maha suci Alloh yang tidak tidur dan tidak pula lupa (3x)



Cara Mengingatkan Imam Yang Lupa


Nah kemudian jika dalam berjamah tentu imam bisa saja lupa berapa rakaat yang sudah dilakukan, atau sudah attahyat ata belum, bisa saja imam salah karena lupa. Maka sudah menjadi tugas makmum untuk mengingatkannya.

Cara mengingatkannyapun ada cara - caranya, yaitu sebagai berikut :

Jika Makmumnya laki - laki maka ingatkanlah dengan mengucapkan Subhanalloh jika imam tersadar dan membetulkan gerakannya atau memperbaiki gerakannya maka makmum harus mengikuti. Begitupun jika imam tidak mengikuti peringatan makmum, maka makmumpun harus mengikutinya.
Misalkan imam lupa tasyahud awal atau attahyat awal langsung saja hendak berdiri kemudian makmum berkata subhanalloh tapi imam terus saja berdiri maka makmupun harus terus mengikuti imam.
Pada akhirnya jika imam sujud sahwi maka makmumpun harus ikut sujud sahwi.

Jika makmumnya perempuan maka cara mengingatkannya adalah dengan menepuk punggung tangan kiri oleh tangan kanan. Kemudian berlaku seperti halnya makmum laki - laki. Jika imam meneruskan gerakannya atapun kembali pada gerakannya maka makmum harus mengikutinya.
Dan jika imam sujud sahwi maka makmum harus mengikutinya.





Sekian pebahasan singkat seputar Lupa Dalam Sholat, Apa Yang Harus Dilakukan? mudah - mudahan banyak manfaatnya. aamiin.



Hal lain yang mungkin Bermanfaat Tuntunan Sholat Lengkap dan  Belajar Tajwid



Sumber Rujukan
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah - Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Lupa Dalam Sholat, Apa Yang Harus Dilakukan?"

  1. hahaha ... manusiawi bang kalau lupa ..thanks bang infonya ... manfaat bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia itu manusiawi mas. maklum kalo lagi banyak masalah suka jadi lupa

      Hapus