Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Impian Kami

Ngobrol Usaha

Sabtu pada beberapa bulan lalu, saya bersama Every dan Adam berkumpul membicarakan sebuah bisnis impian yang akan kita lakukan bersama. Kami berdiskusi tentang sebuah bisnis yang kira-kira bisa berkembang dengan baik di tempat kami. Berbagai macam analisa kami keluarkan. 

Setelah berdisuki cukup panjang, ada beberapa bisnis yang menjadi usulan bersama diantaranya adalah bisnis bubur ayam, bisnis minuman teh, cafe copy. 

Dari beberapa bisnis tersebut ternyata bubur ayam menjadi yang paling kuat kami usulkan. Mengapa menjadi yang paling terkuat karena di kami masih sedikit sekali bahkan mungkin hanya ada satu tempat yang menjual bubur namun penggemarnya sangat banyak. 

Selanjutnya kami berbicara terkait dengan bubur apa yang akan kami jual. 
Dan ternyata every memiliki ramuan atau memiliki resep terkait dengan bubur. Resep rahasia keluarga besar.

Ngobrol Bareng


Mencoba Resep

Nah setelah setelah menentukan resep buburnya, maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencoba resep tersebut dan dites kepada teman-teman yang ada, apakah suka atau tidak dengan resep tersebut.
Jika komentar teman-teman banyak yang suka maka resep akan digunakan.

Ujicobapun dilakukan kepada teman - teman terdekat, memang tidak banyak karena porsi yang terbatas dan teman juga terbatas. 
Hasil komentar dari teman - teman dekat agak kurang puas sih, karena mereka semuanya mengatakan enak tanpa ada embel - embel untuk menunjang keberhasilan bisnis. Mungkin seperti enak tapi kalo penyajiannya seperti ini percuma. Mereka semua tidak ada yang kontra, sebetulnya kurang suka kami.

Tapi mau tidak mau karena sudah menjadi keputusan bersama berdasarkan penilaian teman - teman terdekat ini, akhirnya kami memberanikan diri untuk membuka bisnis tersebut.

Tentu saja tidak hanya menunya yang kami suguhkan, tapi tampilan dari menu coba kami setting sibisa kami, supaya menarik untuk dipamerkan melalui media sosial. Tidak hanya itu tempat makanpun coba kami setting supaya menraik untuk dipamerkan. 

Prinsip kami saat ini adalah tidak sekedar makan tapi sekalian buat pamer. Utulah yang ada dalam benak kami. hehe...he..he..

Pelaksanaanya

Satu hari, dua hari, satu minggu dua minggu, bisnis berjalan tampak hanya teman kami yang sengaja di undang yang datang, ditambah dengan beberapa pelanggan baru. Gumam kami ini sepertinya ada yang kurang tepat.

Hasil diskusi bersama kami menyimpulkan, mode pamer belum berjalan dengan baik. 

Berbekal keputusan ini coba kami berbagi dengan para pengunjung yang sudah berkali kali datang dan baru datang. Yaitu dengan cara berfoto dengan menu yang dipesan dan kemudian disebar dimedia sosial pribadi dan tentu saja kami gratiskan atau diskon menu tertentu. Tentu saja kami hitung terlebih dahulu. Coba kami jalankan cara ini diakhir pekan sabtu dan minggu.

Berjalan selama 1 bulan, 2 bulan, alhamdulilah pengunjung mulai berbeda, tempak orang baru duduk dan berfoto.
Share secara sukarela tanpa embel - embel menu gratispun banyak terjadi. Mereka merasa puas dengan makanannya dan tampilan dan suasananya.
Hingga sudah berjalan cukup lama kami hilangkan saja embel - embel gratis share dimedsos. Alhmdulillah pengunjung berdatangan.

Tantangan kami

Tantangan terbesar yang kami rasakan adalah tetap menjaga semuanya seperti sediakala. Maksudnya adalah menjaga rasa tidak berubah dari awal sampai kapanpun, tampilan menu tidak berubah untuk menu yang sama, suasana tempat makan yang tetap menarik, Karena seiring waktu tentu saja ada yang rusak dan harus segera diperbaiki.

Traget lain kami selanjutnya adalah harus ada variasi menu baru supaya tidak bosan targetnya 3 bulanan.

Terimaksih Kepada

Tentu saja dalam menjalankan semua ini banyak yang membantu dan banyak jasa yang belum tentu bisa kami balas. Diantarnya pak Abidin seorang yang membantu membuat jadi nyata design yang kami buat dan menjaganya supaya tetap rapih dan terawat, tetap indah terlihat dan tetap indah saat difoto. Apalagi beliau bisa kami panggil kapan saja tanpa tahu waktu yang pasting pas tidak ada kerjaan beliaunnya. 

Teman - teman semua yang sudah mau membantu baik lahir atapun batin, mohon maaf kalo gratisan. he.he.he. Traktirlah bulanan.

Yutap si aplikasi kasir restoran yang sangat membantu kami dalam mengelola data usaha kami. Selain itu yutap merupakan aplikasi kasir gratis yang sangat bisa diandalkan.

Tentu saja yang tidak boleh ditinggal adalah Alloh SWT yang sudah memberikan jalan nafkah yang baik. aamiin.

Mudah - mudahan semuanya berjalan terus dan terus berjalan dengan lancar. aamiin.

Sementara itu saja kisah kami semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Usaha Impian Kami"