4 Destinasi Wisata Alam Kediri untuk Kamu yang Hobi Eksplorasi

Sumber gambar : viva.co.id
Wisata alam adalah salah satu hal yang menyenangkan. Setelah menghabiskan hari-hari dengan rutinitas yang cukup membuat penat, kembali ke natur jadi salah satu kegiatan yang bisa membuat pikiran dan tenaga kembali segar. Di empat tempat wisata di Kediri ini misalnya, kamu bisa seru-seruan bersama sahabat dan mengabadikan momen terbaik dengan pemandangan yang menakjubkan.

Air Terjun Dolo

Dari pusat kota, kamu perlu menempuh sekitar 25 km untuk mencapai lokasi ini. Tepatnya, Air Terjun Dolo berada di Dusun besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Ketinggian air terjun yang berada di lereng kaki Gunung Wilis ini memiliki total ketinggian sekitar 125 meter. Keunikannya adalah bentuk bebatuannya yang berundak-undak sehingga membuat aliran airnya pun terlihat demikian.

Namun yang perlu diingat, akses untuk mencapai air terjun ini cukup menantang. Kamu akan menuruni ratusan anak tangga, yang artinya untuk kembali ke posisi awal pun harus kembali menaiki anak tangga dengan jumlah yang hampir mencapai seribu. Ready for it?

Wisata Gunung Kelud

Ingin menikmati cantiknya alam pegunungan tanpa harus repot-repot mendaki? Di Gunung Kelud, kamu yang tidak doyan dengan pendakian bisa saja ikut menyaksikan kerennya bagian alam nusantara ini.

Gunung Kelud sendiri membentang di tiga kabupaten/kota yang berbeda, yakni Kediri, Blitar, dan Malang. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia, seperti Gunung Merapi di Jawa Tengah. Bahkan menurut catatan, sejak tahun 1.000 Masehi, gunung ini sudah meletus lebih dari 30 kali dengan letusan akhir pada 2014 lalu.

Atraksi utama dari Kelud adalah kubah lavanya. Namun selain menyaksikan eksotisme tersebut dari menara pandang, kamu juga bisa mencoba beragam fasilitas lainnya yang tersedia di sini. Pengelola menyediakan sarana pemandian air panas, flying fox, dan jalur panjat tebing.

Gua Selomangleng

Kalau kamu suka dengan wisata alam yang masih berkaitan dengan sejarah dan ehm, mitos, jangan lewatkan kunjungan ke Gua Selomangleng. Walau sepintas bangunan ini tidak terlalu menarik, tetapi bebatuan andesit yang kukuh ini menyimpan cerita dan keunikan tersendiri.

Di bagian dalamnya, kamu tidak akan menemukan stalagmit maupun stalagtit. Sebagai gantinya, di lorong gua yang panjang, kamu akan menemukan relief pada bagian dindingnya. Mengingat minimnya penerangan, pastikan kamu membawa senter atau penerangan lainnya.

Konon, Gua Selomangleng merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci, putri mahkota Raja Airlangga. Snag putri menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya dan justru lebih memilih untuk menjauhkan diri dari kehidupan duniawi dengan cara bertapa.

Bukit Ongakan

Satu lagi tempat wisata di Kediri yang akan membuatmu betah berlama-lama adalah Bukit Ongakan. Dari ketinggian ini, kamu bisa menemukan keheningan dan kesejukan yang susah didapat di kota.
Akses menuju Bukit Ongakan tidak mudah dan cukup menantang. Kamu akan memasuki hutan-hutan dengan jalan yang hanya cukup dilalui dengan 1 motor saja. Setelah melalui hutan pinus yang mati akibat letusan Gunung Kelud beberapa tahun lalu, kamu akan melalui Bukit Kura-Kura.

Meski begitu, hadiah yang akan kamu dapat atas perjalanan ini cukup memuaskan. Selain hanya sekadar relaksasi, kamu juga akan puas berfoto di spot keren ini.

Sebagai informasi saja empat tempat wisata alam di Kediri ini tidak hanya bagus, tetapi juga sangat murah, lho! Paling mahal, kamu perlu mempersiapkan uang sebesar Rp10.000,00 saja. Harga yang sangat bersahabat, kan?

Selain itu, kamu juga bisa menemukan hotel murah di Kediri untuk akomodasi yang tidak akan menguras kantong. Di Airy Rooms, kamu juga tidak perlu khawatir untuk beristirahat dengan nyaman. Selain tarif menginap yang hemat dan pemesanan yang mudah, kamu juga akan mendapatkan tujuh kenyamanan fasilitas menginap, lho!

Yuk, buat pengalaman eksplorasi Kediri yang menyenangkan bersama Airy!

Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "4 Destinasi Wisata Alam Kediri untuk Kamu yang Hobi Eksplorasi"

Posting Komentar