Petingnya Belajar Ilmu Tajwid

Ilmu Tajwid

 

Pengertian 


Ilmu tajwid ialah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya membunyikan huruf - huruf yang betul. Baik huruf yang berdiri sendiri ataupun huruf yang berangkai.

Pengertian Ilmu Tazwid menurut istilah membaguskan bacaan Al qur'an berdasarkan kaidah - kaidah ilmu tajwid yang berlaku.

Menurut Ali Biin Abi Tholib tajwid berarti mengeluarkan setiap huruf dari mahrojnya dan memberikan haq setiap huruf dan mustahaq. ( mustahaq yaitu sifat huruf karena sebab tertentu).


Huruf Hijaiyah


Huruf Hijaiyah inilah yang menjadi dasar pelajaran ilmu tajwid, bagaimana mengucapkannya, menyambungkannya, bagaimana memanjangkannya, bagaimana memendekannya, bagaimana menghentikannya.
Berikut adalah huruf hijaiyah yang terdiri dari 29 huruf.



Membaca dalam bentuk Vidio


Manfaat Ilmu Tajwid

 

Pada dasarnya ilmu tajwid bermanfaat sekali dalam memelihara bacaan Al Qur'an supaya tidak keliru. Dengan tidak keliru membaca Al Qur'an maka arti dari membacanyapun tidak akan salah. Maka dari itu sangatlah penting untuk belajar ilmu tajwid.

Ingat juga keutamaan mebaca Al qur'an

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469) 

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim)

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Dan masih banyak lagi keutamaan mebaca Al Qur'an bisa anda baca disini Keutamaan Membaca Al qur'an



Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid


Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardu kifayah artinya cukup satu orang saja diantara kaum muslimin yang mempelajarinya. Hanya saja setiap membaca Alquran wajib ain  menggunakan ilmu Tajwid, maksudnya setiap muslim wajib menggunakan ilmu tajwid setiap membaca Al quran.
Sekali lagi jadi sangat penting belajar tajwid.

Hal - Hal Yang di Bahas Dalam ilmu Tajwid

Dalam ilmu tajwid ini akan di bahas banyak hal seputar menyebutkan huruf, menyambungkan huruf, tanda baca, berhenti membaca dan lain - lain, untuk memepermudah maka dalam ilmu tajwid digolongan dalam beberapa hukum tajwid berikut ini, Yaitu :

1. Hukum Nun Suku dan Tanwin

2. Miem Sukun

3. Nun Tasydid dan Miem Tasydid

4. Idghom

5. Tafhim Dan Tarqiiq

6. Lam Ta'rif

7. Lam Sukun

8. Qolqolah

9. Mad ( ada 14 macam silahkan saja di lihat )

10. Waqof


Demikian pentingnya Belajar Ilmu Tajwid, mohon doanya agar kami bisa menuliskan semuanya tentang ilmu tajwid ini. Kami sadar masih banyak kekurangan dalam penulisan ini. Maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harafkan demi kemajuan bersama dan demi tetap lestarinya ilmu yang bermanfaat.
Silahkan anda berlangganan untuk mendapatkan update terbaru.
Terimakasih wassalam.


Sumber Rujukan Yang Digunakan
Buku Pelajaran Tajwid Asy'ari BA Penerbit Apollo Surabaya
Aplikasi android Salaam
www.quran30.net
www.ilmutajwid.com

Langganan Pembahasan Terbaru:

6 Responses to "Petingnya Belajar Ilmu Tajwid"

  1. sipp...ini sanga penting sekali bagi para pelajar yg sedang mempelajari tajwid..terimakasih ulsannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam ngopi ...mari menikmati pagi hari :)

      Hapus
    2. sama sama kang haji. dukungannya ya.

      Hapus
    3. hayu kang haji ngopi dulu

      Hapus
  2. Selamat pagi mas, membaca kemudian dimaknai dan diamalkan

    BalasHapus