Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutaman Sholat Dalam Islam Sehingga Harus Dilaksanakan Selama Masih Hidup

Setiap umat memiliki cara ibadahnya masing - masing, begitupun Islam. Islam memiliki berbagai cara untuk beribadah, salah satunya adalah sholat.
Sholat merupakan ibadah yang sangat pokok sekali, merupakan bentuk kemonukasi khusus antara personal dengan penciptanya.

Bahkan selama orang islam masih hidup wajib baginya untuk sholat, sekalipun sakit.
Meski sholat orang sakit agak berbeda dengan orang yang sehat. Namun semua itu tidaklah mengapa yang penting masih bisa sholat. Silahkan disimak bagaimana orang sakit melaksanakan sholatnya disini Cara Melaksanakan Sholat Orang Yang Sakit.

Baiklah masrozakdotcom disini akan mengulas lebih panjang lagi tentang keutamaan dan kedudukan sholat, kenapa sampai - sampai selama masih hidup orang islam harus tetap melaksanakan sholat.


Silahkan simak juga Macam - Macam Sholat Sunah

Keutaman dan Kedudukan Sholat Dalam Islam


Sholat secara bahasa artinya adalah doa atau berdoa untuk kebaikan. Sedangkan menurut istilah sholat adalah sesuatu perbuatan dan perkataan khusus yang di awali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Sholat merupakan suatu cara untuk menghubungkann diri secara langsung  antara hamba dengan Tuhan nya yang bertujuan untuk mengagungkan Tuhan nya, mensyukuri nikma Nya, mohon rahmat dan ampunan Nya tempat meminta seorang hampa kepada Robbnya.

Untuk itulah sholat menjadi suatu cara dari setiap umat manusia dari zaman terdahulu sampai sekarang untuk bisa berkomunikasi langsung dengan Tuhannya
Seperti yang teah di kisahkan dibawah ini

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang - orang yang tetap mendidrikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. ( Ibrahim ayat 14)

" Dan ceritakanlah (wahai Muhammad kepada mereka )kisah Ismail yang disebutkan dalam Al qur'an. Sesungguhnya dia adalah orang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. Dan dia menyuruh ahlinya untuk sholat dan menunaikan zakat, dan dia adalah seorang yang diridhoi di sisi Tuhanya. ( Maryam ayat 55)

Maka, ketika ia datang ketempat api itu ia di panggil, " Hai Musa. Sesungguhnya Aku ini adalah Tuhanmu maka tanggalkanlah kedua terompahmu sesunguhnya kamu berada di lembah yang suci, Thuwa. Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan di wahyukan ( kepadamu ). Sesungguhnya Aku ini adalah Alloh, tidak ada Ilah ( yang haq) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah Sholat untuk mengingat Aku. ( Thaha ayat 11-14)

Dan Dia menjadikan aku seorang yang berbakti dimana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku ( mendirikan ) sholat dan ( menunaikan ) zakat selama aku hidup. ( Maryam ayat 31)


Selain cara berkuminikasi setiap umat manusia dengan Tuhannya, maka sholat juga merupakan salah satu dari bangunan islam.

Islam dibangun diatas lima perkara : Membaca syahadat tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Alloh dan Muhammad adalah Rosululloh, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan, dan melaksanakan haji kebaitulloh bagi yang mampu melaksanakannya. ( Muattafaqun 'alaih)

Saking tinggi dan agungnya ibadah sholat maka perintah sholat ini di berikan langsung oeh Alloh kepada nabi Muhammad SAW tanpa perantara malaikat.
Subhannloh, dalam hal ini Alloh ingin menujukan kepada manusia bahwa sholat itu adalah sangat tinggi kedudukannya.



Kerugian Tidak Melaksanakan Sholat

Bahkan untuk umat yang tidak melaksanakannya sangat jelas sekali hukumannya, yaitu seperti dibawah ini.

