Ceramah Singkat Ramadhan # Cara Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Alhamdulillahirobbil 'alamain wasolatu  wasalamu ala asrofil ambiya iwal mursalin wa ala alihi wasohbihi ajmain amma ba'du.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirot Alloh SWT, solawat dan salam semoga tetap tercurah pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Alhamdulillah kita saat ini sudah memasuki bulan ramadhan dan alhmdulillah masih diberi kesempatan untuk melakukan ibadah puasa wajib bulan ramadhan yang hanya 1 bulan dari 12 bulan dalam 1 tahun. Mudah - mudahan tiap detik atau dalam satuan waktu yang lebih kecil lagi menjadi waktu - waktu yang penuh dengan kebaikan - kebaikan yang pada akhirnya kebaikan kita itu bisa menolong kita di didunia ini dan kelak diakhirat. aamiin.

Sudah kita ketahui bersama bahwa dibulan ramadan ini pahala ibadah dilipat gandakan sebagimana hadist berikut ini.

 “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Jadi ibadah yang dilakukan itu sudah pasti berlipat pahalanya. Namun ternyata selain yang sudah diberitahukan dalam hadist tersebut ada cara lain untuk melipat - lipat gandakan lagi.
Yaitu dengan cara seperti pada hadist berikut ini.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga"
(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Subhanalloh sungguh bulan Ramadahn ini memang bulan penuh keberkahan yang sangat sayang sekali dilewatkan begitu saja. Andaikan orang yang kita berikan makan dalam berbuka puasa itu pahalanya sudah 700 kali lipat dan pahala kita juga ingsa Alloh berlipat misalkan 700 kali lipat. Subhanalloh makin berlipat - lipat saja padahal hanya dengan memberi makan orang yang berbuka puasa. dan itu baru satu orang bagaiman jika 100 orang?

Subhanalloh Bulan ramadhan bulan penuh keberkahan.

Mudah - mudahan kita semuanya tidak melewatkan bulan Ramdahan yang penuh keberkahan ini dengan sia - sia dan mudah - mudahan bulan ramadahna ini menjadikan kita menjadi manusia taqwa. aamiin


Cukup sekian ceramah singkat kali ini mudah - mudahan bermanfaat.

Wabilahitaufik wal hidayah
Wassalamualaikum Warohmatuloohi Wabarokaatuh.


Sumber terjamahan Hadist
https://rumaysho.com/1147-pahala-besar-di-balik-memberi-makan-berbuka.html
https://rumaysho.com/11279-pahala-amalan-di-bulan-ramadhan-1000-kali-lipat-dibanding-bulan-lain-benarkah.html
Sumber inspirasi
https://www.youtube.com/watch?v=0-kuRIOXaxs

Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "Ceramah Singkat Ramadhan # Cara Mendapat Pahala Berlipat Ganda"

Posting Komentar