Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Oli yang Tepat untuk Kompresor Udara Anda

Sama seperti mobil yang membutuhkan jenis dan tingkat oli tertentu untuk performa optimal, demikian juga kompresor udara. Menggunakan oli yang tepat untuk kompresor udara Anda akan menguntungkan mesin Anda dalam berbagai cara, termasuk mengurangi konsumsi energi, mengurangi gesekan antara berbagai komponen motor, dan memaksimalkan masa pakai kompresor.

Di bawah ini, kita akan berbicara tentang apa yang membuat oli kompresor udara unik dan jenis oli kompresor udara mana yang terbaik untuk aplikasi Anda.



Apa Itu Oli Kompresor Udara?

Oli kompresor udara adalah pelumas khusus yang digunakan untuk mencegah keausan dini pada kompresor udara. Ini bisa menjadi salah satu dari dua jenis — alami atau sintetis — dan juga bervariasi dalam hal viskositasnya dan aditif yang dikandungnya. Ini berbeda secara signifikan dari oli motor karena mengandung lebih sedikit sulfur dan karbon dan tidak mengandung deterjen apa pun.

Selain pelumasan yang diberikan oli ini, oli ini juga menawarkan banyak manfaat lain untuk penggunaan kompresor udara, termasuk:

  • Penyerapan panas: Oli kompresor udara menyerap panas yang dihasilkan dari udara terkompresi, sehingga menjaga kompresor pada suhu yang lebih dingin.
  • Ketahanan oksidasi: Oli kompresor udara mengandung aditif yang menunda proses oksidasi dan pembentukan asam.
  • Masa pakai yang lebih lama: Aditif dalam oli kompresor udara juga meningkatkan masa pakai pelumas, melindungi komponen mesin saat standby dan membuat pelumas kompatibel dengan berbagai macam kondisi.
  • Viskositas pada suhu dingin: Meskipun beberapa oli gagal melakukan tugasnya setelah suhu turun, oli kompresor udara mempertahankan viskositasnya bahkan saat dingin.
  • Demulsifikasi: Oli kompresor udara juga mengandung aditif yang dirancang untuk meningkatkan pemisahan air, yang akan melindungi kompresor dari emulsi air dan oli. Ini memudahkan kantong oleofilik untuk menangkap minyak di kemudian hari.
  • Kemampuan anti-busa: Saat gelembung udara besar naik ke permukaan oli, busa dihasilkan. Ini meningkatkan oksidasi karena mengekspos lebih banyak permukaan minyak ke oksigen. Tanpa aditif anti-busa, pemisah oli akan jenuh oleh busa dan masa pakai kompresor udara akan berkurang. Ini karena pemisah minyak jenuh menciptakan penurunan tekanan, yang menyebabkan konsumsi energi lebih banyak.

Jenis Oli Kompresor Udara Mana yang Tepat untuk Kompresor Saya?

Standar dan sintetik adalah dua tipe dasar oli kompresor udara, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda:

  • Standar: Oli kompresor udara standar dibuat menggunakan bahan dasar oli mineral. Oli ini lebih murah daripada sintetis dan direkomendasikan untuk pemilik rumah atau mereka yang tidak menggunakan kompresor secara terus menerus. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk kompresor yang hanya melakukan pekerjaan ringan atau sedang.
  • Sintetis: Oli kompresor udara sintetis dibuat menggunakan bahan dasar sintetis. Oli ini mengalami banyak pemrosesan, dan hasilnya lebih halus daripada oli standar. Jika Anda seorang profesional yang menggunakan kompresor Anda setidaknya tiga kali seminggu, oli sintetis adalah pilihan yang tepat. Oli sintetis akan memungkinkan kompresor Anda bekerja lebih pelan dan lancar. Ini juga akan melindunginya dari panas berlebih. Kisaran suhu keseluruhan oli sintetik juga lebih lebar.

Sebagai supplier oli hidrolik nasional, PT. Sumber Suwarna Unisindo jual oli kompresor untuk Anda dimanapun Anda berada di Indonesia. Kami tidak hanya menawarkan konsistensi yang luar biasa dengan oli kami tetapi, harga oli kompresor udara kami adalah yang paling kompetitif di Indonesia. Beli oli kompresor udara secara online di www.pttlubricantsindonesia.com. 

2 komentar untuk "Memilih Oli yang Tepat untuk Kompresor Udara Anda"