Ilmuwan Indonesia yang Mendunia Lahir Kembali

Setelah masrozakdotcom membuat postingan tentang penemuan anak bangsa yang sangat hebat dan tidak hanya hebat tapi bermanfaat kali ini lahir kembali ilmuwan asal indonesia yang cukup penomenal. Dia adalah Yogi Ahmad Erlangga.
Yang di anggap Habibie Muda oleh sebagian ilmuwan

Yogi Ahmad Erlangga.


Yogi Ahmad Erlangga adalah seorang yang mampu memecahkan rumus matematika Persamaan Helmholtz.
Orang Tasikmalaya yang mendapat gelar sarjana teknik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika ITB pada 1998, Yogi melanjutkan studinya di DUT, Belanda. Gelar master dan doktor didapatkannya di bidang matematika terapan dari universitas yang sama.

Yogi yang sempat mengikuti program post-doctoral di Jerman tercatat pernah mejadi asisten profesor bidang matematika di Universitas Alfaisal, Arab Saudi. Saat menjadi asisten profesor, Yogi banyak melakukan penelitian di bidang aljabar linier dan analisis matriks

Apa itu persamaan Helmholtz?

 

Helmholtz atau Resonansi Helmholtz merupakan peristiwa resonansi udara dalam suatu rongga. Resonator tersebut terdiri dari suatu badan yang berbentuk bola dengan satu volume udara dengan sebuah leher. Nama ini berasal dari sebuah perangkat yang dibuat pada tahun 1850-an oleh Hermann Von Helmholtz, yang digunakan untuk menunjukkan tinggi dari berbagai nada. Sebuah Helmholtz resonator atau osilator Helmholtz adalah wadah gas (biasanya udara) dengan lubang terbuka (atau leher atau port). Sebuah volume udara di dalam dan di dekat lubang terbuka bergetar karena 'melenting' dari udara di dalamnya. Sebuah contoh umum adalah botol kosong, udara di dalam botol akan bergetar ketika ditiup bagian atasnya atau bunyi yang diciptakan ketika satu hembusan melintasi puncak satu botol kosong.

Manfaat Persamaan Helmholtz 

 
Metode tersebut merupakan cara untuk menginterpretasi data pengukuran gelombang akustik. Buah dari risetnya tersebut dapat mempercepat pemrosesan data seismik dalam survey cadangan minyak bumi. 
Selain itu penemuan Yogi Ahmad Erlangga sangat penting dalam bidang industri yang menggunakan sifat gelombang seperti industri radar untuk penerbangan dan juga aplikasi laser. Ditambah hasil riset ini juga mampu mengembangkan industri blu-ray disc karena dapat menambah kapasistas penyimpanan data.

Profesor pembimbing Yogi, Dr. Vees Vuik mengaku bangga atas keberhasilan risetnya. "Berdasarkan respon-respon yang kami terima dari industri maupun universitas-universitas asing, kami yakin bahwa karya itu telah memecahkan masalah yang telah berlangsung selama tiga puluh tahun," ungkap Vuik dalam siaran Pers DUT.


Kehebatan Sikap Yogi



Dalam penemuan yang hebat tersebut dan sangat manfaat bagi dunia indutri ternyata Yogi ketika ditanya tentang hak paten, Dia bilang Mematenkan temuan ini justru akan menghambat perkembangan ilmu pengetahuan selanjutnya. 
Sungguh sikap yang sangat hebat sekali demi kemajuan ilmu pengetahuan temuannya dipersilahkan untuk digunakan tanpa meminta royalti atas temuannya itu.

Itulah dia ilmuwan Indonesia yang sangat luar biasa dan itulah bukti jika indonesia itu adalah hebat.
Kehabatan Indonesia juga terlihat dalam persaingan makanan berikut Makanan Indonesia Yang Mendunia

Sekian dulu pembahasan tentang ilmuwan Yogi mudahan - mudahan mampu memotivasi kita untuk lebih baik.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Resonansi_Helmholtz
http://www.itb.ac.id/news/3665.xhtml 

Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "Ilmuwan Indonesia yang Mendunia Lahir Kembali"

Posting Komentar