Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru

cara cek dan bayar pajak kendaraan bermotor secara online

Untuk anda yang sudah memutuskan berani membeli barang yang berwujud seperti motor dan juga mobil, tentu saja anda juga harus siap untuk bertanggung jawab membayar pajak rutin setiap tahun.

Sebagai warga negara yang bijaksana, sudah semestinya jika anda harus taat dalam membayar pajak kendaraan.

Pajak kendaraan bermotor sendiri dibagi menjadi dua yakni pajak kendaraan tahunan dan juga lima tahunan. Untuk tarifnya sendiri tentu saja juga berbeda-beda tergantung kendaraan apa yang anda beli.

Semakin muda dan semakin mahal harga kendaraan yang anda beli makan semakin tinggi juga pajak tahunan yang harus anda bayarkan. Untuk itu, pastikan anda harus mempersiapkan keuangan secara matang sebelum membeli dan memilih kendaraan bermotor yang ingin dibeli.

Cara Cek Dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru 2021

Jika zaman dulu kita harus datang ke Samsat bila ingin mengecek dan membayarkan pajak kendaraan.

Namun sekarang ini seiring dengan berkembangnya zaman kita sudah bisa mengecek pajak kendaraan bermotor dengan mudah tanpa harus keluar rumah secara online.

Nah untuk anda yang penasaran dengan bagaimana sih cara cek pajak kendaraan kamu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasinya secara lengkap.

Membuka Website Samsat

Anda bisa membuka dan mengunjungi website samsat untuk mengecek dan mengetahui berapa besaran pajak yang harus dibayarkan.

Anda juga bisa mendapatkan beberapa informasi terkait tanggal jatuh tempo dari pembayaran pajak, biaya yang harus dibayarkan dan juga informasi lainnya.

Namun untuk layanan Samsat Online ini hanya berlaku di wilayah Jawa, Riau, Dan juga Sulawesi.

Untuk wilayah lainnya masih belum tersedia atau memiliki layanan website samsat online yang digunakan untuk mengecek pajak kendaraan.

Menggunakan Aplikasi E-Samsat

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan aplikasi e-samsat untuk mengecek pajak kendaraan.

Cara ini bisa dibilang lebih mudah dan cepat daripada anda harus membuka website Samsat.

Dimana anda hanya perlu mendownload dan menginstall aplikasi e-Samsat yang ada di Playstore. Aplikasi e-Samsat untuk masing-masing provinsi sendiri berbeda-beda, jadi anda harus menyertakan wilayah provinsi tempat anda tinggal ketika melakukan pencarian.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Di tahun 2021 ini zaman sudah mulai bergeser menjadi semakin canggih. Yang mana artinya, sekarang ini semuanya sudah mulai bergeser ke serba online dan digital.

Tidak hanya metode pengecekan pajak kendaraan saja yang bisa dilakukan secara online, namun membayar pajak kendaraan bermotor juga bisa dilakukan secara online.

Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi SAMOLNAS. 

Namun sayangnya tidak semua pajak bisa dibayarkan, yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah hanya wajib pajak yang tidak mempunyai denda.

Nah berikut dibawah ini adalah langkah-langkah membayar pajak PKB menggunakan aplikasi SAMOLNAS.

1. Langkah pertama tentu saja anda harus mendownload dulu aplikasi SAMOLNAS.

2. Berikutnya, silahkan anda mendaftar dan juga membuat akun di aplikasi SAMOLNAS.

3. Setidaknya hanya butuh waktu kurang lebih 1 menit saja, nantinya sistem akan melakukan verifikasi terhadap data-data anda. Apabila ternyata data-data yang anda isi benar, maka nantinya akan muncul keterangan terkait jumlah pajak yang harus anda lunasi.

4. Selanjutnya, akan muncul kode unik yang hanya berlaku 2 jam saja.

5. Silahkan anda melakukan pembayaran melalui BANK atau dompet digital yang sudah tersedia, nantinya anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp5.000.

6. Setelah itu, anda akan mendapatkan bukti setoran yakni e-TBPKB dan juga e-Pengesahan STNK. Terakhir pihak samsat nantinya akan mengirimkan bukti pengesahan asli yang akan dikirimkan cap pos ke alamat yang sesuai dengan STNK anda.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana sih cara cek dan juga bayar pajak kendaraan bermotor terbaru.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin masih kebingungan terkait bagaimana cara cek dan juga membayar pajak kendaraan tanpa harus keluar rumah.

Mengingat sekarang ini sedang diberlakukan aturan PPKM, tentu saja akan lebih bijak jika kita melakukan pembayaran dan pengecekan pajak kendaraan secara online saja. 


Posting Komentar untuk "Cara Cek Dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru"