Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Sholat Sunat

Sholat sunat sangatlah banyak sekali yang bisa dilaksanakan, mulai sholat sunat karena suatu kejadian seperti sholat sunat gerhana sampai sholat shunat sunat yang mengiringi sholat fardlu atau biasa di sebut dengan sholat sunat rawatib.
Kesemuaan sholat sunat tersebut adalah bagian dari ibadah yang sangat baik untuk dilaksanakan. Bahkan sholat shunat akan menambal sholat fardu kita, sebagaimana yang telah di sampaikan oleh Rosululloh Muhammad saw sebagai berikut ini,yang artinya :

Dari Abu Hurairah Rosululloh SAW bersabda : " Sesungguhnya yang pertama - tama akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat itu adalah sholat. Tuhan berfirman kepada malaikat, sedangkan Ia adalah lebih Maha Mengetahui :"Periksalah sholat hamba-Ku, cukup atau kurang? Maka jika cukup di catatlah cukup. Tapi jika terdapat kekurangan, Tuhan berfirman pula : Periksalah lagi, apakah hambaKu itu mempunyai amalan sholat sunat? Jika terdapat (amalan sholat sunat) lalu Tuhan berfirman lagi : Cukupkanlah kekurangan sholat fardu hambaKu itu dengan sholat sunatnya." Selanjutnya diperhitungkanlah amal perbuatan itu menurut cara demikian."

Demikianlah sholat sunat itu akan sangat membatu sebagai penambal sholat fardu.


Beribadahalah yang Banyak Sebelum Ibadah Tak bisa Dilakukan Lagi

 

Tempat Sholat Sunat


Sebelum ke Macam - Macam Sholat Sunat ada baiknya masrozak.com menuliskan terlebih dahulu dimana baiknya sholat sunat itu dikerjakan?
Untuk sebagian sholat sunat ada yang harus dikerjakan di tempat tertentu seperti sholat sunat Attahiyyatul mesjid, sholat sunat ini tidak bisa dikerjakan dirumah.

Perhatikan hadist berikut ini :


Dari Jabir Rasululloha Saolallohu alihi wassalam berkata : "Apabila salah seorang diatara kamu sudah melaksanaann sholat di mesjid, hendaklah rumahnya di berikan bagian pula dari sholatnya, sesungguhnya Alloh membuat kebaikan dirumahnya melalui sholatnya. ( HR Muslim )


Dan sabda yang diriwayatkan oleh Abu Daud berikut ini

 "Sholat seseorang dirumahnya itu lebih utama daripada sholat dimesjidku ini, kecuali sholat fardu."


Macam - Macam Sholat Sunat


Sholat sunat adalah semua sholat selain fardu yang lima, sholat jumat bagi laki - laki dan sholat jenajah.
Sholat sunat biasanya disebut sholat tathowwu. Sholat sunat artinya apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.
Sholat sunat ada yang dilakukan berjamaah ada pula yang dilakukan secara sendiri - sendiri.

Sebagai contoh yang dikerjakan sendiri - sendiri

1. Sholat Sunat Rowatib yang mngiringi sholat fardu
2. Sholat Sunat Dhuha
3. Sholat Sunat Tahjjud
4. Sholat Sunat Attahayutl Mesjid

Contoh Solat Sunah Yang Bisa dikerjakan Berjamaah

1. Sholat sunat Witir
2. Sholat Sunat Tarawih
3. Sholat Sunat Ied
4. Sholat Sunat Minta Hujan


Sholat Sunat Rowatib


Sholat sunat rowatib yaitu sholat sunat yang dikerjakan mengiringi sholat fardu yang lima waktu. Dikerjakannya ada yang sebelum sholat fardu dan ada yang setelah sholat fardu.

Sholat sunat rowatib ini ada yang bersifat Muakkad atau sangat penting dan ada pula yang di sebut Ghoiru Muakad atau kurang penting.

Sholat Sunah Rowatib yang termasuk kedalam Muakkad adalah

1. Dua Rakaat sebelum shubuh
2. Dua Rakaat sebelum dzuhur
3. Dua Rakaat sesudah dzuhur
4. Dua Rakaat Susudah Magrib
5. Dua Raaat setelah isya

Sholat Sunah Rowatib yang termasuk kedalam Ghoiru Muakkad adalah

1. Empat Rakaat sebelum asar
2. Dua Rakaat sebelum magrib

Mengenai sholat rowatib ini Rosululloh Saw Bersabda :

Risalah Sholat Maftuh Ahnan

Artinya :
Dari Abdulloh bin Umar katanya saya ingat dari Rosululloh saw dua rakaat sebelum dzuhur, du rakaat setelah dzuhur, dua rakaat setelah magrib, dua rakaat setelah isya dan dua rakaat sebelum subuh. (HR Bukrori Muslim)


Untuk shoat rawatib ini ada dua penyebutan sholat, yaitu :
Jika sholat sunah rawatib dikerjakannya sebelum waktu sholat fardu namanya adalah qobla dan jika setelah sholat rawatib maka namanya adalah ba'da.


Sholat Sunat Tahiyyatul Mesjid


Sholat sunat Tahyatul mesjid yaitu sholat sunat dua rakaat byang dikerjakan saat memasuki mesjid sebelum melakukan duduk.
Sholat ini adalah sebagai penghormatan tempat suci yaitu mesjid.

Rosululloh saw bersabda : ' Apabila seseorang dari kamu memasuki mesjid, hendaklah jangan duduk dahulu sebelum sholat sunat dua rakaat. " ( HR Bukhori Muslim).


Sholat Sunat Dhuha


Sholat duha yaitu sholat yang dikerjakan ketika matahari naik setinggi tumbak sapai matahari tergelincir.
Sholat sunat dhua ini boelh 2 rakaat, empat rakaat, 6 rakaat, delapan rakaat dan 12 rakaat.

Rosululloh saw bersabda :




Artinya :
Dari Abu Huroiroh, katanya : Telah berpesan kepadaku ( rosululloh) saw tiga macam pesan 1. puasa tiga hari tipa - tiap bulan, 2. Sholat dluha dua rakaat, 3. sholat witir sebelum tidur ( HR Bukhori dan Muslim)


Artinya :
"Barang siapa sholat duha dua rakaat, Alloh akan membuatkan baginya istana di syurga."

Doa Setelah sholat Duha


Artinya :
"Ya Alloh bahwasanya waktu dluha itu adalah waktu dluhaMu, keindahan itu adalah keindahanMu, kecantikan itu adalah kecantikanMu, kekuatan itu adalah kekuatanMu, kekuasaan itu adalah kekuasaanMu,
dan pernaungan itu adalah perlindunganMu. Ya Alloh ya Tuhanku, jika rizkiku itu berada di atas langit maka turunkanlah, dan jika rizkiku itu ada di perut bumi maka keluarkanlah, dan jika sukar ma mudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika masih jauh maka dekatkanlah. Berkat waktu duhaMu, keanguanMu, KeindahanMu, kekuatan dan kekuasaanMu limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba - hambaMu yang sholeh.

Sholat Tahajud


Sholat tahajud adalah sholat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, lebih baik dikejakan pada tengah malam atau dua pertiga malam menjelang subuh. Dilakukan setelah bangun tidur.
Jika tidak tidur terlebih dahulu namanya sholat malam seperti sholat witir.


Jumlah Rakaat Sholat Tajaud

Jumlah rakaat sholat tahajud yaitu paling sedikit dua rakaat dan paling banyak sebagain ulama mengatakan tidak terbatas.
Meskipun sholat tahajud itu adalah sholat sunat namun Rosululloh tidak pernah meninggalkannya.

 Artinya :
hendaklah engakau pergunakan sebagian waktu malam itu untuk melakukan sholat tahajjud sebagai sholat sunah ( tambahan ) bagimu. Mudah - mudahan Tuhan akan memabngkitkan engkau dengan kedudukan yang terpunji.

Sabdanya lagi


 Artinya :
Perintah Alloh turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang - orang yang memohon pasti akan Aku kabulkan, adakah orang yang meminta pasti akan Ku beri dan adakah orang yang mengharap ampunan, pasti aka Ku ampuni baginya, sampai tiba waktu subuh.


Sholat Witir


Witir artinya ganjil. Sholat witir maksudnya adalah sholat sunah yang jumlahnya rakaatnya ganjil, paling sedikit satu dan yang paling banyak sebelas. Dan jumlah yang sebelah adalah yang paling sering dikerjakan oleh Nabi Muhammad Saw, sebagaimana yang pernah di utarakan oleh Aisyah r.a : "Tidaklah pernah Nabi S.A.W melebihi sholat malam (witir) itu melebihi dari sebelas rakaat."

Waktu Mengerjakan Sholat Witir

Waktunya yaitu setelah sholat isya sampai terbit fajar. sabda Rosululloh SAW yang di riwayatkan dari Aisyah  : " Adalah Nabi Solallohu alaihi wassalam sholat diantara sholat isya dengan terbit fajar sebelas rakaat. Beliau memberi salah setiap dua rakaat dan yang penghabisannya satu rakaat."


 Artinya :
Witir itu hak, maka barangsiapa yang suka mengerjakan sholat sunah witir 5 rakaat hendaknya ia mengerjakan; dan barang siapa yang suka mengerjakannya 3 rakaat hendaklah ia mengerjakannya; dan barangsiapa yang suka mengerjakannya satu rakaat maka henlah ia mengerjakannya.



Demikian pembahasan tentang Macam Sholat Sunat, Sebetulnya masih banyak sekali sholat sunat yang bisa dikerjaakan, seperti sholat sunat tarawih, sholat sunat minta hujan, sholat sunat hari raya, sholat sunat wudhu, sholat sunat gerhana, sholat sunat istikhoroh,  sholat sunat mutlaq dan lain - lain. Namun Angsa Alloh pembahasan seputar sholat sunat tersebut akan dilanjutkan lain waktu.
Mudaha - mudahan Alloh masih memberikan kesempatan pada masrozak.com untuk menuliskannya disini. Aamiin.


Sumber Tambahan :
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah - Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan
https://books.google.co.id/books?id=t0h8T-C11mAC&pg=PA631&lpg=PA631&dq=hendaklah+rumahnya+di+beri+bagian+dari+sholatnya&source=bl&ots=BPrqykdZ8D&sig=_ivae0veG0KHlu9m_FlSfgKWXoQ&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=hendaklah%20rumahnya%20di%20beri%20bagian%20dari%20sholatnya&f=false

2 komentar untuk "Macam - Macam Sholat Sunat"