Tajwid Surat Ali Imran Ayat 32

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh
Ahamdulillah bertemu kembali dengan saya masrozakdotcom dalam pembahasan tajwid pada ayat - ayat tertentu, Kali ini tajwid yang akan saya bahas adalah Tajwid Surat Ali Imran Ayat 32. Ayat yang cukup pendek. Kali ini agak berbeda pembahasannya saya ingin mencoba menguraikannya satu persatu dengan ciri cirinya.
Untuk itulah saya mencoba dari ayat yang pendek - pendek saja.

Surat Ali Imran Ayat 32

Sebelum membahas tajwidnya berikut adalah bacaan ayat dan terjemahannya yang saya ambil dari aplikasi salaam. Pada gambar di bawah juga terlihat bagaimana menulis ayat tersebut dengan huruf latin.


Tajwid Surat Ali Imran Ayat 32

Setelah mengetahui ayat dan terjemahannya berikut adalah pembahasan tajwidnya.
Silahkan perhatikan urutan garis - garis dan warna garis - garisnya karena saya akan mencoba menguraikannya berdasarkan warna dan urutan garis yang sudah saya buat pada ayat berikut ini.


1. Ayat yang diberikan garis warna ungu pertama tajwidnya adalah madthobi'i karena huruf ya mati sebelumnya ada huruf yang bertanda kasroh.
2. Ayat yang diberikan garis warna kuning pertama tajwidnya adalah lam jalalah tafhim karena huruf sebelum lafad Alloh bertanda fathah.
3. Ayat yang diberikan garis warna oranye pertama tajwidnya adalah alif lam syamsiah. Pada tajwid alif lam ini (lengkapnya silahkan simak pada artikel berikut Lam ta'rif) setelah huruf ali lam ada huruf yang bertasydid dengan kata lain huruf lam tidak berbunyi.
4. Ayat yang diberikan garis warna ungu kedua tajwidnya adalah madthabi'i karena ada huruf wau mati dan sebelum huuf wau mati tersebut ada huruf yang bertanda dlomah. Lebih lengkap kaidah madthabi'i bisa di simak pada artikel berikut ini Kaidah Mathobi'i
5. Ayat yang diberikan garis warna hijau pertama tajwidnya adalah ikfa hakiki. Hal ini dikarenakan huruf nun mati bertemu dengan huruf ikfa yaitu huruf ta.
Huruf ikha itu ada 15, lebih lengkapnya silahkan simak di sini. Hukum nun mati atau tanwid ihfa
6. Ayat yang diberikan garis warna merah tajwidnya adalah tajwidnya mal layyin. Kaidah atau atauran mad layyin ini adalah apabila fathah bertemu dengan huruf wau atau ya mati.
7. Ayat yang diberikan garis warna merah muda tajwidnya adalah gunnah atau ada juga yang menyebutnya gunnah musyadaddah atau ada juga yang menyebutnya wajibul gunnah. Setiap huruf nun dan miem bertasydid tanpa ada hurup pengahalang seperti contoh di atas huruf alif bertemu langsung dengan huruf nun bertasydid. Maka yang seperti itu namanya gunnah musyaddah.
8. Ayat yang diberikan garis warna kuning kedua tajwidnya adalah lam zalalah tafhim yaitu karena huruf sebelum lafad Alloh bertanda fathah.
9. Ayat yang diberikan garis warna ungu ke tiga tajwidnya adalah madthabi'i. Karena sebelum huruf alif mati ada huruf bertanda fathah. Silahkan bisa cek kembali kaidah madthabi'i linknya ada di poin no 4.
10. Ayat yang diberikan garis warna coklat pertama tajwidnya adalah alif lam qamariah. Jika tadi pada garis warna oranye atau aliflam syamsiah huruf lam-nya tidak berbunyi, maka pada alif lam qamariah ini huruf lamnya berbunyi.
Jadi apabila ada huruf ali lam dan setelahnya tidak ada huruf yang bertasdid maka sudah dipastikan lamnya akan terdengar dan itulah alif lam qamariah.
Silahkan disimak kembali tentang lam ta'rif linknya di poin no 3
11. Ayat yang diberikan garis warna hitam tajwidnya adalah mad arid lisukun. Apabila mad thobi'i diakhir ayat atau di akhir wakof, maka namanya adalah mad arid lisukun.

Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan, jika kurang jelas silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Terimakasih

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Belum ada Komentar untuk "Tajwid Surat Ali Imran Ayat 32"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel