Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat ( Bagian Ke Satu)

Bacaan Sholat - MasRozakdotcom. Assalamualaikum Warohamtuohi Wabarokaatuh alhmdulilah saya bisa mebuat psotingan kembali, kali ini saya akan menuliskan tentang bacaan sholat ingsa ALloh dalam beberapa tulisan. Tujuan dari dibuatnya dalam beberapa tulisan supaya tidak terlalu panjang sehingga bagi kita yang sedang menghapalnya bisa lebih mudah mehapalnya dan membukanya karena sedikit demi sedikit. Jangan lupa dicatat alamat web blognya ya www.msrosak.com supaya mudah mencarinya.

Baik pada bagian pertama ini saya mencoba menuliskan 2 bagian saja, yaitu takbiraulihram dan Iftitah.

Sebelum kita lanjut saya mecoba mengingatkan kembali terkait rukun solat terlebih dahulu. Karna postingan ini alurnya akan mengikuti rukun sholat tersebut dan bacan - bacaan yang disunahkan dalam sholat.

Rukun Sholat

1. Mebaca Niat Sholat sambil menghadap kibtal. Untuk Bacaan niat sebelumnya sudah saya tuliskan dibgian ini Niat Solat Fardu

2. Berdiri bagi yang Mampu

3. Takbiratul Ihram

4. Mambaca Surat AL Fatihah

5. Ruku

6. Itidal

7. Sujud

8. Duduk Antara 2 sujud

9. Membaca Tasyahud Awal

10. Duduk Iftorosyi ketika membaca Tasahud

11. Membaca Solawat atas Nabi Muahmmad

12. Salam

13. Tartib ( mengerjakan sesuai urutannya)


Nah itulah rukun - rukunya. Berikut adalah bacaan sholat bagian pertama takbiratul ihram yang wajib dan doa iftitah termasuk bagian yang disunahkan.

1. Bacaan Takbitatul Ihram

Allohu Akbar

Dibaca sambil mengangkat tangan dan menghadap kiblat.



2. Bacaan Iftitah

Bacaan Iftitah sebagai berikut dibaca setelah takbiratul ihram.

Posisi tangan seperti pada gambar berkut ini

Bacaan Sholat

Berikut untuk bacaanya

Bacaan Dalam Tulisan Latin

ALLOHUAKBAR KABIROWALHAMDULILLAHIKATSIROWASUBHANALLOHIBUKROTAWWA ASIILAA. IINIWAJJAHTU WAJHIA LILADZII FATOROSAMAAWAATIWAL ARDLO HANII FAMMUSLIMAA WAMAA ANAA MINAL MUSYRIKIIN. INNA SHOLAATII WANUSUKI WAMAHYAA YA WA MA MAATII LILLAHIROBBIL 'AALAMIIN LASYARIKALAU WABIDAA LIKA UMIRTU WA ANAA MINAL MUSLIMIIN.

Bacaan Dalam Tulisan Arab

Bacaan Sholat

Artinya :

"Alloh Maha Besar lagi sempurna kebesaranNya. Segala puji bagi Alloh dengan puji yang banyak. Maha suci Alloh sepanjang pagi dan petang. Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri. Dan tidaklah aku termasuk golongan orang - orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku semata - mata hanya untuk Tuhan semesta Alam. Tiada sekutuu bagiNya, dan dengan itulah aku diperintah, dan aku termasuk golongan orang yang berserah diri.


Baiklah untuk bacaan sholat bagian pertama sudah selesai, mudah mudahan bermanfaat dan menjadi amal baik bagi kita semuanya. aamiin.

Demikian terimakasih atas perhatiannya. Assalamualaikum warohamtullohi Wabarokaatuh.


Posting Komentar untuk "Bacaan Sholat ( Bagian Ke Satu)"