Tips Wisata Pantai Bareng Keluarga Atau Teman Supaya Asik

Wisata pantai bisa jadi acara yang sangat asik sekali yang bisa dilakukan bareng dengan keluarga atau teman - teman. Bisa bermain pasir bersama, menyelam bersama, kemping bersama, berenang bersama dan lain - lain.

Namun keasikan tersebut akan lebih sempurna jika kita melakukannya penuh dengan rencana yang sudah disiapkan sebelumnya. Kenapa demikian, karena terkadang pikiran setiap orang dalam menuju pantai itu berbeda - beda sehingga pelaksanaanyapun tidak bisa sejalan.

Misalkan dalam satu kelompok pertemanan dikantor ketika berencana akan berwisata ke pantai bisa jadi memiliki pikiran berbeda - beda. Ada yang berpikir akan nyebur dipantai begitu saja sementara yang lain hanya ingin jalan saja sambil melihat indahnya ombak dan befoto ria. Ada juga mungkin yang berfikir wisata pantainya untuk menyelam dan melihat terumbu karang dipinggir pantai. Dan berbagai pikiran lainnya yang bisa saja berbeda.

Jika hal tersebut tidak dikomunikasikan diawal atau direncanakan diawal bisa jadi wisata dipantai yang dilaksanakan akan sangat membosankan. Untuk itulah saya akan berbagi tips supaya wisata pantai yang akan dijalankan berlansung dengan sangat asik.

Tips Wisata Pantai Bareng Keluarga atau Teman Supaya Asik


wisata pantai

1. Rencanakan Waktu Keberangkatan

Karena wisata ke pantai akan dilakukan bersama dengan orang lain walaupun itu keluarga sendiri harus disusun jadwal keberangkatannya. Mengapa demikian, karena bisa jadi anggota keluarga kita misalkan anak masih belum libur sekolah, orang tua masih belum bisa ambil cuti dan lain - lain.

Untuk itu jadwal keberangkatan harus bisa direncanakan. Kapan waktu yang pas bisa kumpul bersama. Jika harus mengambil cuti maka aturlah jadwal cuti supaya pas dengan jadwal liburan anggota keluarga yang lain.

Jika wisata pantainya bareng dengan teman - teman, maka aturlah jadwal yang sekiranya semua teman bisa ikut paling tidak 1 sampai 3 hari saja memiliki jadwal yang sama. Ambil saja cuti bareng atau jika bisa ijin. Ijin saja. :D

2. Rencanakan Budget

Budget atau dana harus bisa disiapkan atau harus dianggarkan. Misalkan jika liburannya bareng keluarga, maka kepala keluarga atau asistennya alias istrinya harus bisa menganggarkan dan memisahkannya dengan uang yang lainnya. 

Kenapa demikian supaya ketika wisata nanti tidak menganggu keuangan bulanan biasanya. Ingat wisata biasanya memerlukan dana lebih daripada dana bulanan biasanya.

Jika wisata pantai akan diadakan bareng dengan teman - teman, maka besaran dana untuk wisata ini harus dikompromikan bersama. Buat saja iuran sebagai dana pokok wisata dan diluar itu silahkan saja bawa uang masing - masing untuk dana darurat atau keperluan pribadi. 

Misalkan yang akan dihitung sebagai dana iuran bareng yaitu biaya trasfortasinya berapa, biaya tiket masuk dan mungkin biaya nginepnya, biaya makan dan biaya acara disana.
Semua dana dijumlah dan dibagi rata. Pengeluaran diluar itu menjadi tanggungan masing masing.

Jika sudah terencana dengan budget seperti itu pada waktu pelaksanaan tidak akan terlalu berat. Karena biaya pokok sudah disusun dengan rapih.

3. Susun Acara

Tidak kalah penting adalah menyusun cara waktu pelaksanaan wisata pantainya.
Di pantai tujuan wisata kita mau melaksanakan apa saja. Apa kita mau misalkan melihat terumbu karang, membuat permainan pasir, atau naik perahu bersama atau mungkin akan kemah bersama dipantai atau apa saja silahkan susun rencana.
Meetingkan bersama semua anggota yang akan melaksanakan wisata pantai dan buat kesepakatan - kesepakatan acara. 

Acara ini penting dibicarakan bersama, karena terkait dana yang harus disiapkan dan yang terpenting adalah kepuasan yang akan dirasakan oleh setiap anggota yang melakukan wisata pantai tersebut.

Jika anggota merasa tidak puas bisa jadi pas waktu pulang merasa kecewa dan bisa jadi minta dana iuran dikembalikan. Tapi jika setiap anggota sudah merasa puas dengan acaranya, sudah pasti libur berikutnya akan susun kembali acara yang lebih asik.

Untuk itulah supaya semua merasa puas acara pelaksanaan wisata pantai harus dibicarakan bersama. Dan ketika sudah dibicarakan bersama semua harus ikut akan apa yang sudah direncanakan dengan penuh kegembiraan.

4. Acara Cadangan

Nah selain acara yang sudah disusun bersama, jangan ketinggalan juga acara cadangan jika memang acara yang sudah disusun bersama tidak bisa terlaksana karena halangan dan rintangan yang tidak bisa di duga.
Misalkan rencanya akan naik banana boat ternyata antriannya panjang banget dan kemungkinan tidak kebagian. Ganti dengan naik speed rame - rame dan lain - lain.

Urutkan saja prioritasnya yang lebih memungkinkan sebagai planing B.

5. Kelebihan Atau Kekurangan Dana Yang Telah Dikumpulkan

Jika itu dilakukan bersama keluarga kelebihan dana cukup dimasukan ke dalam dana lainnya misalkan dana makan dirumah ditambah atau dana mike up ditambah. Namun jika kurang terpaksa dana tabungan biasanya harus dikurangi. Atau paling buruk dana makan dikurangi. heheheh..
Tapi saya yakin dengan adanya perencanaan dana dan acara di awal, kurang dana tidak akan terjadi.

Namun jika wisata ini dilakukan bersama teman kelebihan dan kekurangan dana harus betul - betul dibicarakan. Jika kurang harus bisa dibagi bersama kekurangannya dan jika lebih harus dibicarakan akan digunakan untuk apa. Misalkan disumbangkan ke mesjid atau buat kas liburan berikutnya ataud ibagi rata. Pokoknya harus berdasarkan kesepakatan.

Nah itulah Tips Wisata Pantai Bareng Keluarga Atau Teman Supaya Asik, semoga bermanfaat.

Silahkan simk juga 8 Tempat Liburan Murah Tapi Asik Untuk Keluarga

Selamat berwisata

Silahkan cek juga 


2 Komentar untuk "Tips Wisata Pantai Bareng Keluarga Atau Teman Supaya Asik"

  1. Rencanakan budget ini harus ditata dan diatur dengan teliti. Karena biasanya kalau wisata itu ada kebutuhan yang tidak terduga. Pengennya borong semua oleh-oleh yang ada di tempat wisata, semua kuliner ingin dijajaki atau diincipi.

    BalasHapus
  2. @mas djangkaru ia mas harus bener di rencanakan dan ketika sudah direncanakan hal penting berikutnya harus di ikuti rencananya supaya berjalan dengan baik

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel