Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solat Berjamaah Atau Sendirian?

Ketika kita di tanyakan hal seperti itu Solat Berjamaah Atau Sendirian? Tentu akan menjawab solat berjamaah.
Namun ketika dikaitkan dengan perilaku kenyataan ternyata masih banyak yang memilih solat sendirian dirumahnya.
Sebetulnya saat ini banyak sekali mesjid yang berdiri, di daerah sayapun tidak kurang hampir setiap 2 sampai 5 km ada mesjid. Silahkan saja anda lakukan perjalanan banjarmasih - batulicin maka sepanjang jalan akan  temukan berbagai macam mesjid dan musola. Semuanya tidak ada yang sama unik has setiap daerah yang di lewati.
Namun apa yang disayangkan adalah  orang - orang justru kebanyakan solat  di rumah terbukti setiap kali waktu solat 5 waktu jamaah hanya satu sampai 3 sap saja sedangkan pada jumatan mesjid - mesjid sampai membludak. Jamaahnya alias tak tertampung. Inilah yang menjadi kesimpulan saya jika solat itu masih banyak di lakukan dirumahnya masing - masing.
Untuk itulah saya mencoba mencari referensi keutamaan solat berjamaah di mesjid di bandingkan solat di rumah supaya menarik hati para jamaah untuk kembali berjamaah di mesjid. Terhusus lagi bagi saya sebagai penulis.
Karena mau tidak mau ketika kita di tanya solat berjamaan atau sendiri yang lebih utama pasti jawabannya adalah solat berjamaan, namun saya pikir karena kurangnya ngeh atau rasa ngeh dalam diri untuk melakukan solat berjamaah sehingga terpaksalah solat sendirian.  Untuk itulah supaya kita makin ngeh terhusus saya sebagai penulis, mari kita ulas keutamaan solat berjamaah.



Keutamaan Solat Berjamaah di Mesjid


Info lain yang mungkin mengingatkan kita 4 tanda solat di terima


Banyak referensi yang bisa kita buka mengenai hal ini, mulai dari media sosial ataupun media buku ataupun media internet lainnya.

Yuk saya resume beberapa yang saya baca

1. Derajatnya di angkat dan setiap langkah jadi peghapus kesalahannya.


Siapa yang tidak mau diampuni dosanya coba?

”Maka tidak ada seseorang yang bersuci dan dia sempurnakan wudunya kemudian ia berjalan ke masjid diantara masjid-masjid ini kecuali Allah SWT mencatat bagi setiap langkah menjadi kebaikan yang mengangkat derajatnya dan bagi setiap langkah yang diturunkannya menjadi penghapus kesalahannya.”

"Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa dan mengangkat derajat ?" Para shahabat berkata : "Tentu, Ya Rasulullah", Beliau bersabda " dan memperbanyak langkah menuju ke masjid " (HR. Muslim) 

"Barang siapa yang menuju ke masjid untuk shalat berjama'ah maka setiap langkahnya menghapuskan dosa dan ditulis padanya satu kebaikan baik ketika ia pergi maupun ia kembali" (HR. Ahmad)

"Apabila salah seorang dari kalian duduk untuk menunggu shalat di masjid maka dia senantiasa dalam keadaan shalat selama ia tidak berhadats (dan) para malaikat akan mendo'akannya : "Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah rahmatilah dia" (HR. Muslim)

2. Akan diakui sebagai seorang  muslim saat bertemu Alloh


Sebagai orang beragama islam tentu sangat mau sekali di akui oleh yang Maha pengasih karena jika di akui tentu akan mendapatkan keutamaan- keutamaan diantaranya berupa surgaNya.

Barangsiapa ingin bertemu Allah esok hari sebagai seorang muslim, maka ia harus menjaga benar-benar sholat pada waktunya ketika terdengar suara adzan.”

3. Menjadi Pemakmur Mesjid


Emang kenapa dengan pemakmur mesjid?

Pertama orang yang selalu kemesjid adalah pemakmur mesjid, sebagaimana hadis qudsi berikut :

“Sesungguhnya rumah-rumah-Ku di bumi ialah masjid-masjid dan para pengunjungnya adalah orang-orang yang memakmurkannya”

Dan bagi yang suka kemesjid seperti ini keterangannya.

 Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang pagi dan sorenya selalu pergi ke masjid niscaya Allah akan menyediakan baginya surga sebagai tempat istirahat setiap pagi dan sore.” (H.R. Ahmad dan Syaikhani)

Dan Abi Sa’id Al Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kalian melihat seseorang yang biasa mengunjungi masjid, maka yakinilah bahwa orang tersebut telah beriman. (H.R. Ahmad dan Abi Sa’id Al Khudri)

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

4. Akan mudah melintasi jembatan Shiroth


Berikut keteragannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Masjid adalah rumah setiap orang yang bertaqwa. Dan AlIah menjamin orang yang menjadikan masjid sebagai rumahnya dengan kesenangan, rahmat dan kemudahan dalam melintasi titian (shirath,) hingga sampai kepada keridhaan Allah, yaitu surga.” (H.R.At Thabrani)

5. Solat bejamaah di mesjid lebih utama dari solat sendirian


Hal ini sebagaim mana hadis yang sangat populer berikut ini.

"Shalat Jamaah lebih utama dua puluh tujuh kali dibanding shalat sendiri" (H.R. Bukhari dan Muslim).

“Shalatnya seorang pria berjamaah pahalanya 25 derajat dibanding sendirian di rumah atau di pasar, yang demikian itu karena jika ia berwudhu dengan sempurna kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid, maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya, dan selama ia di majelis shalat tanpa hadats didoakan para malaikat, “Ya Allah, ampunilah ia dan rahmatilah ia”, dan dianggap mengerjakan shalat sepanjang menunggu waktu shalat” (HR. Bukhari dan Muslim).

"Barang siapa yang shalat selama empat puluh hari secara berjama'ah dan selalu mendapatkan takbir pertama, maka di tetapkan baginya dua pembebasan : Pembebasan dari api neraka dan pembebasan dari kemuniqan" (HR. Tirmidzi)

"Apabila imam mengucapkan "ghairul maghduubi 'alaihim waladdhaliin" maka katakanlah "Amin" karena barang siapa yang aminnya bertepatan dengan aminnya para malaikat maka akan diampuni dosanya yang telah lalu " (HR. Bukhari)

"Barang siapa shalat Isya' dengan berjamaah, maka ia seperti mendirikan shalat selama setengah malam, barangsiapa shalat Subuh berjamaah, maka ia laksana shalat semalam suntuk" (H.R. Muslim)

Sekian diantara sekian banyak tentang keutamaan solat berjamaah yang bisa saya bagikan di Masrozak dot COM. Dari berbagai sumber yang di tuliskan di bawah. Semoga menjadi kebaikan kita bersama. aamiin
Yang ingin menambahkan silahkan di kolom komentar. Semoga menjadi amal kebaikan.aamiin



Sumber :
http://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/pentingnya-sholat-berjamaah-di-masjid.htm
https://masjidjamiannimah.wordpress.com/2011/02/23/fadhilah-memakmurkan-masjid/
https://www.facebook.com/permalink.php?id=113300332188367&story_fbid=113411322177268
https://www.facebook.com/situskomunitasmuslim/posts/149345308570139
https://www.facebook.com/notes/motivasi-dan-inspirasi-sukses-islami/peringatan-sholat-sendiri-atau-berjamaah-di-masjid-/545804988811934/