Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking Yang Perlu Anda Ketahui

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN INTERNET BANKING YANG PERLU DIKETAHUI

Bagi para nasabah bank sepertinya tidak asing lagi dengan keberadaan internet banking maupun mobile banking. Keberadaan fasilitas perbankan ini memang telah mempermudah nasabah dalam bertransaksi sehari-hari.

Salah satu bank yang telah memiliki fasilitas ini adalah bank bri indonesia internet banking terbaru bagi nasabahnya. Mobile banking dari bank BRI ini disebut BRI mobile memberikan kemudahan bertansaksi dengan smartphone.

Internet banking dan mobile banking memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan yang tentunya bisa Anda hindarkan.


Kelebihan

Sebagai nasabah yang menggunakan e-banking, tentu saja akan ada keuntungan yang diterima. Salah satunya menghemat waktu dan biaya perjalanan. Tidak perlu lagi mendatangi bank atau ATM untuk melakukan transaksi seperti transfer uang atau membayar tagihan.

E-banking juga lebih efisien karena tidak harus mengantri panjang. Cukup menggunakan smartphone, sudah bisa melakukannya dimana dan kapan saja selama memiliki jaringan internet.

Selain menguntungkan pihak nasabah, penggunaan e-banking juga menguntungkan pihak bank dengan meminimalisir biaya operasional karena jumlah nasabah yang langsung mendatangi bank berkurang dengan adanya fitur e-banking.

Bank bisa menggunakan kantor yang lebih kecil dan tidak perlu merekrut pegawai dengan jumlah banyak. Hal ini akan berdampak kepada berkurangnya biaya sewa kantor dan gaji karyawan yang harus dibayarkan.

Kelebihan lainnya, nasabah bisa membuat banyak jadwal transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus atau diatur jadwalnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kelebihan yang diberikan jika menggunakan fitur ini adalah tidak perlu repot-repot untuk mengantri, menghemat waktu, menghemat biaya, efisien, dan proses lebih cepat.


Kekurangan

Selain memberikan keuntungan, harus dipahami bahwa e-banking juga memiliki kekurangan. Sebagai nasabah, kita harus tetap waspada karena pencurian data pribadi bisa saja terjadi.

Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang menipu para nasabah.

Kemungkinan terburuk dari penggunaan e-banking adalah pencurian dana yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab atau yang biasa dikenal sebagai hacker.

Hacker bisa saja menguras habis isi rekening tabungan nasabah. Oleh karena itu, akan lebih baik mematuhi seluruh prosedur penggunaan internet banking agar keamanan data dan dana terjamin.

Pastikan juga perangkat yang digunakan seperti laptop dan pc, memiliki antivirus dan antimalware agar terhindar dari hacking dan cracking.

Hindari penggunaan internet banking di area atau layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data.

Selain itu, pihak bank juga harus memberikan sosialisasi dan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh transaksi perbankan nasabah.

Kekurangan lainnya adalah, nasabah dituntut untuk memiliki jaringan internet yang kuat agar bisa mengakses akun e-banking. Jika berada di wilayah dengan jaringan internet yang kurang baik, maka secara otomatis akan kesulitan saat mengaksesnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kekurangan dari penggunaan e-banking adalah kejaminan data, rawan pembobolan, dan mengharuskan nasabah untuk memiliki akses internet yang baik.

Sudah dibocorkan beberapa kelebihan dan kekurangan e-banking bagi nasabah. E-banking memang sangat menguntungkan, tapi sebagai nasabah juga harus memahami hal-hal di atas ya. Jika sudah memahaminya, maka tentu saja bisa menyiasati layanan ini dengan sebaik mungkin.


Posting Komentar untuk " Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking Yang Perlu Anda Ketahui"