Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Bocor


Laptop kini menjadi barang elektronik yang paling banyak dipakai setelah smartphone. Baik pelajar maupun pekerja tentu memerlukan barang elektronik ini sebagai penunjang kegiatan sehari-hari. Apalagi laptop lebih praktis untuk digunakan dibanding PC, sebab itulah penggunaan laptop kini tidak hanya sebatas untuk urusan pekerjaan saja. Namu seiring dengan semakin lamanya pemakaian laptop, kadang banyak komponen yang menurun performanya dan akan menghambat kinerja dari laptop itu sendiri. Salah satu komponen yang sering bermasalah adalah baterai.

Baterai merupakan komponen yang vital untuk sebuah laptop karena baterai merupakan sumber daya utama. Meskipun daya baterai terbatas hanya bisa bertahan 2 samapai 4 jam saja namun jika baterai mulai bocor tentu akan merepotkan Anda karena daya tahannya akan berkurang. Apalagi untuk Anda yang aktif bekerja diluar dan selalu memerlukan laptop, jika baterai bocor akan mengakibatkan laptop cepat mati Anda pun akan kerepotan karena harus selalu mencari colokan untuk mengisi daya baterai laptop.

Tapi sebenarnya bagaimana sih ciri-ciri penyebab baterai laptop yang sudah mulai bocor?

Gampang saja untuk mendetksinya, jika baterai laptop Anda cepat berkurang atau boros bisa dipastikan bahwa baterai sudah mulai bocor. Selain itu Anda juga bisa melihatnya dari presentase baterai, jika sudah mulai tidak teratur dan tidak akurat itulah pertanda baterai laptop sudah harus diganti. Namun kebocoran baterai bisa loh dicegah, yuk simak 5 cara merawat baterai laptop berikut agar tidak cepat bocor.


Gunakan Charger Original

Barang yang original tentu lebih unggul dari segi kualitas. Penggunaan charger dengan merk yang original dari laptop merupakan hal yang harus Anda lakukan jika tidak ingin baterai cepat bocor. Karena charger yang original sudah disesuaikan dengan daya baterai sehingga pengisian daya baterai akan lebih cepat dan baterai akan lebih awet. Jika charger original laptop Anda sudah rusak, sebaiknya beli dengan charger laptop yang original juga jangan tergiur dengan charger kw dengan harga yang lebih murah karena charger yang kw bisa merusak baterai laptop Anda

Hentikan Pemakaian saat Baterai 10%

Jika daya baterai tinggal 10% sebaiknya Anda hentikan semua pekerjaan anda dan mulai untuk mengisi baterai. Jangan biarkan baterai sampai kosong karena hal ini pun akan merusak daya tahan baterai. 

Charging Laptop dalam Keadaan Mati

Sebaiknya charging baterai laptop saat dalam keadaan mati karena bisa merawat baterai agar bisa lebih tahan lama. Namun jika laptop sedang Anda gunakan, Anda bisa menunggu terlebih dahulu sampai baterai terisi hingga 30% setelah itu baru bisa Anda gunakan kembali. Jika menggunakan laptop dalam keadaan masih mengisi daya dikhawatirkan akan membuat baterai laptop bocor.

Perhatikan Alas saat Menggunakan Laptop

Jangan menggunakan alas laptop yang terbuat dari kain karena akan menghambat sirkulasi udara laptop dan akan membuat baterai laptop menjadi panas. Sebisa mungkin gunakan lah alas meja ataupun menggunakan cooling pad untuk mendukung pembuangan angina kipas processor.

Cabut Charger saat Sudah Terisi 100%

Segeralah mencabut charger jika pengisian baterai sudah full 100%. Mebiarkan baterai laptop tetap terisi meskipun sudah penuh akan membuat baterai rusak. Anda akan memperpendek jangka waktu umur baterai jika baterai terus-terusan diisi karena akan membuat arus listrik terus mengalir.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat baterai laptop Anda. Jika anda membutuhkan baterai laptop baru,segera kunjungi MatahariMall.com untuk mendapatkan penawaran hemat. Selain baterai, di MatahariMall juga menyediakan beragam komponen laptop lain. Yuk segera kunjungi toko online terlengkap MathariMall.

Langganan Pembahasan Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Bocor"

Posting Komentar