Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Etika Dasar Yang Harus Diajarkan Ke Anak

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Berjumpa kembali dengan saya masrozakdotcom, kali ini saya ingin sedikir berbagi seputar etika dasar yang harus diajarkan kepada anak yang mungkin banyak orang tua lupa mengajarkannya. Bisa jadi karena banyaknya orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, sibuk dengan aktifitaslainnya dan lain sebagainya. Betul bahwa tips ini saya mendapatkan dari media sosial, namun apa yang dikatakannya sangtalah bagus dan banyak orang tua yang benar - benar lupa akan hal ini. Untuk itu coba simak dulu 7 hal sederhana ini supaya bisa kita telaah dulu. Apa saja itu? Berikut silahkan disimak.


1. Mengajarkan Mengembalikan barang ke tempatnya

Ini sangat sederhana namun efeknya sangat besar. Dangan mengajarkan anak untuk mengembalikan barang yang sudah digunakannya, sebetulnya kita sengan mangajarkan pada anak kebiasaan yang sangat baik. Jika sudah tertanam maka kelak kehidupan anak akan rapih, tempat tinggalnya akan rapih. Kalau sudah rapih dan bersih jadi sehat. Sudahkan mencontohkannya? 

2. Ajarkan Supaya Tidak Menyela Orang Lain

Biasanya anak memiliki sifat egois yang tinggi sehingga anak akan bertidak semuanya, shortcut. Maunya segera ditanggapi. Maka ajarkan untuk tidak meneyela, biasakan beres dulu orang tua berbicara baru bertanya. Sesungguhnya tidak menyela orang lain ini sedang mengajakan untuk menghormati orang lain.

3. Tidak Mengumpat

Mungkin sebagian kecil orang tua sering tidak sengaja mengumpat tetangga atau orang lain. Coba hindari saja. Karena ini menunjukan qualitas kita dan tentu saja akan membentuk qualitas anak.

4. Sapalah Orang Yang Lebih Tua

Ini adalah bentuk etika anak terhadap yang lebih tua. Ajarkan itu supaya bisa lebih menghormati orang tua. Bisa dengan ucapan Assalamualaikum, atau selamat pagi, atau hai papah, hai mamah, hai tante dan lain - lain.

5. Meminta Maaf Jika Berbuat Salah

Tentu saja sebagai bentuk pertanggung jawaban saat berbuat salah anak harus diajarkan meminta maaf. Sebagai orang tua juga harus mencontohkan jika berbuat salah pada anak ya harus minta maaf. Misalkan tidak sengaja menghilangkan mainanya, menghilangkan bukunya dan lain - lain.

Minta maaf ini sesungguhnya bentuk pertanggungjawaban saat anak berbuat salah.

6. Ajari Salah Satu Olah Raga

Supaya anak sehat secara pisik, ajari salah satu olahraga. Ajarkan yang sederhana semisal lari, atau bersepeda, sepatu roda. Kegiatan - kegiatan yang menuntuk badanya bergerak. Tujuannya supaya badan anak menjadi sehat.

7. Jangan Mengambil Barang Milik Orang Lain

Ini penting walapun barang itu sangat sederhana dan dianggap sepele jangan biarkan anak mengambil barang yang bukan miliknya. Gunakan atau pakai atau bawa barang - barang milik sendiri apapun itu.

Misalkan ketika akan pergi bermain usahankan dan pastikan membawa barang - barang miliknysa aja.

Nah ituh itulah 7 Etika Dasar Yang Harus Diajarkan Ke Anak. Cukup simple bukan semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Silahkan simak disini

4 komentar untuk "Inilah 7 Etika Dasar Yang Harus Diajarkan Ke Anak"

  1. Iya mas..dari hal-hal seperti itu di tanamkan dan di ajarkan pada anak"supaya mereka terbiasa ...tapi kita juga sebagai ortu harus beri contoh juga jangan nyuruh anak tapi ortunya beda lagi😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat betul sekali jika contoh itu sangat diutamakan

      Hapus
  2. Nanti saya terapkan ke anak saya kalau nanti udah punya istri wkwkwk :v

    BalasHapus