Keutamaan Membaca Alqur'an

Kita sebetulnya tahu jika membaca Al qur an itu banyak sekali keutamaannya, namun apabila kita menanyakan pada diri kita masing - masing apakah kita sudah membaca alqur an hari ini?
Banyakan mana membaca Al qur an atau membaca update status? :D

Okelah silahkan di jawab dalam hati saja.

Masrozak dot com hanya ingin sedikit mengupas keutamaan Membaca Al qur an dari sekian banyak lagi keutamaan yang belum bisa di sampaikan pada halaman ini.

Informasi menarik lainnya yang bisa di ikuti Belajar Tajwid, Transaksi Syariah

Keutamaan Membaca Al quran


1. “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

2. “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

3. “Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

4. “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim).

5.“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

6. “Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

7.  “Khabbab bin Al Arat radhiyallahu ‘anhu berkata: “Beribadah kepada Allah semampumu dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak akan pernah beribadah kepada Allah dengan sesuatu yang lebih dicintai-Nya dibandingkan (membaca) firman-Nya.” (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Syu’ab Al Iman, karya Al Baihaqi).


Sekian dulu semoga bermanfaat bagi kita semuanya. aamiin.



Sumber :
Berbagai Sumber

Langganan Pembahasan Terbaru:

4 Responses to "Keutamaan Membaca Alqur'an"

  1. penting banget membaca al quran, banyak keutamaannya

    BalasHapus
  2. Iya Mas, membaca Al-Qur'an itu banyak banget manfaatnya. Reminder untuk diri saya sendiri nih biar lebih rajin baca Al-Qur'an *masih belom bisa konsisten setiap hari hehe*

    Membaca Al-Qur'an pun setahu saya bukan sekedar dibaca, melainkan dipahami juga maknanya (jika merupakan kebaikan maka dilaksanakan, jika merupakan sebuah peringatan maka dihindari). Mungkin kegiatan memahami makna Al-Qur'an ini yang kerap dilupakan. CMIIW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas minimal membacanya aja dulu yang rajin. kan lumayan berpahala. bagus banget kalo sambil dilaksanakan.
      saya juga nulis ini biar mau belajarmas. malu sama tulisan.
      kan katanya tulisan atau perkataan itu intinya ngingetin diri sendiri bekasnya baru ngingetin orang lain :D

      Hapus