14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid Lengkap

Dalam ilmu tajwid Mad banyak jenisnya, yaitu ada 14 macam Mad. Mad artinya adalah panjang, yaitu di baca panjang 2 ketukan sampai 6 ketukan. Untuk itulah masrozak dot com menuliskannya satu persatu perbedaan dan nama dari ke empat belas macam mad tersebut.

14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid

1. Mad Thobi'i

Yang pertama yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Thobi'i.
Mad artinya panjang dan Thobi'i artinya biasa. Hukum mad thobi'i ini berlaku jika mengikuti kaidah berikut ini, yaitu :

  • Huruf berharokat dlomah sesudahnya terdapat huruf WAWU sukun
  • Huruf berharokat kasroh dan sesudahnya terdapat huruf YA sukun
  • Huruuf Berharokat Fathah dan sesudahnya terdapat huruf ALIF
Cara membacanya yaitu panjang sebanyak dua ketukan atau dua harokat.


Contoh :


 




Contoh dalam surat Al Fatihah

Contoh dalam vidio :


2. Mad Wajib Muttasil

Yang kedua yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Wajib Muttasil
Wajib artinya harus dan Muttasil artinya bersambung. Sehingga mad wajib Muttasil maksudnya adalah panjang dan wajib bersambung.
Mad wajib mutasil ini berlaku jika MADTHOBI'I bertemu dengan HAMZAH di dalam satu kata.
Cara membacanya wajib di panjangkan sampai 2 setengah alif atau lima ketukan atau lima harohat.
Dalam Al qur an biasanya di berikan tanda dengan tanda alis tebal. Lihat cotoh di bawah.

Contoh :




Dalam Vidio


3. Mad Jaiz Mungfasil

Yang ketiga yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah MadJaiz Mungfasil.
Mad artinya panjang, Jaiz artinya boleh, dan Mungfasil artinya terpisah.
Hukum tajwid Mad jaiz mungfasil berlaku jika  MAD THOBI'I berhadapan dengan huruf hamzah di lain perkataan.
Cara membacanya lebih baik di panjangkan seperti mad wajib muttasil. Namun bolah juga di baca seperti mad thobii.
Pada sumber lain dikatakan boleh di baca 2, 4, 6 harokat yang terpenting adalah konsisten, maksudnya selama membaca Al qur'an dari awal membaca hingga selesai jika bertemu dengan tajwid mad zaiz panjang bacaanya harus sama. Jika di awal 2 harokat maka sampai selesai terus 2 harokat.

Contoh :




Dalam al qur'an biasanya di berikan tanda dengan alis yang tipis. Lebih tipis dari mad wajib muttasil. Dan biasanya hamzah di tulis dalam huruf alif.
Jadi mudah untuk di bedakan antara mad wajib dan mad jaiz.


4. Mad Lazim Mustaqol kilmi

Yang ke empat yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad lazim Mutsaqol kilmi.
Lazim artinya pasti, Mustaqol artinya dibenarkan. Kilmi berasal dari kata kalimah artinya kata.

Mad lazim Mutsaqolkilmi ini berlaku jika MAD THOBI'I berhadapan dengan huruf bertasydid dalam satu perkataan.

Cara membacanya harus di panjangkan lebih dahulu baru di tasdidkan dan panjang bacaannya 6 harokat harokat. Tiga Kali panjang mad thobi'i.

Contoh :



Contoh dalam vidio


5. Mad Lazim Mukhofaf kilmi

Yang ke Lima yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad lazim Mukhofaf kilmi.
Mukhofaf  artinya diringankan,. Kilmi berasal dari kata kalimah artinya kata.

Mad lazim Mukhofaf kilmi berlaku jika MAD THOBI'I bertemu dengan huruf yang berharokat sukun dan tidak di akhir perkataan.
Membacanya sama seperti mad lajim mutsaqol kilmi yaitu 6 harokat atau 3 kali mad thobi'i.

Contoh :


6. Mad Lain

Yang ke enam yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad  lain sebagian orang menyebutnya mad lin ada juga yang menulikannya  mad lein.

Mad artinya panjang lain artinya lunak.

Mad lain berlaku jika mengikuti kaidah berikut ini, yaitu :

  • Apabila WAWU suku atau YA suku dan huruf sebelumnya berharokat fathah.
Cukup mudah bukan menentukannya.


Contoh :


Contoh lain dalam surat alfatihah yang sering kita baca.


Cotoh cara membacanya dalam vidio :



7. Mad Arid Lisukun


Yang ke tujuh yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad arid lisukun.
Arid artinya tiba - tiba dan sukun artinya mati.

Mad arid lisukun berlaku jika MAD THOBI'I atau MAD LAIN ( lihat no 6 ) susudahnya waqof atau berhenti.

Cara membacanya ada tiga cara :
  • Di baca panjang sampai 3 alif atau 6 harokat dan ini yang lebih utama
  • Di baca 2 alif atau 4 harokat.
  • Di baca 1 lif atau 2 ketukan atau 2 harokat.
Contoh Mad arid lisukun.
Kembali lagi kepada pengertiannya bawaha mad arid lisuku adalah jika mad thobi'i di wakofkan.


Ingat Syaratnya adalah mad thobi'i atau mad lin dan berhenti. Pada surat Alfatihah di atas pada akhir ayatnya jika berhenti maka tajwidnya adalah mad arid lisukun.


8. Mad Shilah Qoshiroh

Yang ke delapan yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Shilah Qosiroh.
Shilah artinya hubungan dan Qoshiroh artinya pendek.
Mad Shilah Qosiroh berlaku jika ada HA kata ganti orang/benda ke tiga berada sesudah huruf yang berharokat.

Cara membacanya ada 2 cara, yaitu :

Di panjangkan satu alif atau 2 harokat atau seperti panjangnya mad thobi'i, jika tidak di dahului huruf sukun / mati atau tidak di hubungkan dengan huruf lainnya.

Contoh :




Cara kedua adalah tidak di panjangkan jika HA dlomir yang di dahului oleh huruf sukun atau di hubungkan dangen huruf lain berikutnya.

Contoh :


Ada pengecualian HA dlomir yang di dahului oleh huruf sukun atau di hubungkan dangen huruf lain yang di baca panjang. Dan ini hanya satu dala Alqu'an.


9. Mad Shilah Thowilah

Yang ke sembilan yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Shilah Thowilah.
Thowilah artinya panjang sama seperti mad.
Mad Shilah Thowilah berlaku jika hukum bacaan mad mad shilah Qosiroh bertemu dengan huruf hamzah biasa dalam alqur an huruf alif.
Cara membacanya boleh dua hrokat atau satu alif boleh juga sampai 5 harokat atau 2 setengah alif.

Contoh :


10. Mad Iwadl

Yang ke sepuluh yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Iwadl.
Iwadl artinya adalah ganti tanwin. Maksudnya tanwin di ganti oleh mad.

Hukum bacaan mad iwadl akan berlaku jika Fathahtain pada huruf akhir kata yang di wakofkan atau di sebut mad pengganti tanwin sehingga tanwin tidak berbunyi lagi.

Cara membacanya di panjangkan 1 alif seperti mad thobi'i.

Contoh :

Dibacanya bukan alwaahan tapi di bacanya ALWAA HAA panjang pada huruf ha nya.

11. Mad Badal

Yang ke sebelas yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Badal.
Badal artinya adalah perubahan.
Hukum bacaan MAD BADAL yaitu apabila ada HAMZAH bertemu dengan mad yang berasal dari hamzah sukun, kemudian hamzah ini di ganti atau di ubah dengan Alif, Wawu  atau Ya.

Contoh - contoh :



12. Mad Lazim Harfi Mukhofaf

Yang ke dua belas yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Lazim Harfi Mukhofaf.
Harfi Artinya huruf.
Hukum bacaan Mad lazim harfi mukhofaf adalah huruf - huruf di awal surat yang terdiri dari salah satu atau lebih dari huruf - huruf sebagii berikut.


Contoh :
Dibacanya berdasarkan nama hurufnya contoh haamiiiiim bukan hama

Panjang bacaan Mad Lazim Harfi Mukhofaf adalah 2 harokat atau satu alif dua ketukan.


13. Mad Lajin Harfi Mutsaqol

Yang ke tiga belas yang termasuk kedalam  14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid adalah Mad Lazim Harfi Mutsaqol.
bacaan ini posisinya mirif dengan  Mad Lazim Harfi mukhofaf yaitu huruf - huruf permulaan surat. Hanya saja huruf - hurufnya berbeda, yaitu terdiri dari delapan huruf hijaiyah.



Contoh bacaan :

Cara membacanya adalah berdasarkan nama hurufnya seperti contoh di atas NUUUUUN bukan di baca NA.
Panjang bacaanya adalah 6 harokat.


14. Mad Lajim Musyabba'

Nah untuk bacaan ini yaitu mad lajim Musyabba' sebetulnya agak  mirif dengan bacaan mad lajim harfi mutsaqol. Bedanya hanya jika mad lajim musyaba itu setelah mad terdapat suara huruf mati yang tidak di idghomkan sedangkan harfi mustaqol sesudah mad terdapat suara huruf mati yang di idgomkan atau di tasydidkan.

