Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hebat Meskipun Dijajah Selama 3.5 Abad, Masih Ada Yang Jadi Pahlawan Bagi Penjajah

Masrozakdotcom baca berita, kali ini berita yang dibaca membuat harus bisa membuat kita bangga terhadap pelajaran moral, yaitu pelajaran agar tidak memiliki rasa dendan.
Di Belanda di negeri yang menurut sejarah telah menjajah Indonesia selama tiga setengah abad lamanya tercatat sebuah nama pahlawan yang berasal dari Indonesia.
Luarbiasa hebatnya masyarakat indonesia, Meskipun Dijajah Selama 3.5 Abad Indonesia Tidak Dendan bahkan menjadi pehlawan di negeri penjajah.

Siapakah yang dinobatkan menjadi pahlawan itu?
Dan kenapa menjadi pahlawan bagi Beanda ?

Kedua pertanyaan itu muncul pada benak masrozakdotcom dan akhirnya terjawab meski secara singkat.

Okeh berikut adalah kisahnya.


Siapakah Orang Indonesia Yang Menjadi Pahlawan Bagi Belanda?


Informasi ini muncul dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Laiden yang telah mengeluarkan keterangan resmi pada tangal 5 Mei 2016. Keterangan itu muncul setelah acara peringatan Dodenherdenking di Leiden, Belanda.
Beginilah bunyi keterangan PPI Laiden seperti di tulis nasional.kompas.com. "Pemerintah Kota Leiden, Belanda, menganugerahkan gelar pahlawan kebebasan kepada Irawan Soejono (1920-1945). Gelar tersebut diberikan oleh Wali Kota Leiden di Pieterskerk pada Rabu, 4 Mei silam atau 71 tahun setelah gugurnya beliau."

Jadi orang yang menjadi pahlawan bagi Belanda itu adalah Irawan Soejono (1920-1945) masih sangat muda sekali.

Pertanyaan selanjutnya adalalah kenapa bisa jadi pahlawan bagi Belanda?

Kenapa Irawan Soejono Menjadi Pahlawan bagi Belanda?

Gelar pahlawan bukanlah gelar sebarangan mesti ada jasa yang sangat besar sekali yang di telah di lakukannya sampai mengorbankan dirinya.
Lalu apa yang di lakukan oleh Irawan Soejono sampai -sampai beliau di anugrahi Pahlawan Oleh Belanda?

Jadi pada jaman dahulu kala Irawan Soejono adalah anggota dari Perhimpunan Indonesia yang sekarang jadi Perhimpunan Pelajar Indonesia Leiden yang melakukan perlawanan terhadap tentara Nazi Jerman yang menyadari bahaya fasisme bagi perjuangan bangsa Indonesia.
Menurut Irawan Soejono kala itu lebih mudah membebaskan diri dari penjajahan Belanda yang sudah ratusan tahun daripada bebas dari nazi Jerman.
Namun kala itu saat terjadi sebauh razia oleh Jerman timah panas menembus kepala Irawan Soejono sehingga gugur saat usia masih cukup mudah.

Nah jadi itulah siapa dan kenapa menjadi pahlawan bagi Belanda.
Irawan Soejono lah yang telah bejasa membantu perlawanan pasukan Naji Jerman kala itu yang kemudian gugur di tembus peluru pada saat terjadi razia dari tentara Jerman.

Demikian  Hebatnya bangsa ini Meskipun Dijajah Selama 3 Abad Indonesia Tidak Dendan bahkan menjadi pahlawan bagi negeri yang telah menjajah kita.

Posting Komentar untuk "Hebat Meskipun Dijajah Selama 3.5 Abad, Masih Ada Yang Jadi Pahlawan Bagi Penjajah"