Melihat Miniatur Raja Ampat di Riau


Source: Wisata Lengkap.co

Siapa yang tidak ingin pergi ke Raja Ampat Papua dan berfoto di Wayag dengan latar pulau-pulau karang yang cantik? Tentu saja semua traveller pasti akan sulit menolak kalau dapat ajakan ke Raja Ampat. Sayangnya, pergi ke kepualauan yang ada di bagian barat Papua itu sangat sulit. Selain jaraknya yang teramat jauh dari Jakarta, ongkos ke Raja Ampat pun tergolong sangat mahal. Makanya, banyak traveller yang harus menunda mimpinya untuk pergi ke kawasan dengan hamparan koral terbaik di dunia itu.

Tapi sebenarnya, jika Raja Ampat terasa terlalu jauh dan mahal, kamu bisa pergi ke pulau Labengki di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Di sana terdapat sebuah spot dengan pemandangan yang cukup mirip dengan yang ada di Wayag. Lalu, bagaimana kalau ternyata pulau Labengki masih sulit terjangkau oleh kamu yang ada di pulau Jawa dan Sumatra? Jawabannya, cukup datang ke provinsi Riau di pulau Sumatra.

Di Riau, ada sebuah tempat wisata yang sedang hits bernama Ulo Kasok yang berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar. Di tempat ini, kamu bisa berfoto dari sebuah bukit dengan pemandangan yang cukup mirip seperti yang ada di Wayag, Raja Ampat berupa perairan yang tenang dan hijau serta gugusan pulau-pulau ditengahnya yang ditumbuhi vegetasi hijau. Saking miripnya pemandangan yang ada di Ulo Kasok ini dengan pemandangan yang ada di Raja Ampat, para wisatawan yang pernah berkunjung ke sana pun berani melabeli tempat ini dengan julukan ‘miniatur Raja Ampat dari Kampar’.

Kondisi Ulo Kasok yang mirip dengan Raja Ampat pun dimanfaatkan para pengunjung untuk memposting sebuah foto yang seolah sedang berada di Wajag di akun media sosial mereka. Hasilnya, tempat ini pun menjadi viral.

Namun tahukah kamu, sebenarnya Ulo Kasok bukanlah sebuah lautan, melainkan sebuah perairan atau bendungan yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Koto Panjang. Jadi, kamu tidak akan bisa menemukan koral-koral indah seperti yang dimiliki oleh kepulauan Raja Ampat. Kemiripan Ulo Kasok dengan Raja Ampat hanya terletak di permukaan saja.

Meskipun begitu, tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat ini. Meskipun bukan lautan, pemandangan miniatur Raja Ampat dari Riau ini sangat menakjubkan. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat warna hijau yang asri dan sejuk. Soalnya hutan di sekitar bendungan ini masih cukup terjaga.

Untuk melihat keindahan miniatur Raja Ampat dari Riau ini, pengunjung harus menaiki bukit terlebih dahulu karena pemandangan di dataran yang lebih rendah tidak semirip pemandangan yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Biasanya, puncak bukit tersebut selalu dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto dengan pemandangan Raja Ampat mini setiap harinya. Ini karena banyak orang yang penasaran untuk melihat seperti apa sih keindahan Raja Ampat yang merupakan tempat impian para traveller dari Indonesia yang terpresentasikan di Ulo Kasok ini.
For Your Information, puncak bukit yang kini jadi spot favorit para wisatawan di Ulo Kasok ini dulunya hanya semak belukar. Pemilik lahan pun sampai tidak menyangkan kalau tanahnya akan diserbu banyak wisatawan. Namun, pemilik lahan tersebut secara ramah akan selalu mempersilakan siapapun yang ingin naik ke puncak bukit untuk melihat keindahan Ulo Kasok.

Menariknya, Ulo kasok ini bukan hanya bisa dinikmati dari puncak bukit saja. Pengunjung pun bisa menyewa perahu untuk pergi ke pulau-pulau kecil yang ada di tengah bendungan atau memancing dari atas perahu tersebut. Selain itu, di sana juga terdapat air terjun yang masih baik, sejuk, dan alami.

Hebatnya lagi, keindahan yang ada di Ulo kasok ini bisa dinikmati hanya dengan membayar uang sebesar Rp 10 ribu. Harga ini tentu belum termasuk biaya lain-lain seperti penyewaan gubuk untuk istirahat. Namun meskipun ada biaya tambahan, harga yang harus kamu bayarkan tetap jauh lebih murah dibanding panorama yang tersaji di sana.

Maka dari itu, Olo kasok pun menjadi tempat yang sangat berpengaruh bagi pariwisata Riau. Sejak Ulo Kasok ini viral di media sosial, pariwisata di Riau pun kembali bergairah. Bahkan, Olo Kasok berhasil memecahkan rekor pariwisata Riau dengan mendapapt jumlah kunjungan lebih dari 100 ribu orang pasca hari Raya Idul Fitiri tahun 2017 lalu.

Jadi untuk kamu yang ada di Riau dan sekitarnya, tidak perlu pergi jauh ke Papua untuk bisa melihat pemandangan indah seperti yanga ada di Wayag. Hanya dengan datang ke Ulo Kasok, sebagian kecil keindahan yang ada di Raja Ampat sudah bisa kamu rasakan.

Sedangkan untuk kamu yang ada di jakarta dan sekitarnya, tinggal kunjungi tempat penjualan tiket pesawat untuk memesan penerbangan ke Riau. Ada banyak maskapai penerbangan dengan harga murah yang bisa kamu pilih seperti Sriwijaya Air. Apalagi kalau kamu mengunjungi situs Reservasi.com, kamu bisa mendapat harga tiket pesawat Sriwijaya Air yang lebih murah.

Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "Melihat Miniatur Raja Ampat di Riau"

Posting Komentar