Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Waktu Sholat Dengan Mudah

Waktu sholat bagi kaum muslimin sangatlah penting sekali karena berkaitan dengan satu ibadah yang tidak boleh di gantikan selama masih hidup yaitu ibadah sholat lima waktu.
Nah terkadang kita berada di tempat yang tidak biasa seperti pegunungan, atau kota yang berbeda karena indonesia memiliki tiga waktu yang berbeda, atau mungkin berbeda negara.
Namun dimanapun kita berada tentu bukan menjadi alasan untu tida melaksanakan sholat. Untuk itulah masrozak.com kali ini ingin berbagi imu sederhana yang sangat bermanfaat. Yaitu Cara Menentukan Waktu Sholat.


Baca Juga Tuntunan Solat Gerakan Dan Bacaannya


Sunguh nikamat Alloh sangatlah tidak terbatas pantaslah Alloh mengatakan jika manusia itu sangat sedikit bersyukur.


Termasuk pada matahari. Matahari selain sebagai salah satu sumber penggerak siklus kehidupan karena kalau tidak ada matahari seluruh makluk yanga ada saat ini akan beku, ternyata menentukan waktu sholatpun berdasarkan pergerakan matahari dilihat dari bumi. Atau lebih tepatnya berdasarkan rotasi bumi pada porosnya yang menyebabkan posisi matahari selalu bergerak dari arah timur menuju barat.
Perubahan posisi matahari dari arah timur ke barat inilah yang menjadi kunci waktu melaksanakan sholat 5 waktu.

Ketentuan waktu sholat terhadap perpindahan posisi matahi dari timur kebarat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sholat Dzuhur

Waktu sholat dzuhur adalah sejak matahari condong ke barat dan berakhir di saat bayangan suatu benda bitu sama dengan bendanya.

  “Waktu Sholat Zhuhur adalah ketika telah tergelincir matahari (menuju arah tenggelamnya) hingga bayangan seseorang sebagaimana tingginya selama belum masuk waktu ‘Ashar ( HR Muslim No 612)

2. Sholat Asar

Waktu sholat asar adalah sejak bayangan benda sama dengan bendanya sampai terbenamnya matahri. Atau saat mulai habisnya waktu dzuhur sampai terbenamnya matahari di ufuk barat.

“Waktu Sholat Zhuhur adalah ketika telah tergelincir matahari (menuju arah tenggelamnya) hingga bayangan seseorang sebagaimana tingginya selama belum masuk waktu ‘ashar dan waktu ‘ashar masih tetap ada selama matahari belum menguning( HR Muslim No 612).

3. Sholat Magrib

Waktu sholat magrib yaitu dimulai saat terbenamnya matahari sampai mega merah telah hilang langit gelap semuanya. Atau dengan kata lain akhir sholat asar sampai dengan mega merah hilang.
“Kemudian Jibril mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi was sallam ketika matahari telah tenggelam (sama dengan waktu ketika Jibril mengajarkan sholat kepada Nabi pada hari sebelumnya) kemudian dia mengatakan, “Wahai Muhammad berdirilah laksanakanlah sholat maghrib ( HR. Nasa’i No. 526, hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani rohimahullah dalam Al Irwa’ hal. 270/I.)

4. Sholat Isya

Waktu sholat isya adalah setelah hilangnya mega merah atau setelah berakhirnya waktu masgrib sampai terbit fajar sidik.
“……Kemudian Jibril mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi was sallam untuk melaksanakan sholat ‘isya’ ketika sepertiga malam yang pertama..."(HR. Nasa’i No. 526, hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani rohimahullah dalam Al Irwa’ hal. 270/I.)

 

5. Sholat Subuh

Waktu sholat subuh adalah dimulai setelah terbit fajar sidik sampai terbit matahri atau dimulai dari akhir sholat isya sampai terbit matahri.
“Waktu shalat Shubuh adalah mulai terbit fajar (shodiq).” (HR. Muslim no. 612)

Nah itulah Cara Menentukan Waktu Sholat Dengan Mudah tanpa menggunakan bantuan jam. Jika kita mengacu pada jam maka bisa berubah sewaktu - waktu karena peredaran matahari selalu berubah - ubah sesuai siklusnya.
Semoga bermanfaat.

  
        Hal lain yang mungkin Bermafaat Belajar Tajwid dan Panduan Tata Cara Wudlu



Sumber Rujukan
https://rumaysho.com/2948-waktu-shalat-5-shalat-shubuh.html
https://muslim.or.id/6258-waktu-waktu-shalat.html
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah - Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Waktu Sholat Dengan Mudah"