Custom Search

Hindari Kesalahan Ini Saat Menyiapkan Parcel Anak Lebaran



Bukan hanya orang dewasa saja yang bahagia menyambut lebaran. Biasanya anak-anak juga merasa senang ketika akan merayakan lebaran. Apalagi jika anak-anak berkesempatan mendapatkan parcel sebagai hadiah hari raya yang istimewa.
Jika berencana membuat parcel untuk si kecil, maka sebaiknya kita menghindari beberapa kesalahan ini. Agar si kecil semakin memahami makna lebaran dan tak hanya tergiur dengan hadiah parcelnya saja :

 

Memberi Parcel Tanpa Alasan Tertentu

Sebaiknya kita memberikan parcel kepada anak sebagai reward atas keberhasilannya. Misalnya keberhasilan berpuasa satu bulan penuh atau ibadah salat tarawih setiap hari. Dengan demikian, anak-anak akan lebih mudah mempelajari konsep berpuasa dengan benar. Bulan Ramadan bukan hanya menjadi bulan untuk menantikan banyak hadiah dari orang-orang terdekat.

Harga Parcel Terlalu Mahal

Memberi reward berupa parcel lebaran kepada anak-anak memang baik. Tetapi bukan berarti kita harus membeli parcel yang harganya sangat mahal. Siapkan saja parcel sederhana yang sesuai dengan kebutuhan anak. Maka anak-anak pun akan belajar untuk hidup hemat saat memenuhi kebutuhannya.

Isi Parcel yang Tak Sesuai Kebutuhan Anak

Anak-anak pasti senang sekali bila mendapatkan parcel berisi konsol game terbaru atau aneka camilan lezat. Tetapi esensi manfaat parcelnya justru jadi berkurang. Alangkah lebih baik jika anak-anak mendapatkan parcel yang lebih bermanfaat seperti alat tulis atau perlengkapan ibadah.

Tidak Menyertakan Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah berupa tasbih, al-quran, sajadah, mukena, dan peci adalah salah satu pilihan isi terbaik untuk parcel anak lebaran. Karena secara tak langsung parcel tersebut akan mendukung anak untuk rajin beribadah. Ajarkan kepada anak-anak bahwa kita harus beribadah dengan persiapan hati dan diri yang matang. Mengenakan perlengkapan ibadah baru akan memberikan semangat tersendiri bagi anak-anak.

Memberikan Uang Sebagai Isi Parcel

Uang bukanlah pilihan isi yang tepat untuk parcel anak ketika lebaran. Biarkan anak-anak menghargai dan memahami setiap barang yang kita siapkan dalam parcel. Sementara jika ingin memberikan hadiah berupa uang, kita bisa memisahkannya dari parcel. Sehingga anak-anak bisa menghargai pemberian selain uang.

Mulai tahun ini, kita wajib mengajak anak-anak untuk lebih mengenal makna ramadan dan lebaran dengan baik. Agar buah hati kita tumbuh menjadi pribadi berbudi luhur yang peduli terhadap orang-orang terdekat dan sesamannya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Hindari Kesalahan Ini Saat Menyiapkan Parcel Anak Lebaran"