Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karugian Yang Besar Bagi yang Tidak Puasa di Bulan Ramadhan Mohon Bantu Sebarkan Mungpung Masih Ada Sisa Waktu

Melihat kenyataan yang ada sekarang ini ternyata masih banyak umat islam yang tidak berpuasa dibulan Ramdhan ini, kemarin seorang ustad berkata dalam sebuah ceramah singkatnya pada sebuah acara buka bersama :" Saat ini ketika kita melawti jalan menuju mesjid ini yang berjarak 23 km dari tempat saya masih saja banyak yang merokok dengan bebas dipinggir jalan, mereka tidak berpuasa padahal sangat mampu untuk menjalankanya.".

Sungguh sangat miris sekali melihat kenyataan seperti itu padahal ada hal yang sangat besar sekali menanti kita ketika kita tidak melaksanakan puasa di bulan raadahan ini tanpa alasan yang benar.

Seperti apakah hal yang besar tersebut?

Berikut informasinya di sampaikan dalam sebuah hadist

Dari Abu umamamh Al - Bahiliy ra berkata. saya mendengar Rosululloh SAW bersabda : " Ketika aku sedang tidur, dua orang laki - laki mendatangiku dan memegang kedua lenganku, membawaku ke sebuah gunung yang tidak rata, kemudian keduanya berkata. "naiklah",
Aku katakan, " aku tidak mampu."
Keduanya berkata, :"kami akan memudahkanmu."
Kemudian aku naik sehingga ketika sampai di puncak gunung tiba - tiba terdengar suara yang keras. Aku bertanya, " Suara apa ini?"
Mereka Berkata:" ini adalah teriakan penduduk neraka."
Kemudia keduanya membawaku, ketika itu aku mendapati orang - orang yang di gantung dengan kaki di atas, rahang - rahang mereka robek dan mengalir darah darinya.
Aku bertaya :"Siapa mereka?"
Keduanya menjawab:"mereka adalah orang - orag yang berbuka sebelum halal pusa mereka." (HR An Nasai)

Naudzubillah melihat keterangan tersebut sungguh sangat mengerikan sekali akibat dari tidak berpuasanya orang yang wajib berpuasa di bulan ramadhan.

Sungguh mungkin bagi mereka yang tidak puasa karena tidak tahu akan wajibnya puasa dan kerugian jika tidak melakukan puasa di bulan ramadhan ini, maka dari itu pada artikel ini mudah - mudahan menjadi salah satu cara untuk memberi tahu baik saudara, teman - teman atapun orang lain yang belum kita kenal yang belum berpuasa untuk segera melaksanakannya.

Mudah - mudahan perintah ini sudah terlaksana

"Sampaikanlah walau hanya satu ayat."

Adapun dasar kenapa saum di bulan ramadhan adalah Qur'an Surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya:
" Hai orang - orang yang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang - orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa,"

Adapun orang yang boleh tidak berpuasa dan menggantinya di hari yang lain adalah sebagai berikut:

" yaitu beberapa hari tertentu. Maka barang siapa diatara kamu sakit atau dalam perjalanan lalu tidak berpuasa, maka wajib mengganti sebanyak hari yang dia tidak berpuasa itu pada hari hari lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya , wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasa tu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." ( Q.S Al Baqarah ayat 184)

Jadi yang boleh tidak berpuasa dan mengganti di hari lain atau menggantinya dengan hal lain yautu denda adalah yang sakit, dalam perjalanan, orang yang berat seperti orang yang sudah jompo, hamil dan menyusui yang jika berpuasa berakibat buruk pada janinnya.

Demikian seputar kerugian jika tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, dasar wajibnya serta orang yang boleh tidak berpuasa dengan ketentuan tertentu.
Semoga bermafaat.

4 komentar untuk "Karugian Yang Besar Bagi yang Tidak Puasa di Bulan Ramadhan Mohon Bantu Sebarkan Mungpung Masih Ada Sisa Waktu"

  1. banyak sekali kerugian bila seorang muslim tidak berpuasa di bulan ramadhan ya mas

    BalasHapus
  2. eh sekarang ngurus blog ini ya mas rozak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan nulis disini mas.
      cuman buat berkunjung radakrangmas.

      Hapus