Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Unik Membuat Tempat Permen Dari Kardus Bekas

Membuat tempat permen dari kardus ternyata sangat mudah dan banyak manfaatnya loh, mulai dari diri sendiri, orang sekitar, hingga lingkungan. 

Pemanfaatan barang bekas merupakan suatu langkah besar untuk mencegah adanya penumpukan sampah berlebih, salah satunya adalah kardus bekas. Tahukah kamu, kardus bekas bisa di daur ulang menjadi tempat permen loh. Kamu bisa membuat tempat permen dari kardus bekas yang ada di rumah. 

Simak Cara Membuat Tempat Permen Dari Kardus Bekas

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa permen merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh anak-anak. Stok permen yang banyak pasti membutuhkan tempat supaya tidak berantakan bukan? Berikut merupakan ide unik membuat Tempat Permen dari Kardus Bekas.

  1. Siapkan alat dan bahan seperti kardus bekas, cutter, penggaris, lem kayu, cat kayu
  2. Siapkan kardus bekas kemudian potong memanjang dengan lebar 1 cm dan panjang 35 cm sebanyak 10 buah. 
  3. Kupas bagian luar kardus hingga membentuk seperti genting. Adapun yang harus diperhatikan adalah bagian luar dan dalam kardus jangan sampai sobek.
  4. Ambil 3 buah kardus yang telah dikupas kemudian sambung potongan 3 kardus tadi dengan menggunakan lem.
  5. Gulung sedikit demi sedikit hingga membentuk sebuah lingkaran.
  6. Tekan dengan hati-hati pada bagian tengah lingkaran tersebut sampai membentuk sebuah mangkok.
  7. Agar mangkok tersebut tidak gampang berubah, buat penyangga dari kardus yang tersedia dan jangan lupa rekatkan dengan lem kayu agar kuat dan tahan lama.
  8. Kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan cat warna ataupun lapisan seperti kain flanel agar tempat permen tersebut terlihat lebih indah.
  9. Permen siap diletakkan di tempat yang sudah jadi.

Manfaat Membuat Tempat Permen Dari Kardus Bekas

Barang yang sudah jadi seperti tempat permen dari kardus bekas, pastinya mempunyai banyak manfaat yang diperoleh. Berikut beberapa manfaat membuat tempat permen dari kardus bekas.

1. Mengurangi Sampah

Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar. Dengan memanfaatkan sampah seperti kardus bekas menjadi tempat permen, kamu sudah berkontribusi untuk membantu negara mengurangi sampah. Tidak hanya bermanfaat untuk negara, tetapi juga dengan mengurangi sampah akan membantu menjaga kelestarian lingkungan. 

2. Membantu Anak Membangun Kreatifitas

Kreatifitas sang anak perlu dibangun sejak dini. Jika kamu mengajak anak untuk membuat tempat permen dari kardus bekas, secara tidak langsung kreatifitas anak akan terbangun dengan mengeksplorasi berbagai bentuk yang disukai. Tidak hanya itu, langkah demi langkah akan mudah dipahami oleh sang anak dengan menambah pengetahuan baru.

3. Permen Akan Tersusun Rapi Di Tempatnya

Makanan kesukaan sang anak seringkali tersebar dimana-mana. Jika kamu membuat tempat permen, anak bisa langsung mengambil atau mengembalikan permen tersebut ke tempatnya. Hal itu secara tidak langsung bisa mengajarkan sang anak untuk bertanggung jawab. Pengetahuan dasar tersebut sangat penting diterapkan sejak dini untuk anak-anak. 

4. Dijadikan Karya Seni

Salah satu manfaat lain yaitu dengan menjadikan tempat pensil menjadi karya seni. Dengan adanya kreativitas dengan menambahkan hiasan lain seperti pernak-pernik, kain flanel, ataupun hiasan lain, tempat pensil akan mempunyai nilai seni dan bisa menjual kembali hasil karya tersebut. 

Ide kreatif merupakan hal terpenting dan secara tidak langsung juga membantu anak dalam berkreatif memanfaatkan barang bekas. Selain membuat tempat permen dari kardus bekas, ada banyak kreasi lain yang bisa kamu manfaatkan dengan mengunjungi web resmi Yupi terbaru kami di YupiLand.com. Si kecil akan sangat senang dalam mengeksplor ide-ide kreatif lain dengan makanan kesukaan seperti Yupi Gummy. 



Sumber:
https://www.kaskus.co.id/thread/53c4d4bd0d8b46d0618b4622/ide-unik-kardus-bekas-bisa-jadi-tempat-permen/

Posting Komentar untuk "Ide Unik Membuat Tempat Permen Dari Kardus Bekas "