Disetrum Bisa Bikin Lebih Pintar?

Waw.......

Tahukah anda jika kesetrum bisa bikin lebih pintar?

Para peneliti dari oxford University menemukan bahwa dengan menyalurkan arus listrik kecil ke otak bisa bikin kita lebih pintar matematika. waw... luar biasa.

Tapi inget arusnya yang kecil ya bukan yang besar.


Mareka menemukan bahwa dengan mengarahkan arus kecil ke bagian lobus para relawan menjadi meningkat kemampuannya dalam memecahkan masalah numerik.

Harapan dari penemuan ini adalah dapat membantu bagi siapa saja yang mengalami masAlah dalam hal diskalkulia. Ahli lain mengatakan efek dari listrik ke fungsi otak lain akan diperiksa.

Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Current Biology. Namun Dr  Cohan Kadohs berkata: "Kami tidak menyarankan orang - orang berkeliling dan menyetrum mereka."


Beberapa studi telah memperlihatkan satu dari lima orang mengalami kesulitan dengan matematika, tidak hanya mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah tetapi juga untuk mengelola kegiatan sehari - hari seperti mengatakan waktu dan mengelola uang.

Ahli saraf percaya bahwa aktifitas dalam lobus memainkan peran penting dalam kemampuan numerik.


Pada Awalnya penelitian ini menggunakan medan magnet yang digunakan untuk menganggu aktifitas otak dan hasilnya Adalah para relawan dengan diskalkulia mengalami gangguan dalam hal menghitung.
Penelitian selanjutnya dengan munggunakan aliran listrik sebesar 1 mili amphere untuk merangsang lobus paretialis pada beberapa mahasiswa.
Hasilnya adalah ketika aliran dinyalakan dari kiri kekanan para relawan lembih lambat menyelesaikan masalah teka teki simbol yang diberikan ketimbang yang tidak diberi aliran. Dan sebaliknya jika aliran listrik dialirkan kanan ke kiri para relawan lebih cepat menyelesaikan masalak teka teki simbol yang diberikan.
Dengan demikian pada penelitian ini arah arus menjadi penting.
Hasil penelitian ini ternyata efeknya tidak sebentar tetapi bertahan lama, ketika dites lagi dalam 6 bulan kemudian hasilnya masih sama.

Sebagai renungan Dr Christopher Chamber Mengatakan : "Rangsangan listrik tidak mungkin menjadikan kita Einstein masa kini, tapi ini bisa membantu masalah sehari hari kita dengan matematika."


Jadi meskipun aliran listrik bisa membuat perubahan pada aktifitas otak menjadi lebih cepat menyelesaikan masalah numarik bukan berarti hal tersebut cara instan menjadi pintar seperti Einstein tetap harus belajar dengan baik.

Semoga menjadi inspirasi.

Atau anda mungkin masih tertarik denga artiket berikut:


Game Terbaru dan seru?
Tips Sehat Hari Tua
Bikin Tabungan Cepat Banyak
Atau Mungkin Anda suka nonton Film Kartun Silahkan saja ada disini Film Kartun


Sumber :
Jilid belakang  Buku siaga Ujian Nasional matematika penerbit CV Grafika Dua tujuh

Langganan Pembahasan Terbaru:

26 Responses to "Disetrum Bisa Bikin Lebih Pintar?"

  1. wah saya koq baru tahu tentang teori ini yamas.
    makasih telah berbagi info

    BalasHapus
  2. kalau gitu buat ujicoba biar mas rozak saya setrum mau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn mas nanti nkebanyakan setrumannya

      Hapus
  3. wah saya baru berkunjung pertama kali ke blog ini loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan usulan nanya kudu mas rozak mas. hahahaha

      Hapus
  4. Iya kayaknya betul mangs, soalnya ada novel juga yang tokohnya itu waktu kecil pernah kesetrum dan udah gede jadi orang pinterrr,,, hehehehehehe, serius ada kisah tersebut.. :) tapi yang arus kecil, bukan yang besar ya, haha, kalau yang besar bisa-bisa is deatht.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga perlu kursus belajar dan ngga perlu minum vitamin cere*brovit dong... tapi kenapa saya baru mengetahui hal ini, padahal mau mempraktikan saat sekolah dulu, biar ranking 1 terus =)D

      Hapus
    2. harus ahlinya mas yang nyetrum kalo yang palsu bisa salah nanti mas

      Hapus
    3. ia harus kecil arusnya. nah brarti tuh novel karangan yang nyetrum

      Hapus
  5. Kalau beneran bisa mengerjakan cepat matematika, berarti dulu saya tidak usah kursus belajar mang... tapi ngeri juga kalau harus di strum dulu... bukan pinter malah isdead =(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada aturannya mas di setrumnya juga. kalo salah bisa ded memang. :D

      Hapus
  6. Banyak teori membenarkan disetrum bisa membuat aktifitas otak meningkat Kang, tapi masih dibutuhkan kajian ilmiah mendalam dalam pembuktiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas harus nada lanjutannya. kalo berhasil penemuan yang yahut

      Hapus
  7. klo cewek disetrum dihatinya, supaya bertambah nilai cintanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah bisa mas silahkan di setrum saja. eh jgn kalonya malah tewas

      Hapus
  8. saya sering kesetrum,, apalagi kalo lagi instalasi server :D

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. ia itu lumayan mas kalo berhasil dikembangkan

      Hapus
  10. serem jga sih walau bikin pinter

    eh bisa kayak flash nggak. di sambar petir bisa dapet kekuatan super

    BalasHapus
  11. distrum gitu bukan cara terbaik untuk jadi pinter ya mas, nanti klenger ya kalo terus distrum, bukan pinter lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada aturannya mas. jgn gede - gede listriknya. dan tentu harus oleh ahlinya mas

      Hapus
  12. kalo memang benar adanya, maka penemuan ini sangat menajubkan, biasanya orang negri dengan yang namanya setrum, tapi ini malah bisa bikin pinter

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas sangat mankjukann dan harus di kembangkan. tapi disebtkan juga cara ini bukan cara singkat menjadi ainstein

      Hapus