Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sih Asuransi Jiwa Itu?

Assalamualaikum sahabat sekalian.

Kali ini saya ingin sedikit memberikan sebuah gambaran sederhana tentang asuransi, terhusus asuransi jiwa. Apasih Asuransi Jiwa itu dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan asuransi jiwa tersebut.

Ok supaya tidak panjang lebar saya mulai saja.



Apa Sih Asuransi Jiwa Itu?

Dari berbagai sumber coba saya rangkum mengenai pengertian asuransi jiwa ini, inti dari asuransi jiwa itu adalah sebagai suatu jaminan kerugian financial yang dibarikan atas risiko tiba - tibanya seseorang meninggal atau risiko terlalu panjangnya usia seseorang sehingga tidak bisa melakukan apa-apa.

Maksunya begini jika sesorang yang memiliki tanggungan seperti anak, istri dan lain - lain atau dengan kata lain tulang punggung keluarga tiba - tiba saja meninggal dunia, maka pembiayaan akan diserahkan kepada pihak asuransi sebagaimana perjanjian dengan pihak asuransi.

Atau

Jika sesorang yang memiliki tanggungan seperti anak, istri dan lain - lain tersebut atau dengan kata lain adalah seorang tulang punggung keluarga yang kemudian hidup sangat panjang atau panjang umur hingga sampai tua dan bisa jadi kekutan fisik atau kesempatan untuk mendapatkan penghasilan berkurang atau bahkan hilang, maka dalam hal ini pihak asuransi menanggung nafkah atas tanggungannya tersebut sebagaimana perjanjian dengan pihak asuransi.

Nah itulah pengertian tentang asuransi jiwa yang bisa saya kumpulkan disini.

Selanjutnya.

Apa Manfaat Asuransi Jiwa?

Hal yang sangat penting untuk diketahui sebelum kita memiliki asuransi adalah manfaat asuransi itu sendiri. Termasuk dalam hal ini adalah manfaat asuransi jiwa.

Apa sih manfaat asuransi jiwa?

Kembali saya coba rangkum dari berbagai sumber apa saja manfaatnya.

Ada setidaknya 2 hal yang perlu diperhatikan


1. Tergantung Produk Asuransi Mana yang digunakan

Maksudnya bagaimana?

Setiap produsen asuransi memiliki perpaduan manfaat atau keuntungan bagi konsumen yang berbeda - beda. Semisal selain keuntungan jaminan saat meninggal atau saat sudah tua dan tidak bisa bekerja, keuntungan lebihnya adalah memberikan kembali premi lebih besar dari uang yang anda investasikan setelah sekian lama membayar premi dan lain - lian. 

Atau bisa jadi uang premi kembali utuh kepada anda jika dalam satuan waktu tidak terjadi apa - apa pada anda.

dan lain - lian sangat bervariasi.

2. Jika ada produk Asuransi Jiwa Yang Custom atau khusus maka harus ditanyakan Saja

Maksudanya bagaimana?

Jadi begini, produk asuransi dari setiap produsen asuransi belum tentu seperti apa yang kita inginkan. Nah coba deh tanyakan ada tidak yang sesuai dengan keinginan kita.
Jika memang produsen asuransi tersebut bisa membantu jungan lupa dibuat kontraknya supaya kita tidak mendapatkan kerugian atau tipuan dari konsumen asuransi.

Namun biasanya apa yang kita mau sudah ada pada produk asuransi tertentu.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan manfaat dari asuransi jiwa itu adalah memberikan jaminan kepada kita dan tanggungan kita ketika kita sudah tidak bisa melakukan apa - apa atau saat kita sudah meninggal nanti serta memberikan uang yang lebih banyak daripada uang yang kita investasikan ketika batas waktu tertentu yang disepakati terpenuhi. 

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikumwarohmatullohi wabarokaatuh.

Posting Komentar untuk "Apa Sih Asuransi Jiwa Itu?"