Contoh Mad lajim Musyabba
Cara membacanya yaitu di sebutkan nama hurufnya sepanjang 6 harokat atau tiga alif.


Demikian pembahasan 14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid Lengkap mudah - mudahan bermanfaat. Ammin

Dowload MAD



Sumber :
Buku Tajwid Abdullah Asy'ari BA penerbit Apollo Lestari Surabaya

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "14 Macam Mad Dalam Ilmu Tajwid Lengkap"

  1. Dalam huruf Mad, panjang harokatnya ngga boleh terbalik ya mas. ada yang di baca panjang dan panjang sekali...tapi saya kalo sedang baca Qur'an, suka lupa mengikuti hukum bacaannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas ada aturannya. dalam alqu'an cetakan yang baru biasanya sudah di berikan tanda tersendiri apalagi qur'an digital seperti pada hp. sudah ada tandanya

      Hapus
  2. Pa ustadz mengenai mad ini berarti yang bedain panjang pendek ya dalam membaca al-quran ?? :) ada beberapa yang udah tau, ada juga yang baru tahu semisal Mad Lazim Harfi Mutsaqol, dan ilmunya penting nih mang dunia akhirat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy juga masih belum pada tahu...tahunya ya mad itu aja :)

      Hapus
    2. jangna panngil pak ustad ah. ia yang bedakan panjang pedek dan cara manjangin atau mendekinnya.
      ia mas mudahan manfaat dnia kahirat. aamiin

      Hapus
    3. saya ambil dari buku sih mas pak abduuloh asyari.

      Hapus
  3. sangat bermanfaat pelajaran tentang mad nya...sy masih hrus belajar lgi nih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas. ada beberapa yang mirip tapi intinya ya itu mas panjangnya aja sih

      Hapus
  4. si akang pinter juga ya ngajinya :D
    saya mah masih ngadaregdeg kalo baca al-qur'an teh mang, belum lancar..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eta kudu minum dulu menguat stamina mas. hehehe
      dibisain mas pasti moal gadegdeg

      Hapus
  5. Maad dalam ilmu tajwidmemang sangat harus diterpkan ya kang, biasanaya untuk menentukan panjang suatu bacaan ya kang, saya masih kurang ilmu kang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia betul mas panjang suatu bacaan

      Hapus
  6. Izin mengamalkan ya kang, sangat butuh bagi pribadi saya kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang kalo ada yang di tanyakan silahkan juga kang

      Hapus
  7. Kalau masalah "mad" mah kayaknya paling gampang diingat,, karena ini berkaitan dengan masalah panjang dan pendeknya suatu bacaaan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia kangzai namun namaya suka ke tuker - tuker kang

      Hapus
  8. Asyik...belajar ngaji lagi

    Saya kadang suka lupa kalau sudah ketemu tanda mad...abis ngajinya seperti baca biasa..belum terlalu paham tentang ilmu tajwid.

    kalau lagi dengerin orang ngaji yg sudah mahir ilmu tajwid, hati adem rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas bisa di pelajari biar makin madep.
      di cobai aja kang

      Hapus
  9. Mad lazim Kilmi mukhaffaf dan mad lazim kilmi mutsaqqal tidak ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mohon contohnya sepertinya sudah semua. Soalnya ada yang mirif nih mas. Biar ditambahkan

      Hapus
    2. mad lazim itu kan, adalah mad yang bertemu sukun asli. kalau diselain awal surat, masuk kategori mad lazim kilmi. dan jika di awal surat atau biasa disebit dengan al ahruf al muqatha'ah, maka maduk kategori mad lazim harfi.

      untuk mad lazim kilmi, ada dua macam, ada yang mukhaffaf, artinya sukun asli tersebut tidak berada pada harakat tasydid. dalam al-quran hanya ada satu contoh. aaal-aana. dan mad lazim kilmi mutsaqqal, artinya sukun asli tersebut berada di harakat tasydid. contohnya banyak, seperti waladdhoolliin

      Hapus
    3. terimaksih mas. harus saya baiki ini. harus belajar lagi nih.

      Hapus
  10. Hmm terima kasih kang sudah membagikan ilmu yang sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk halaman yang ini dalam revisi nih.

      Hapus
  11. Alhamdulillah... amat berguna... semoga usaha anda diberikan balasan yg sebaik2nya...

    BalasHapus
  12. sayang aku ga bisa baca alqur'an....nyimak dulu gan...
    sambil mendalami


    thanks good luck... salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas kalau mau belajar. ingsa Alloh sebisanya saya saya bantu mas.

      Hapus
  13. Sangat membantu mas. kunjungi blog baruku tsani17.blogspot.com..

    BalasHapus