Berikut Beberapa Komponen Mesin Mobil yang Perlu Diketahui

Beberapa Komponen Mesin Mobil yang Perlu Diketahui
Mobil merupakan kendaraan yang banyak dipilih saat ini karena memiliki kelebihan untuk menghindarkan pengguna dari panas matahari. Selain itu pembelian kredit mobil online membuat semua orang dapat memilih dan memiliki mobil impiannya. Namun banyak pembeli belum mampu memilih mobil sehingga perlu mengetahui komponen mobil untuk memiliki mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai jalanan yang dilalui.

Berikut adalah komponen-komponen mesin di mobil diantaranya:

Blok silinder

Blok silinder merupakan dasar dari sebuah mesin kendaraan, terdapat beberapa buah silinder dan setiap silinder memiliki satu buah piston yang berada di salah satu ujung dari batang piston. Sedangkan untuk ujung batang lainnya dihubungkan dengan poros engkol sehingga naik turunnya dari piston menggerakkan bagian engkol.

Silinder

Silinder berfungsi untuk memindahkan dan membentuk panas ke tenaga mekanik sehingga bila tenaga mesin kendaraan menjadi maksimal maka usahakan agar menjaga agar tidak ada kebocoran pada gas yang dibakar pada bagian antara piston dan silinder.

Kepala silinder

Kepala silinder terbuat dari campuran besi tuang dengan alumunium yang dapat membatasi pemuaian, terdapat tambahan mantel pendingin yang dihubungkan dengan blok silinder agar memberikan pendinginan pada bagian busi dan katup yang ada didalamnya.

Karter

Karter terletak di bagian bawah blok silinder dan fungsinya sebagai penampung oli mesin. Dalam karter terdapat ventilasi menghubungkannya dengan udara luar dan diberikan tambahan gasket.

Selain diatas ada juga torak atau piston, komponen yang diharuskan untuk dapat bekerja dengan kecepatan maksimal sehingga harus memiliki karakteristik komponen yang kokoh. Untuk batang piston berfungsi menghubungkan antara piston dengan poros engkol. Untuk poros engol yang berfungsi sebagai pengubah dari gerakan lurus piston yang pada silinder menjadi gerak memutar.

Setelah mengetahui komponen mesin mobil maka dapat memilih jenis mobil yang diinginkan. Promo mobil online terbaik dapat diperoleh melalui Bidbox. Bidbox memberikan pilihan mobil yang banyak dipilih seperti Mitsubishi Mirage GLX MT dengan harga 173 juta, Wuling Cortez 1.8C 6 MT dengan harga 220 juta dan Toyoya New Rush G MT dengan harga 244 juta.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Komentar untuk "Berikut Beberapa Komponen Mesin Mobil yang Perlu Diketahui"

  1. Saya baru tahu atau mengenal itu nama kartel
    Kalau silinder dan piston saya sudah mengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu mas di bawah blok silinder buat nampung oli mesin

      Hapus
  2. Wuling Cortez mahal juga, kirain mobil China harganya murah, ternyata sampai 220 juta..😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kelas kelasnya mas. Sesuai targetan pasarmya

      Hapus
  3. Kalo rusak, saya paling hanya bawa ke bengkel, ga paham yang rusak mana.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya paling tidak kita bisa tau mas. kalo membaiki ya mending bengkel saja.

      Hapus
  4. Yaa dari 4 yang sudah dijelaskan diatas mungkin kita bisa tahu atau bisa mengontrol bila terjadi kerusakan terhadap mesin mobil.😄😄

    Jadi jangan hanya bisa membawa saja yaa mang. Terlebih kalau beli mobilnya seken. engine mountingnya juga harus kita kontrol jadi tahu bawa mobil itu bekas tabrakan atau tidak.😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nh betul itu mas. Paling tidak tau ada kerusakan.. Paling tidak tahu rusak atau tidak. Kondisi okh atu engga mas

      Hapus
  5. bearing mesin mobil jangan sampai rusak nih hehe tapi kalau masih punya asuransi dari auto2000 aman deh. sekalian belajar dri mekaniknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia klo ada asuransi kerusakan sudah ada yang membiayailah.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel