Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tanda Solat Yang Diterima

Melengkapi tulisan sebelumnya yaitu , yaitu diterima nga sih solat kita?, maka kali ini saya mencoba menuliskan 4 tanda solat yang diterima. Apa yang akan terjadi pada diri kita ketika solat kita telah di terima.
Saya akan mencoba menuliskannya disini, mudah - mudahan menjadi efaliasi bagi saya sevara husus dan bagi para pembaca secara umum. Mudah - mudahan kita semua termasuk orang yang di cintai Alloh. Aamiin.


4 Tanda Solat Yang Diterima

Dalam sebuah hadist qudsi Alloh memberikan gambaran kepada kita semuanya tentang solat hambanya yang di terima. Berikut bunyi hadist qudsinya.
" Sesungguhnya Aku hanya akan menerima sholat orang - orang yang merendahkan dirinya karena kebesaranKu, menahan dirinya dari hawa nafsu keran Aku, yang mengisi sebagian waktu siangnya dengan berdzikir kepadaKu, yang melajimkan hatinya untuk takut padaKu, yang tidak sombong terhadap mahluk Ku, yang memeberi makan pada orang yang lapar, yang memberi pakaian pada orang yang telanjang, yang menyayangi orang yang terkena musibah, yang memberi perlindungan pada orang yang terasing. Kelak cahaya oang itu akan bersina seperti cahaya matahari. Aku aan berikan caya ketika dia kegelapan, Aku akan berikan ilmu ketika dia tidak tahu, Aku akan lindungi dia dengan kebesaranKu, Aku akn suruh malaikat menjaganya, kalau dia berdoa kepadaKu, Aku akan segera menjawabnya, kalaudia meminta kepadaKu, Aku akan segera memenuhi permintaanya. Perumpamaan dihadapanKu seperti dihadapan surga Firdaus."

Dari hadist qudsi ini cukup jelas sekali siapa saja sih yang solatnya akan di terima. Kita hanya tinggal mencocokan saja dengan diri kita, solat kita, keseharian kita. Maka kita akan dapat gambaran seperti apa solat kita di terima atau tidak. Jika di dapakan rada melenceng dari ketentuan tersebuut mudah - mudahan kita semua bisa membaikinya. aamiin.

Baiklah untuk mempermudah penguraian 4 tanda solat yang diterima kita bentuk dalam poin -poin.

1. Orang yang merendahkan diri kepada Alloh karena Kemaha besaran Alloh.
2. Menahan nafsu. Bisa menahan nafsu amarah, nafsu birahi dan lain - lain.
3. Banyak berdzikir. Berdzikir dengan mengngat Alloh dimanapun kapanpun selalu ingta pada Alloh
4. Solidaritas terhadap sesama muslim. Meberikan bantuan pada yang kelaparan, meberikan pakaian kepada yang kekuranan, memberikan pertolongan kepada yang sedang tersesat atau linglung, Tidak berbuat sombong.
Sabda Nabi :" Orang Yang demawan dekat dengan Alloh, dekat dengan menusia dan dekat denga surga, sedang orang yang pelit bahil jauh dari Alloh, jauh dari manusia dan dekat dengan neraka."

Nah setidaknya dengan 4 poin tersebut sesuai hadis qudsi di atas maka solatnya di terima. Sekarang hanya tinggal introsfeksi, bertanya kepada diri sendiri saja apakah sudah seperti itu?
Mudah - mudahan saja 4 poin tersebut bisa kita capai. aamiin.

Dan jangan sampai seperti keterangan rosululloh berikut ini.

"Pada hari kiamat nanti ada orang yang mebawa solatnya kepada Alloh kemudian dia mempersembahkan sholatnya kepada Alloh lalu sholatnya dilipat - lipat seperti dilipatnya pakaian yang kumel, kemudian di bantingkan ke wajahnya. Alloh tidak menerima solatnya."

Atau seperti dalam surat Al maun berikut ini.
"maka celakalah bagi orang - orang yang solat, yaitu yang lalai dalam solatnya."

Yang solatnya aja lalai celaka apalagi yang tidak solat.

Bagi yang sudah solat alhamdulillah kita perbaiki jika ada yang kurang dan bagi yanng belum terektuk saatnyalah untuk memulai jika bukan hari ini detik ini kapan lagi.
Tidak ada yang tahu hari esok seperti apa, bisa masih hidup bisa juga tidak. walauhu alam.

Sekian semoga penuh manfaat.


Info lain mungkin tertarik AWas Ada SeTan Di kamar Mandi !!!!