Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkan Berdoa Supaya Dosa Kita di Bayar Tunai di Dunia

Berdoa

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh
Ada sedikit pertanyaan yang sangat penting sekali untuk kita simak, yaitu tekait apakah boleh kita berdoa kapada Alloh supaya dosa - dosa yang pernah kita lakukan dibales atau dihukum di dunia saja supaya di akhirat tidak mendapatkan siksaan lagi?

Pertanyaan ini muncul mungkin bukan karena orang yang bertanya tidak beriman, melainkan bisa jadi karena orang yang bertanya sangat beriman dengan akhirat nanti yang kekal abadi sehingga orang tersebut berfikir supaya kenikmatan diakhirat kelak tdak terganggu sedikitpun oleh hukuman dari dosa - dosa yang pernah dibuatnya di dunia. Namun seklai lagi boehkan berdoa seperti itu?

Doa seperti ini pernah juga dimintakan oleh sahabat kepada Alloh. Jadi waktu itu pernah seorang sahabat sakit digambarkan sakitanya belum pernah dilihat dan dirasakan oleh masyarakata waktu itu dikampung tersebut. Sehingga dipanggilah Rosullulloh untuk melihat orang tersebut. Kemudian Rosululloh datang dan bertanya kepada orang tersebut doa apa yang engkau panjatkan. Orang tersebut berkata bahawa dia meminta disegerakan hukuman atas dosa - dosanya. Rosululooh kemudian mengatakan seharusnya engkau berdoa meminta kebaikan dunia dan akhirat.

Berikut hadist lengkapnya :"Diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjenguk seseorang dari kaum muslimin yang sakit dan sangat kurus bagaikan anak burung. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepadanya: “Apakah kamu pernah berdoa dengan sesuatu atau kamu memintanya?” Laki laki itu menjawab: “Ya, aku pernah berdoa: “Ya Allah, jika Engkau akan menyiksaku di akhirat, maka segerakanlah siksaan itu untukku di dunia.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Subhanallah, kamu tidak akan mampu itu. Mengapa kamu tidak berdoa: “Ya Allah berikan kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan peliharalah kami dari adzab Neraka” Lalu beliau mendoakan orang itu dan Allahpun memberikan kesembuhan kepadanya.” (HR. Muslim, no. 4853 dan At-Tirmidzi, no. 3409)"

Nah dari cerita dan hadist tersebut bisa kita simpulkan dengan mudah Bolehkan Berdoa Supaya Dosa Kita di Bayar Tunai di Dunia? Jawabnya tidak boleh dan seharusnya berdoalah dengan doa berikut ini “Ya Allah berikan kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan peliharalah kami dari adzab Neraka”

Masya Alloh selain jawaban laranagn ada juga solusinya

Semoga bermanfaat. aamiin

Penjelasan melalui vidio berikut dibawah ini


Wassalamualaikum Warohamtullohi Wabarokaatuh

2 komentar untuk "Bolehkan Berdoa Supaya Dosa Kita di Bayar Tunai di Dunia"

  1. Terimakasih atas pencerahannya mas

    BalasHapus
  2. Hemmm setuju, karena ada sesuatu hal yang lebih penting untuk bisa terus kita panjatkan di sepanjang kita berdoa kepada-Nya dan tentu bisa terus bersyukur atas apa yang sudah didapatkan setiap harinya

    BalasHapus