"Apa yang memasukan kamu kedalam neraka saqar?. Mereka menjawab, : kami dahulu tidak termasuk orang yang mengerjakan sholat."
( Al Mudatsir Yata 43)

"Maka, kecelakaanlah bagi orang - orang yang sholat, yaitu orang - orang yang lalay dalam sholatnya."
( Al Maun Ayat 5)

"Maka, datangah sesudah mereka, pengganti yang jelek yang menyia - nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui kesesatan."
( Maryam ayat 59 )

"Siapa yang meninggalkan sholat dengan sengaja, maka tanggungan Alloh dan RosulNya telah bebas darinya." ( HR Ahmad)

Kerugian lainnya yang sangat patal adalah seperti di bawah ini

Nabi Selallohualaihi wassalam bersabda : "Pembeda antara kita dan orang kafir adalah sholat. Siapa yang telah meninggalkan sholat maka ia telah kafir" ( HR Buraidah )


Manfaat Sholat


Sholat karena merupakan ibadah yang sangat agung, maka manfaatnya sangat banyak sekali, beberapa dinataranya seperti di bawah ini :

Sesungguhnya beruntunglah orang - orang yang beriman, yaitu orang - orang yang khusu dalam sholatnya. ( Al Mu'minum ayat 1-2)

Sesungguhnya manusia diciptakan berkeluh kesah lagi kikir. Bila ia ditimpa musibah ia berkeluh kesah dan bila mendapatkan kebaikan ia amat kikir, kecuali orang - orang yang mengerjakan sholat. ( Al Ma'arij Ayat 22).

Rosululloh SAW bersabda :" Apa pendapat kalian, jika ada sungai didepan pintu rumah sesorang, lalu dia mandi dari sungai itu tiap hari sebanyak lima kali, apa masih ada kotoran yang melekat padanya?" Para sahabat menjawab. "Tidak akan ada kotoran yang melekat padanya." Beliau lalu bersabda :" Itulah manfaat sholat lima waktu, Alloh menghapuskan dosa - dosa seseorang dengannya.

Dari Abu huroiroh bi Umar Rosululloh bersabda :" Sholat lima wahtu dan sholat jum'at ke jum'at yang lain akan menghapus dosa - dosa seorang hamba diantaranya, selama tidak melakukan disa - dosa besar. ( HR Muslim dan At turmudzi)

Ketika seseorang berdiri melaksanakan sholat dengan membawa dosa - dosanya, lalu di letakan di atas kepalanya atau di atas pundaknya, maka setiap kali ruku atau sujud dosa - dosa itu berguguran darinya ( HR Ibnu Hibban).

Dari keterang - keterangan di atas, sholat sangat bermanfaat sekali bagi umat islam, seperti akan termasuk orang yang beruntung, tidak termasuk orang yang berkeluh kesah, tidak termasuk orang yang kikir pelit, dihapuskannya dosa - dosanya dengan sholat. Dengan tidak adanya dosa dalam dirinya maka surga menjadi hadiahnya.
Dengan tidak adanya keluh kesal keberhhasilan dalam kehidupan sangtalah tinggi.

Tidak hanya itu bagi setiap muslim yang selalu menjaga sholatnya, maka sholat adalah penolong baginya

Jadikalah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu berat, kecuali bagi orang - orang yang khusu. ( Al baqarah ayat 45).

Sholat bagi seorang muslim adalah salah satu jalan keluarnya dari permasalahan. Denga sholat seorang muslim akan tenang, dengan tenang jalan keluarpun akan lebih mudah.

Tenangkanlah kami dengan ( didirikannya) sholat wahai bilal. ( HR Abu Dawud dan Ahmad)

Sholat bagi seorang muslim mampu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.
"Dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." ( Al Ankabut ayat 45)


Demikian urain tentang Keutaman dan Kedudukan Sholat Dalam Islam semoga bermanfaat. Dengan segala keutamaan bagi seorang muslim dan bahayan nya bagi seorang muslim jika tidak sholat maka dari itulah sholat menjadikan hal yang harus dilaksanakan sekalipun dalam kedaan sakit.

Jadi bagi seorang muslim tidak ada hari tanpa sholat lima waktu.


Posting Komentar untuk "Keutaman Sholat Dalam Islam Sehingga Harus Dilaksanakan Selama Masih Hidup"