Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Sholat Istikhoroh

Pendahuluan


Setiap manusia tidak ada yang tahu hari esok bahkan setelah detik inipun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi.
Manusia yang makin hari semakin banyak saja kegiatannya dan tentu pasti pada setiap waktunya menemukan hal yang baru entah sedikit atapun banyak. Pada setiap yang baru itulah mungkin bagi sebagian orang memiliki rasa bingung tidak tahu atau mungkin kurang yakin. Untuk itulah sebagai seorang muslim baik itu dalam kedaan yang tidak bingung ataupun bingung dalam mengahapi sesuatu ada suatu amalan sunah yang baik sekali untuk dilaksanakan, yaitu Sholat Istikhoroh.

Sebagai catatan, bagi sebagian orang mungkin sholat istikhoroh adalah sholat di saat ingin menentukan pilihan seperti  memilihi jodoh mana yang terbaik dinatara dua calon yang ada, atau mentukan menentukan satu pekerjaan diantara dua pekerjaan yang mampu kita lakukan, dan lain- lain. Namun ternyata Rosululloh melakukannya tidak hanya saat memilih saja bahkan disetiap kesempatan jika ingin melakukan sesuatu.

Artinya :
Rasululloha Solallohu alihi wassalam mengajari kami sholat istikhoroh dalam setiap perkara / urusan yang akan kami lakukan, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Alqur'an. Beliau berkata :' Jika dianatara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah sholat dua rakaat yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalab ( HR Al Bukhori)


Namun tidaklah salah jika dalam setiap ingin mencari pilihan kemudian melakukan sholat istikhoroh hanya saja sholat istikhoroh tidak hanya dalam saat kesulitan dan kebingungan saja melainkan bisa dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan.

Jadi jika ingin melakukan sesuatu sholatlah dua rakaat yang bukan sholat wajib.

Waktu Sholat Istikhaoroh

Waktu mengerjakannya bisa siang ataupun malam namun lebih utama adalah malam hari seperti mengerjakan sholat tahajud setelah megerjakan sholat kemudian berdoa mengutarakan maksud dan tujuan melaksanakan sholat istikhoroh. Memohon petunjuknya upaya mendapatkan yang terbaik.


Cara Melaksanakannya


Adapun cara melaksanakannya adalah seperti sholat pada umumnya, hanya saja niatnya yang berbeda. Jumlah rakaatnya adalah dua rakaat.

Silahkan Bisa Di Baca Juga Tata Cara Sholat Beserta Gambar dan Doanya

Pada Rakaat pertama setelah membaca surat alfatihah di utamakan mebaca surat alkafirun
kemudian pada rakaat kedua setelah membaca surat alfatihah al ikhlas.
Namun demikian surat yang lainpun boleh untuk dibaca.

Doa Setelah Sholat Istikhoroh


Berdoalah dengan bahasa sendiri sehingga diri ini hapal betul dengan maksud dari yang diucapkan. Namun demikian ada doa yang dianjurkan di baca setelah sholat istikhoroh, silahkan bisa di baca, baca juga artinya supaya paham maksud dari doa yang di baca. Doanya yaitu sebagai berikut :


Artinya :

Ya Alloh sesungguhnya aku memohon kepadaMu, pilihkanlah bagiku mana yang baik bagiku menurut ilmuMu, dan aku memohon kepadaMu kekuatan dengan kudrotMu, dan aku memohon dengan karuniaMu yang besar karena sesungguhnya Engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala perkara yang ghoib. Ya Alloh, jika memang telah Engkau ketahui dann pasti Engkau tahu bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusan agamaku dan penghidupanku serta akibat urusanku, maka takdirkanlah ia untukku dan mudahkanlah ia bagiku, serta berkahilah bagiku didalamnya. Tetapi jika engkau ketahui bahwa perkara ini buruk bagiku dalam agamaku dan penghidupanku serta akibat urusanku, maka hindarkanlah ia bagiku dan jauhkan pula aku darinya. Dan takdirkanlah kebaikan bagiku dimana saja adanya, lalu jadikanlah hatiku meridhoinya. "


Demikian Pandun Sholat Istikhoroh mudah - mudahan bermanfaat

Baca Juga tentang Tips Bepergian Supaya Tidak Sulit Melaksanakan Sholat


Posting Komentar untuk "Panduan Sholat Istikhoroh "