Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Solat Makmum yang Ketiggalan

Solat yang terbaik bagi laki - laki adalah solat yang dikerjakan berjamaah di mesjid pahala yang didapatkan bisa lebih besar 27 derajat di bandingkan dengan solat sendirian. Maka dari itu solatlah berjamaah daripada solat sendirian.

Pada suatu ketika pada solat berjamaah banyak orang yang datangnya ketinggalan sehingga banyak yang mejadi  makmum ketinggalan rakaat. Disini saya melihati berbagai macam cara makmum mengikuti imam.

Cara Yang Pertama

Ketika imam masih membaca Surat baik surat alfatihah atau surat - surat dalam alquran pada rakaat pertama, makmum ketingalan datang ( makmum ketinggalan biasa di sebut mamum masbuk) mengikuti solat berjamaah. Terus mengikuti imam sampai selesai solat, sampai salam


Cara Ke Dua

Makmum ketingalan ketika imam dalam posisi ruku. Jadi pas imam sedang ruku makmum datang dan takbir langsung ikut ruku.
Kemudian terus mengikuti imam sampai selesai dan kemudian salam.


Cara Ke Tiga

Cara ketiga adalah makmum datang ketika imam sudah ruku, nah pada pososi ini ada dua kejadian, yaitu :

1. Makmum mengejakan gerakan - gerakan ketinggalan nya seperti ruku, i'tidal kemudian sujud berang dengan imam.
2. Makmum Takbirraturihram, kemudian ikut sujud atau ikut gerakan imam saat itu.

Nah dari kejadian ini kira - kira yang mana nih yang betul?
 

Okeh mari kita lihat satu persatu mulai dari Cara cara menjadi makmum terlambat di atas.


Cara pertama 

Mendapati imam masih membaca surat pada rakaat pertama memang seperti itu jika kita menemui imam sedang melakukan gerakan solat maka takbir dan kemudian ikuti gerakannya. Krena pada ara pertama ini tidak ada ketinggalan rakaat maka tidak menambah rakaatnya.

Cara ke dua

Orang yang mengikuti ketika ruku menang bisa jadi ada beda pendapat namun cara tersebut adalah boleh dilakukan dan memang seperti itu ketentuannya, yaitu ketika mendapati iman yang sedang ruku maka ikut saja ruku dan sudah dapat satu rakaat. Sumber : https://muslimah.or.id/3506-apakah-makmum-yang-mendapatkan-ruku-mendapatkan-rakaat-padahal-tidak-membaca-al-fatihah.html

Cara Ke Tiga

Ada dua macam yang mana yang seharusnya dilakukan?

Poin pertama ternyata makmum menyalip gerakan yang ketinggalan dari imam. Misal kitamenemukan imam saat sujud lalu kita menlakukan gerakan dari takbiratul ihram sampai sujud atau jika imam sudah 2 rakaat kita mempercepat rakaat samapi sama dengan rakaat imam.

Cara seperti ini ternyata salah, Makmum tidak bisa membalap imam seperti itu yang seharusnya dilakukan adalah pilihan nomor dua. JAdi kita takbiratul ihran kemudian langsung ke posisi seperti yang imam lakukan, misalkan imam lagi sujud maka kita sujud, kemudian setelah imam salam maka kita menambah kekurangan rakaat kita. Misal kurang satu rakaat.
Ketika imam salam kita berdiri lagi menambah 1 rakaat.


Dari kejadian tersebut dapat disimpulkan bagaimana menjadi makmum yang ketinggalan, yaitu begaia berikut:

1. Apabila sebagai makmum yang ketinggalan mendapati imam dalam kedaam membaca surat dan makmum mengikutinya dengan tterlebihdahulu membaca takbiratul ihram maka sudah masuk satu rakaat.
2. Apabila makmum datang sedang imam dalam kedaan ruku maka mamum tersebut segera mengikuti dengan tabiratul ihram dahulu kemudian langsung ruku aka sudah mendapatkan satu rakaat.
3. Jika makmum ketinggalan dan mendapati imam sudah sujud maka ikuti gerakan imam setelah lebih dahulu membaca takbiratul ihram. Dan tidak di hitung 1 rakaat. Artinya setelah imam salam makmum tadi harus bangkit lagi dan menambah kekurangan rakaatnya.

Silahkan bisa dilihat Panduan Sholat Berjamaah

Demikian semoga bermanfaat.
Mudah - mudahan solat kita diterima. Aamiin.

Sebagai tambahan bisa juga di baca

Ciri - ciri Solat yang di terima



Posting Komentar untuk "Melihat Solat Makmum yang Ketiggalan"