Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nun Tasydid dan Mim Tasydid

Tasydid adalah tanda kepala sin, tanda itu ada di sebebkan oleh dua hal, yaitu oleh hukum bacaan dan yang kedua karena awalmulayan dari dua huruf, yang satu perharakat dan yang satunya lagi bersukun. Tanda tasydid karena hukum bacaan maksudnya seperti Idghom Bigunah atau alif lam syamsiyah. Idghom bigunah dan alif lam syamsiyah pada al qur'an untuk mempermudah biasanya deberikan tanda tasydid. Nah kali ini tasydid yang akan di bahas adalah tasydid yang berada pada huruf nun dan mim saja. Baca juga cara membaca miem sukun





Nun Tasydid dan Mim Tasydid


Nun dan mim tasydid seperti yang di maksud di atas karena peggantian dari dua huruf yang satu perharakat dan yang satu bersukun maka disebutnya adalah Ghunnah.
Yaitu wajib mendengung.

Contoh :



Perhatikan contoh berikut ini.
Pada contoh di atas ini yang pertama di baca innaa tidak boleh di baca ina dan yang keduan di baca 'amma tidak boleh di baca 'ama.


Pada contoh kedua ini yang pertama dibaca mimma dan yang keduanya di baca lamma.




Contoh dalam Al - Qur an


Selain contoh yang saya tuliskan bisa di cari juga dalam Al Qur'an sebagai contoh dalam Al Qur'an. Bisa sekalian di buka Al Qur'an nya.

1. Al 'asr ayat ke 2.



2. Az Zalzalah ayat 5.


3. At Tariq Ayar 5


4. At Tariq Ayat 8


Untuk Contoh Dalam Al Qur'an masih sangat banyak sekali. Silahkan saja ikuti contoh di atas untuk mencari gunnah yang lainnya. Bisa dari surat - surat pendek supaya sekalian menghafal bisa juga dari awal surat sekalian tadarus Al Qua'an.
Sering - seringlah mebaca Al Qur an apalagi sampai mengerti maknanya. Untuk menegrti maknanya belajarlah pada gurunya supaya mendapatkan pemahaman yang tepat.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Silahkan baca juga Keutamaan Membaca Al Qur'an  Silahakn Juga membaca Tentang tajwid lainnya disini Ilmu Tajwid.

Mudah - mudahan dengan kita mengetahui keutamaan membaca Al Qur'an dan bagaimana tajwidnya menjadikan kita termasuk orang yang selalu mengamalkan Al Qur'an sehingga kita termasuk otang yang disebutkan dalam QS Fathir 29-30 di atas, yaitu orang yang mengharafkan perniagaan yang tidak rugi. aamiin Allohumma Ammin.

Jika kita membaca alqur'an belum lancarpun tetap mendapatkan kebaikan. Seperti pada keterangan brikut ini : 
“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).


Sungguh tidak ada ruginya belajar membaca Al Qur'an.

Sekian pembahasan tentang Nun Tasydid dan Mim Tasydid dengan dibumbui keterangan keutamaan membaca Al Qur an supaya kita tahu dan akhirnya sadar keutamaannya untuk kemudian menjadi semangat untuk mempelajarinya dan mengamalkannya. aamiin.

Silahkan sebarkan dan terimakasih mudah - mudaham bermanfaat dunia dan akhirat. aamiin.

Sebagai tambahan silahkan mendengarkan bacaan surat  Al Muzzamil dengan susana pantai..

Link Download

Sumber Tambahan
Buku Pelajaran Tajwid Abdullah Asy Ari BA

Posting Komentar untuk "Nun Tasydid dan Mim Tasydid"