Gejala HIV/AIDS

Apa itu HIV/AID?

Mendengarnya sepertinya sudah serem duluan ya, memang serem sekali sih penyakit ini.

HIV merupakan singkatan dari Human immunodeficiency Virus. HIV sendiri adalah virus yang jika menginfeksi dapat menyebabkan menurunnya kemampuan dalam melawan insfeksi virus, bakteri, jamur, parasit yang masuk dalam tubuh manusia. Virus HIV bekerja dengan cara menyerang sitem kekebalan tubuh menusia dengan demikian penderita akan sangat rentan sekali terhadap penyakit. Penyakit yang ringanpun akan terasa berat oleh penderita HIV.
Info menarik lainnya Merawat Luka, 5 Cara Bikin Tabungan Cepat Banyak
AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome adalah tahap lanjutan dari inveksi virus HIV.
Penularan virus HIV dapat terjadi melalui darah, air mani, hubungan sexual, atau cairan vagina. Meski demikian virus ini tidak menular melalui kontak visik dengan penderita.
Seperti jabat tangan.

Gejala HIV/AIDS

Nah berikut adalah gejala yang timbul jika menderita HIV/AIDS. Meskipun untuk memastikannya segeralah periksakan ke dokter.

1. Gangguan pernafasan seperti nafas pendek,henti nafas sejenak, batuk, nyeri dada dan demam.
2. Gangguan saluran pencernaan seperti hilang nafsu makan, mual dan muntah, kerap mengalami gangguan jamur pada rongga mulut dan kerongongan.
3. Penurunan dratis Berat badan.
Penderita akan mengalami wasting syndrome, yaitu kehilangan berat badan hingga 10 % di bawah normal. Gangguan ini disebsbkan karena gangguan pada sistem protein dan energi dalam tubuh.
4. Gangguan Sistem Syaraf, seperti kurang ingatan, sakit kepala, susah konsentrasi, sering kebingngan dan respon gerak lambat karena ada gangguan sistem saraf pusat.
5. Gangguan pada Jaringan Kulit, penderita mengalami serangan virus cacar air atau cacar api dan berbagai macam penyakit kulit yang menimbulkan rasa nyeri pada jaringan kulit. Lainnya adalah mengalami insfeksi jaringan rambut, kulit kering bagian luar retak retak.
6. Gangguan pada saluran Kemih dan reproduksi pada wanita. Penderita sering  mengalami gangguan jamur pada vagina dan hal ini adalah tanda awal terserang virus HIV.
Adanya luka pada saluran kemih. Peradangan rogga tulang pelvic.

Penularan

HIV  terdapat dalam cairan tubuh, yaitu darah sperma, cairan vagina, dan air susu ibu. HIV hanya ditularkan kalau cairan tubuh seseorang HIV positif masuk kedalam aliran darah orang lain.

Penularan tersebut bisa berupa :
1. Hubungan sexsual
2. Transfusi darah
3. Jarum suntik
4. Ibu hamil pada anaknya

Informasi menarik lainnya Tanda Terkena Inpeksi

Jadi haruslah hati - hati supaya tidak tertular, setialah pada Istri atau Swami yang tercinta jangan jajan. 

Berikut Digram Perjalan Virus HIV


Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Gejala HIV/AIDS"

  1. betul mas kalo kita selalu setia dengan pasangan maka insya allah tidak akan tertular penyakit ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuk sekali mas setialah oada pasangan sayangi anak da istri

      Hapus