Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Tata Cara Wudlu

PENDAHULUAN

Hukum asal wudlu adalah sunah namun akan menjadi wajib hukumnya ketika seseorang akan melakukan sholat. Untuk itulah masrozak.com ingin berbagi tentang Panduan Tata Cara Wudlu. Bagi yang sudah mengetahui tata cara wudu ini sama - sama kita belajar dan mohon untuk saling koreksi dan bagi yang sedang belajar silahkan bisa diikuti Panduan Tata Cara Wudlu berikut ini.

Silahkan bisa di baca juga panduan solat pada Artikel Berikut Panduan Gerakan Sholat dan Bacaannya di lengkapi dengan gambar.


PENEGERTIAN WUDLU


Menurut bahasa wudlu atau sering di tulis juga dengan kata wudu atau wudhu adalah indah bersih. Sedangkan menurut syara' wudlu berarti membersihkan muka, kedua tangan, kepala, kedua kaki dari hadast kecil.

Ketentuan atau dasar berwudlu adalah sebagai berikut :


Artinya :
"Hai Orang - orang yang beriman! jika kamu akan melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku, lalu sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai mata kaki"
QS Al Maidah Ayat 6



Artinya :
Rosululloha SAW bersabda : Alloh tidak akan menerima sholat salah seorang diantara kalian bila ia mempunyai hadast kecuali ia berwudlu terlebih dahulu (HR Bukhori dan muslim, Abu dawud dan Turmuzi)


KEISTIMEWAAN WUDLU


Ada suatu hadist yang cukup panjang untuk masalah keistimewaan wudlu ini, yaitu artinya sebagai berikut ini :
Bila seorang hamba berwudlu lalu berkumur - kumur, maka keluarlah dosa - dosa dari mulutnya, jika ia memebrsihkan hidung, maka dosa - dosanya akan keluar dari hidungnya, begitu pula tatkala membasuh muka, maka dosa - dosanya akan keluar dari mukanya sampai dari bawah pinggir kelopak matanya.
Jika ia membasuh kedua tangan, maka dosa - dosanya akan keluar dari kedua tangannya sampai dari bawah kukunya, demikian pula halnya bila ia menyapu kepala, maka dosa - dosanya akan keluar dari kepala bahkan dari kedua telinganya.
Begitu pula ketika ia membasuh kedua kaki, maka keluarlah dosa - dosa tersebut. Kemudian tinggalah perjalanannya kemesjid dan sholatnya menjadi pahala yang bersih baginya. (HR Malik, Nasa'i, Ubnu Majah dan Hakim)

Dari hadist itulah kita bisa mengetahui keistimewaan wudlu yaitu dapat mengugurkan dosa - dosa kita pada anggota wudlu tersebut.


RUKUN WUDLU

Adapun ruku - rukun atau langkah - langkah megerjakan wudlu adalah sebagai berikut,

1. Niat

Hendaklah segala sesuatu itu diawali dengan niat, karena perbuatan itu tergantung pada niatnya.

2. Memabasuh Muka

Membasuh muka yaitu dari puncak kening sampai dagu, dari pinggir telinga kanan sampai pinggir telinga kiri..

3. Membasuh kedua tangan sampai siku

Membasuh kedua tangan sampai siku dahulukan tangan kanan kemudian tangan kiri. Cara membasuhnya adalah mengalirkan air dari telapak tangan sampai jatuh di bagian siku.

4. Membasuh Rambut Kepala

Cara membasuhnya cukup di usapkan saja pada rambut dimulai dari bagian depan kemudian kebelakan dan balik lagi ke depan.
Perlu di perhatikan Yang di basuh bukan rambut bagian depan saja..

5. Membasuk Kaki

Yang di maksud membasuh kaki disini adalah membasuk kaki sampai mata kaki. Perlu diperhatikan yang di basuh bukan lutu, kenapa demikian karena sebagain anak - anak yang sedang belajar seringnya mambasuh bagian lututnya. Bukan kakinya.

6. Tertib

Artinya adalah melakukan wudlu sesuai urutannya. Tidak boleh meloncat - locat atau kebalik - balik. Misalakan kaki dulu terus kumur - kumur. Nah hal tersebut adalah tidak bioleh tidak syah wudlunya.



