Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

Sekitar bulan juni saya dan semua teman ditempat kerja melakukan pengecekan kesehatan. Alhamdulillah sehat jika dilihat sakit atau tidaknya. Namun ada catatan khusus yaitu berat badan. Berat badan yang saya miliki ternyata indexnya 30. Hemmm

Melihat dari kenyataan itu tentu saja saran dari pemeriksaan adalah mengurangi berat badan. Maka target penurunan berat badanpun mejadi incaran saya selanjutnya.

Banyak info yang saya cari terkait pengurangan berat badan, diantaranya adalah mengenai tentang mengurangi asupan kalori supaya berat badan turun. 
Dan ternyata sebelum pada pelaksanaan pengurangan berat badan, saya harus tahu terlebih dahulu terkait kebutuhan harian kalori tubuh ini atau mungkin sederhananya kebutuhan kalori untuk oprasional dasar harian tubuh ini. Selain berapa kalori dasar yang diperlukan tubuh untuk menjalankan pungsinya ditambah berapa jumlah kalori makanan yang akan kita konsumsi setiap harinya.

Akhirnya secara sederhana saya menemukan persamaan seperti ini, apabila kebutuhan kalori dasar oprasional tubuh atau kebutuhan kalori harian kita terpenuhi oleh asupan yang kita masukan, maka berat badan kita akan begitu - begitu saja dengan kata lain akan stabil. Namun apabila kebutuhan kalori dasar untuk oprasional dasar tubuh terpenuhi secara berlebih, maka akan didapati penumpukan lemak tubuh yang artinya berat badan akan meningkat. Dan sebaliknya jika kebutuhan kalori dasar yang kita masukan kurang dari kebutuhan dasar oprasional tubuh, maka tubuh akan memakan cadangan kalori yang ada pada tubuh, itu artinya kita bisa kurus. Memang tidak sesederhana itu namun gambaran sederhana yang saya dapatkan seperti itu.

Tentu saja langkah selanjutnya saya menghitung kebutuhan kalori harian saya atau kalori dasar untuk oprasional tubuh saya.
Dan ternyata ada rumusnya utnuk laki - laki seperti ini,
BMR = 66 + (13.7 × BB) + (5 × TB) – (6.8 × usia)

BMR atau dalam bahasa saya kebutuhan dara oprasional tubuh kita itu dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pada rumus diatas.
Katerangan rumus :
BMR = Basal Metabolic Rate / Kubutuhan dasar Oprasional Tubuh ( Seperti bernafas, denyut jantung)
BB = Berat Badan
TB = Tinggi Badan

Nah dari rumus tersebut ternyata didapatkan BMR saya sebagai berikut :

BMR = 66+(13.7 x 75)+(5 x 164)-(6.8 x 36) = 1668,7 Kalori

Jadi kebutuhan dasar saya 1668,7 Kalori dalam satu hari secasar mudah saya cukup memakan nasi sebanya 80 Gram dan 50 gram ayam goreng sebanyak 3 kali sehari. Jika ini saja dilakukan setiap hari saya sudah bisa tetap berat badan saya.

Manurut info yang saya dapat 80 gram nasi = 272 Kalori dan 50 gram ayam goreng 196 kalori.

Namun karena target saya mengurangi berat badan, maka pikir saya harus kurang dari itu. Mungkin dari nasi harusnya 80 gram nasi menjadi 50 gram nasi. Begitulah pikiran sederhana saya.

Sayapun mencobanya bahkan saya coba tambah dengan lari pagi bahkan mengikuti pertandingan lari supaya semangat. Dan akhirnya. Mantaps.
Berat badan saya jadi naik jadi 80 kg. hik..hik..
Karena habis lari malah lapar dan lupa dengan perhitungan.

Entahlah ternyata menurunkan berat badan jauh lebih sulit daripada rumus yang saya dapatkan.

Dan saat ini itulah keinginan saya yang belum terpenuhi.
Ada yang punya ide bagus?




Posting Komentar untuk "Ingin Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah"