Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beragam Jenis Tabungan yang Ada di Indonesia Serta Manfaatnya

Di Indonesia pada dasarnya perusahaan yang bergerak di sektor perbankan terbilang cukup banyak, mulai diantaranya adalah yang berasal dari BUMN maupun perusahaan swasta, mereka menawarkan berbagai macam pilihan produk kepada masyarakat, mulai dari produk pinjaman sampai dengan tabungan. Sehingga bagi Anda yang memiliki keinginan, khususnya adalah untuk menabung, maka produk simpanan atau tabungan dari bank ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik.


Ada beragam jenis tabungan yang ditawarkan, berikut ini diantaranya, yaitu:

1. Tabungan konvensional, yaitu produk tabungan biasa, dimana nantinya Anda bisa lebih mudah untuk melakukan setor, tarik maupun melakukan transfer hingga membayar tagihan tanpa dibatasi. Nantinya Anda juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas lain yang akan semakin memudahkan transaksi, sebut saja diantaranya adalah E-banking.


2. Tabungan haji, ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki rencana untuk berangkat haji, nantinya harus membayarkan setoran secara rutin setiap bulannya. Jika dirasakan setoran haji sudah cukup, maka nantinya pihak bank akan menyuruh Anda segera mendaftar agar bisa segera dapatkan kursi haji, sambil menunggu sisa uang setoran lunas.

3. Tabungan berjangka, nilai suku bunganya lebih besar dibandingkan dengan tabungan konvensional, hanya saja memiliki jangka waktu tertentu penyimpanan uang dan tidak boleh diambil selama masa kontrak tersebut.

4. Tabungan bisnis, lebih sering disebut sebagai rekening giro, tabungan yang satu ini ditujukan untuk penyimpanan uang dari sebuah perusahaan atau bisnis yang tengah Anda jalankan. Disini Anda tidak akan mendapatkan buku tabungan, melainkan lebih kepada rekening koran.

5. Tabungan investasi, lebih cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi pada berbagai instrumen, seperti diantaranya adalah saham, transaksinya akan dipermudah dengan menggunakan tabungan yang satu ini.

6. Tabungan mata uang asing atau valas, bagi Anda yang sering kali melakukan transaksi dengan mata uang asing, maka ini adalah pilihan terbaik, apalagi ia juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk investasi.

7. Tabungan rencana, sistemnya mirip seperti deposito, dimana ia dapat diambil dalam jangka waktu tertentu, contoh produknya adalah tabungan pendidikan.

Produk-produk tabungan semacam ini bisa Anda temukan di Bank Syariah Bukopin.

13 komentar untuk "Inilah Beragam Jenis Tabungan yang Ada di Indonesia Serta Manfaatnya"

  1. Yang paling banyak untungnya itu tabungan deposito apa tabungan investasi kang Abdul?

    Kalo tabungan biasa malah nombok, nabung 2 juta, eh lima tahun kemudian mau ngambil malah jadi 1.750.000..😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nabung uang itu harus ada minimalnya. Paling g bunganya lebih besar dr biaya admin.
      Kalo uangnya banyak deposito saja

      Hapus
  2. Pernah pny tabungan haji. Setoran pertama sekaligus setoran terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah brarti sudah digunakan ibadah haji kalo gitu. Alhamdulillah

      Hapus
  3. Wah trims informasinya. Saya punya rekening bank tapi gak untuk ditabung.. Sementara ini saya pakai untuk terima pembayaran online saja, hehehe.. Salam Kenal.

    BalasHapus
  4. Enak yang punya uang lebih, bisa pilih-pilih nabung di mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Klo kita sisihkan ingsa Alloh ada saja mba

      Hapus
  5. Banyak juga jenis2 tabungan yaa mas. Cuma pastinya ada kelebihan dan kekurangannya...

    Mau untuk bikin brankas sendiri yaa mang.😋😋🤣

    BalasHapus
  6. Aku punya tabungan konvensional dan tabungan haji :) Pernah juga sih tabungan pendidikan yang berjangka waktunya tapi sudah ditutup. Mendingan konvensional aja asal kita bisa disiplin jangan tarik di atm melulu hihihi :D

    BalasHapus
  7. tabungan rencana ada juga tuh yang buat merit

    BalasHapus