Tajwid Surat Az Zariat Ayat 56

Masrozakdotcom berbagi pembahasan tajwid, kali ini tajwid yang akan dibahas adalah tajwid Surat Az Zariat Ayat 56. Silahkan bisa dilihat kembali pembehasan sebelumnya yaitu tajwid surat Al Mu'minun Ayat 12-14 atau silahkan bisa memilih pembahasan tajwid lainnya di sini.

Pada ayat yang dibahas kali ini, masrozakdotcom seperti biasa akan menampilkan terlebih dahulu ayat dan terjemahannya, supaya kita semua bisa memahami terlebih dahulu isinya. Dengan demikian mudah - mudahan bisa membuat kita semua menjadi orang - orang yang lebih baik. aamiin.


QS Az Zariat Ayat 56



Ayat ini cukup pendek namun mengandung informasi yang sangat penting sekali bagi kita semuanya, yaitu menyangkut tujuan dari keberadaan kita semuanya selaku manusia, yaitu untuk beribadah kepada Alloh.
Dalam ayat ini Alloh berfirman "Aku tidak menciptakaan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku."

Ayat ini merupakan suatu informasi penegasan tentang untuk apa manusia dan jin diciptakan. Dan terjawab pada ayat pendek tersebut dengan jawaban untuk beribadah kepada Alloh.



Tajwid Surat Az Zariat Ayat 56


Setelah kita mengetahui terjemahannya saatnyalah masrozakdotcom membahas tajwidnya. Seperti yang sudah - sudah, perhatikan ayat berikut ini yang diberikan tanda garis berwarna - warni.


Pada ayat tersebut ada beberapa tanda, yaitu garis warna ungu, biru, kuning, merah muda, hijau dan coklat.
Kesemuaan garis itu menunjukan tajwid yang akan dibahas berikut ini.

1. Garis berwarna ungu menunjukan tajwid mad thobi'i artinya dibaca panjang sebanyak dua harokat.
2. Garis berwarna biru menunjukan tajwidnya adalah qolqolah sugro artinya dibaca memantul. Penjelasan tentang qolqolah bisa dibuka di sini Tentang qolqolah.
3. Garis berwarna kuning menunjukan tajwidnya adalah ali lam komariah artinya huruf lam dalam alif lam terdengar. ( Jika tidak terdengar disebutnya alif lam syamsiah lebih jelas silahkan buka tentang Cara membaca Alif Lam Dalam Lam Ta'rif).
4. Garis berwarna merah muda tajwidnya adalah gunnah. Lebih jelas tentang gunnah silahkan bisa di buka pada pembahasan miem dan nun sukun.
5. Garis berwarna coklat tajwidnya adalah mad arid lisukun.

Sekian pembahasan tajwid pada Surat Az Zariat Ayat 56, mudah - mudahan bermanfaat. aamiin.

Lebih mudah bisa saksikan vidio berikut ini


Pembahasan lainnya Tajwdi Surat Al Baqoroh Ayat 30

Jangan lupa follow masrozakdotcom ya. Terimakasih



Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "Tajwid Surat Az Zariat Ayat 56"

Posting Komentar