Hukum Nun Sukun Dan Tanwin Idghom Bilagunnah

Idghom Bilagunnah termasuk kedalah hukum bacaan Nun sukun dan tanwin. Maksud dari hukum bacaan nun sukun dan tanwin itu apabila suatu huruf hijaiah bertemu dengan nun sukun atau tanwin memiliki ke khasan tersendiri dalam pengucapannya, misalkan harus di baca jelas, samar, dengung dan lain lain.
Semua hukum yang termasuk dalam hukum nun sukun dan tanwin ada lima macan, yaitu Idhar Khalqi, Idgham Bigunah, Idgam Bilagunah, Iklab dan Ikhfa. Untuk saat ini masrozak dot com akan membahas Idghom Bilagunnah.


Pentingnya Belajar Tajwid
Tajwid Mad Thobi'i Pada Surat Pendek


Idghom Bilagunnah

 

Arti Idghom Bilagunah

Inghom artinya memasukan dan bilagunnah artinya tidak dengung . Jadi maksud dari idghom bilagunah adalah apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf idghom bilagunnah, maka cara membacanya adalah di masukan ke huruf setelahnya tanpa dengung.



Huruf Idghom Bilagunah

Adapun huruf idghom bilagunah tersebut adalah huruf lam dan ra

Contoh Bacaan Idghom Bilagunnah

 

 Pada gambar di atas ini cara membacanya adalah Mirrobbika jadi huruf nunnya tidak terdengar lagi karena sudah di masukan kedalah huruf ro.


Contoh yang ini adalah huruf lam. Saat nun sukun bertemu huruf lam di atas, maka cara membacanya adalah illamtaf'al, sekali lagi huruf nun tidak terdengar karena sudah masuk kedalam huruf lam setelahnya.


Contoh dalam Al Qur'an.

 

Surat Al Baqoroh Ayat 5. Diberikan tanda lingkaran merah


Surat Al Baqoroh Ayat 1




Contoh dalam vidio :


Sekian pembahasan tentang Hukum Nun Sukun Dan Tanwin Idghom Bilagunnah. Mudah mudahan besar manfaatnya untuk kita semua. aamiin.

Merasa bermanfaat silahkan untuk di share...

Setiap kebaikan yang kita lakukan akan terus mengalir selama kebaikan itu digunakan. Ingsa Alloh.

Link Dowload

Sumber Rujukan :
Buku Pelajaran Tajwid Abdullah Asy'ari BA
Aplikasi android Salaam

Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "Hukum Nun Sukun Dan Tanwin Idghom Bilagunnah"

Posting Komentar