SUNAH WUDLU

Nah selain dari ruku yang sudah di sebutkan maka dalam wudlu juga ada sunah yang baik untuk dilakukan, yaitu sebagai berikut :

1. Membaca Bismillahirrohmanirrohiim pada permulaan wudlu
2. Mencuci telapak tangan sampai pergelangan tangan
3. Bersiwak atau mengosok gigi
4. Berkumur - kumur tiga kali
5. Memasukan air kelubang hidung kemudian mengeluarkannya lagi sebanyak 3 kali,
6. Menyilang - nyilang jenggot
7. Menyilang - nyilang jari jemari
8. Mendahulukan anggota kanan daripada yang kiri
9. Menyapu kedua telinga luar dan dalam
10. Membasuh tiga kali pada anggota wudlu
11. Melebihkan membasuh anggota wudlu
12. Membaca doa setelah wudlu.


PRAKTEK WUDLU


Setelah mengetahui rukun dan sunahnya, ada baiknya mempraktekan bagaimana cara berwudlu itu sendiri. Berikut praktek wudlu dengan gambar, perhatikan juga rukun dan sunah diatas tadi. Penting untuk diingat sebelum berwudlu bersihkan terlebih dahulu najis - najis yang menempel pada tubuh dan pakaian kita.

1. Membaca Bismillahirrrohmanirrohim, sambil beniat,  sambil mecuci telapak tangan sambil menyilang - nyilang jari tangan sampai pergelangan tangan.



 2.  Berkumur - kumur tiga kali sambil memasukan air kedalam hidung dan mengeluarkannya lagi.

 
3. Membasuh muka meratakan basuhan muka mulai atas kening sampai dagu dan dari telinga kanan sampai ke telinga kiri.



4. Membasuh kedua tangan sampai siku


5. Membasuh atau mengusap rambut. Dari depan kebelakanng kemudian kedepan lagi. Ibu jadi berada di telinga.


6. Membasuh Telinga. Setelah mengusap rambut kemudian di lanjutkan dengan mambasuh kedua telinga. Bagian telunjuk di lubang telinga dan jempol mangusap - usap bagian balakang telinga.
 

7. Membasuh kaki sampai mata kaki.





8. Berdoa menghadap kiblat.



Artinya :
Aku bersaksi bahwa tiadak ada tuhan yang wajib di sembah melainkan Alloh dan tidak ada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Alloh jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang -orang yang sholeh.



HAL YANG MEMBATALKAN WUDLU


Tidak lengkap rasanya setelah membahasa rukun sudah dan prakateknya jika tidak di sajikan hal - hal yang dapat membatalkan wudlu. Nah berikut adalah hal - hal yang dapat membatalkan wudlu.

1.  Keluarnya sesyatu dari arah kubul dan dubur.

Sebagai contoh adalah berak, kecing, kentut. Nah semua itu membatalkan wudlu yang sudah di kerjakan. Jika hal itu terjadi maka berwudu kemabalilah jika akan melakukan sholat

2. Hilang Akal.


Hilang akal ini seperti jadi gila, pingsan, mabuk.

3. Tidur

Jika tertidur dengan lelap dan mengeletakan badan atau rebah badan. Atau badan tersandar.

4. Menyentuh kemaluan


Menyentuh disini baik menyetuh sedikit ataupun banyak baik dengan tangan atapun dengan ujung jari.


5. Berhubungan Suami Istri

Ketika berhubungan suami istri maka batalah wudlunya.


Demikian Pembahasan tentang Panduan Tata Cara Wudlu dan hal yang berkaitan seputar wudlu mudah - mudahan penuh manfaatnya. aamiin.

Silahkan bisa dibagaikan jika dirasa bermanfaat. Tekan saja Tombol bagikan di sebelah kiri.

Hal lain yang mungkin bermanfaat Panduan Sholat Lengkap Dengan Gambar dan Doanya


Sumber Rujukan :
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah - Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan

Posting Komentar untuk "Panduan Tata Cara Wudlu"