Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Assalamualaikum warohmatullohi wabaraokaatuh.

Alhamdulillah bisa berjuma kembali dengan saya dalam artikel tentang sholat. Kali ini saya ingin menuslikan tentang berapa rakaat sholat tahajud itu? Dan akan saya coba tuliskan juga sebagai motivasi untuk kita semua apa saja keuntungan bagi orang - orang yang mengerjakan sholat tahajud.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Baik berikut coba saya tuliskan saja dari beberapa sumber yang saya dapatkan. Ingsa Alloh.

Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud paling sedikit dilakukan 2 rakaat dikuti dengan witir. Untuk sholat witirnya bisa 1 rakaat witir atau 3 rakaat witir.

“Shalat malam itu tunaikan Dua (rakaat) dua (rakaat), kalau anda khawatir (datang waktu) subuh, maka witirlah dengan satu rakaat.” (HR. Bukhari)

Jika mau lebih banyak tentu saja lebih baik lagi. Yang penting lakukan dengan khusu dan istiqomah. Kata Alloh "Amal Kebaikan yang paling dicintai Alloh adalah yang kontinyu/istiqomah/terus menerus meskipun sedikit." ( HR Muslim).

Namun jika ingin mengikuti berapa banyak rakaat sholat tahajud yang disebutkan dalam hadist - hadist. Berikut terkait jumlah :

1. “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat malam 13 raka’at.“ (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Riwayat Bukhari Muslim, dari Aisyah RA ia berkata, "Rasulullah tidak pernah menambah sholat malam itu, baik ketika bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat, jangan tanya tentang baik dan panjangnya. Kemudian, sholat lagi empat rakaat, jangan tanya baik dan panjangnya. Kemudian, sholat witir tiga rakaat. Saya bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab 'Ya Aisyah, walau kedua mataku tidur, namun hatiku tidak tidur."

Nah terkait jumlahnya seperti pada hadist diatas. Silahkan saja dilaksanakan yang mana saja boleh. Jangan menjadi bingung dengan jumlahnya yang penting laksanakanlah dengan penuh keiklasan dan ke istiqomahan.

Selanjutnya yang ingin saya tuliskan supaya kita memiliki motivasi dalam melaksanakannya adalah terkait dengan keutaman Sholat Tahajud. Mungkin ada orang bertanya memangnya apa untungnya sholat Tahajud?

Nah bagi yang bertanya berikut keutamaan atau keuntungan dari mengerjakan sholat tahajud.

Keutamanaan atau Keuntungan dari Melaksanakan Sholat Tahajud

1. Mendapatkan tempat yang terhormat

Contoh mendapat tempat yang terhormat ini seperti orang - orang akan menghormati. Kenapa demikian ketika Alloh meninggikan derajat orang tersebut karena kemurahan Alloh melalui sholat tahajjud yang dilaksanakan, maka semua mahluk akan segan hormat. Bahkan lebih dari itu Alloh akan menganggkat ke tempat yang terpuji dan penuh kemulyaan.

Dalam surat Al Isra Ayat 79 Alloh berfirman “Dan pada sebagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Dari Asma’ binti Yazid Radhiyallahu anha, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Bila Allah mengumpulkan semua manusia dari yang pertama hingga yang terakhir pada hari Kiamat kelak, maka datang sang penyeru lalu memanggil dengan suara yang terdengar oleh semua makhluk, ‘Hari ini semua yang berkumpul akan tahu siapa yang pantas mendapatkan kemuliaan!’ Kemudian penyeru itu kembali seraya berkata, ‘Hendaknya orang-orang yang ‘lambungnya jauh dari tempat tidur’ bangkit, lalu mereka bangkit, sedang jumlah mereka sedikit.”

Maksudnya adalah orang yang malamnya sholat. Lambung jauh dari temat tidur karena dia sholat.

2. Dikabulkanya Doa

Salah satu tempat dan waktu terkabulnya doa - doa adalah pada malam hari dan pada waktu sholat malam.

Dalam sebuah hadist dikatakan :

“Di malam hari, terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan  Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku untuk setiap malamnya.” (HR Muslim)

Dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam

Kenapa doa ini penting karena doa itu adalah senjatanya kaum muslimin. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR Abu Ya’la). 

Ingat ketika kita memiliki senjata, maka kita itu siap untuk bertempur. Bertempur dimana? Didunia ini untuk melawan hawa nafsu sehingga kita bisa sampai kepada Alloh.

Misalkan kita berdoa ya Alloh bahagiakan kami di dunia dan di akhirat.

Terus Alloh kabulkan doa kita. Bayangkan betapa beruntungnya kita ini hidup bahagia dunia akhirat.

Tidak ada keberuntungan yang paling beruntung kecuali mendapatkan nikmat dari Alloh


3. Menghapus Dosa

Tentu orang muslim inginnya semua dosa diampuni. Kenapa demikian, kerena ketika kita tidak memiliki dosa, maka ingsa Alloh suci dan jika sudah disucikan oleh Alloh hidup akan mudah serta diakhirat akan masuk surga.

Salah satu hadist yang mejelaskan tentang sholat malam memghapus dosa adalah sebgai berikut :

“Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang yang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, menghapus segala kesalahan atau penyakit dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR Tarmidzi)

Sebagai gambaran bagi anak milenial terkait diampuninya dosa. Bayangkan saja siapa yang tidak mau lepas dari hukuman mati (misalkan). Bayangin misalkan anda diputuskan akan dihukum mati besok karena kesalahan anda. Kemudian anda melakukan perbuatan baik misalkan menyelamatkan presiden dari kematian dan dengan perbuatan baik itu hukuman anda berubah jadi tidak perlu di hukum mati. Nah kan lega ya.

Begitulah pengampunan dosa. 

Karena Alloh Maha Baik tidak perlu begitu cukup minta ampun sungguh - sungguh berdoa sungguh - sungguh pada solat tahajud.


4. Membuka Pintu Syurga

Ketika sudah diampuni segala dosa - dosanya, maka tidak lain pintu syuga akan terbuka.

Seperti pada salah satu hadis berikut ini.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan berilah makanan kepada orang yang membutuhkan, sambunglah silaturahmi dan dirikanlah shalat pada malam hari saat manusia lain sedang tidur. Niscaya  akan masuk surga dengan selamat.” (HR Ibnu Majah)


Baiklah kita sudah sampai pada penghujung tulisan ini. Mudah mudahan bermanfaat. Ingin artikel islami lebih banyak lagi silahkan kunjungi WisataNabawi.

Demikian Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh.

Posting Komentar untuk "Jumlah Rakaat Sholat Tahajud"