Hindari Makan Berikut Demi Proses Kehamilan yang Menyenangkan

Menjadi calon ibu bukanlah suatu hal yang mudah. Sebab, sang calon ibu perlu memperhatikan betul makanan yang dikonsumsinya. Ini tidak lepas dari apa yang dimakan oleh sang ibu akan dimakan pula oleh sang janin yang ada dirahimnya. Untuk itu, seorang ibu perlu memperhatikan betul DHA dan kecerdasan janin melalui makanan apa sajakah yang dikonsumsinya setiap hari dan meminum obat folamil gold secara rutin dengan beli di Goapotik atau di apotik terdekat.

Selain memilih makanan yang bernutrisi tinggi, seorang ibu yang tengah mengandung juga perlu mewaspadai makanan yang kurang baik untuknya. Menghindari beberapa makanan berikut berguna untuk mencegah terhambatnya tumbuh kembang sang anak serta menjaga kesehatan sang anak setelah lahir nantinya.

Apa sajakah makanan tersebut?

Inilah dia beberapa diantaranya :

Ikan dengan Merkuri Tinggi
 
Selama ini kita mengenal ikan sebagai makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Kandungan protein dan omega 3 yang ada di dalam ikan sangatlah bagus untuk tubuh terutama dalam proses tumbuh kembang janin. Namun, sayangnya, para ibu hamil perlu selektif dalam memilih ikan karena kandungan ikan dengan merkuri yang tinggi perlu dihindari sebisa mungkin. Karena kandungan merkuri tersebut bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi.

Pada umumnya, saat ini hampir semua ikan atau hewan yang berada di air telah mengandung merkuri di dalamnya. Merkuri berasal dari limbah yang banyak mencemari perairan hingga masuk ke dalam ikan serta biota air lainnya. Meskipun demikian, tidak semua ikan memiliki kandungan merkuri yang tinggi karena ada beberapa ikan yang dikenal punya kandungan merkuri tinggi dan perlu dihindari. Beberapa ikan tersebut antara lain seperti ikan hiu, makarel, tuna big eye, dan tuna sirip kuning.

Telur Setengah Matang

Tidak semua orang mungkin suka dengan telur yang disajikan setengah matang. Namun, ada kalanya telur setengah matang jadi sajian pelengkap yang istimewa pada beberapa menu makanan seperti nasi goreng dan mie instan. Sayangnya, jika Anda yang tengah mengandung suka dengan telur setengah matang, sebaiknya hindari dulu makanan yang satu ini.

Telur setengah matang perlu dihindari karena masih mengandung bakteri salmonella aktif yang mampu menginfeksi sang ibu. Bakteri tersebut dapat menyebabkan sang ibu mengalami muntaber hingga proses penyerapan nutrisi jadi tidak maksimal. Saat penyerapan nutrisi tidak maksimal, maka hal tersebut akan berbahaya bagi tumbuh kembang sang janin. Untuk itu, sebaiknya sajikan telur dalam kondisi matang sempurna agar bakteri yang ada didalamnya bisa mati sempurna dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

referensi artikel : https://www.guesehat.com/petunjuk-pola-makan-untuk-ibu-menyusui

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Hindari Makan Berikut Demi Proses Kehamilan yang Menyenangkan"

  1. Save dulu, siapa tahu kelak hamil lagi dan membutuhkan informasi ini

    BalasHapus
  2. Klo ikan dengan kandungan merkuri yo wis, jangan di konsumsi. Saya yang gak hamil juga ogah. Tapi klo telur setengah matang itu setiap pagi sebelum push up seperti santapan wajib bagiku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung g hamil. :D

      Aman saja kalo bgitu mas

      Hapus
  3. Ternyata telur setengah matang dihindari
    Kalau dikampung saya, ibu-ibu yang mau melahirkan justru disuruh makan telur setengah matang, biar punya tenaga saat melahirkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi lancar aja kan mas. asal telurnya tidak terkontaminasi aja brarti mas

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel