Custom Search

Rahasia Mengatasi Grogi Saat Pidato

Berpidato atau berbicara dihadapan orang banyak tentu bisa membuat kita grogi, gugup, salting ( salah tingkah ) dan sejuta efek gugup lainnya bisa dirasakan.
Namun kita juga sering melihat banyak orang yang dengan mudahnya berbicara tanpa sedikitpun rasa gugup. Contohnya pada saat calon gubernur atau calon lurah berpidato, mereka semuanya nampaknya enjong santai dan mengena.

Ingintahu rahasianya?

Berikut masrozakdotcom berbagi rahasia mengatasi grogi saat berpidato.

Silahkan simak juga Cara Berpidato yang Baik dan Benar

Rahasia Mengatasi Grogi Saat Pidato


Rahasianya adalah terletak pada perasaan kita atau pikiran kita. maksudnya adalah yang membuat kita grogi adalah kita sendiri perasaan kita senidri.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah perasaan apa yang suka bikin grogi?

1. Penilaian yang rendah tentang diri kita sendiri
2. Penilaian yang tinggi terhadap orang lain
3. Perasaan akan dipermalukan orang lain

Itulah ketiga perasaan yang bisa membuat kita gugup.

Lalu harusnya bagaimana?

Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus. Karena uraian selanjutnya adalah tentang itu.

Baiklah cara mengatasinya adalah tidak berpikiran terlalu banyak. Maksudnya adalah tidak memikirkan hal - hal yang belum terjadi.
Seperti orang akan menilai rendah pada pidato kita, orang lain pasti lebih hebat atapun pikiran pasti kita malu deh setelah pidato ini.

STOP ! jangan pikirkan itu. Lakukan apa yang sedang dilakukan. Pidatokan saja apa yang harus dipidatoka tidak bepikir kemana - mana fokus pada apa yang disampaikan saja. Karena itu adalah tujuan kita. Focuk saja pada pidato yang disampaikan.

Jika seseorang yang bebicara sementara pikirannya kemana - maka pasti akan menghasilkan sikap yang berbeda - beda salah satunya adalah gugup.
Orang yang focus pada apa yang sedang dibicarakan dan tujuan dari apa yang ingin dicapai dengan pembicaraanya tersebut maka akan jauh lebih percaya diri dan tidak gugup.
Orag tersebut akan lebih percaya diri dan lebih enjoy bahkan jika yang disampaikannya adalah suatu motivasi dengan penyampaian dan pikiran yang focus pada apa yang disampaikannya, maka orang bisa terbawa dengan kata - katanya.

Lain hal jika yang disampaikannya adalah motivasi sementara yang menyampaikan tidak percaya diri. Hal ini bisa jadi sayur tanpa garam.
Menyampaikan motivasi tapi tidak semangat.

Inilah rahasia supaya tidak grogi saat berpidato, yaitu focus pada apa yang sedang dilakukan tidak berpikiran yang lain - lain, focus pada apa yang sedang disampaikan dan tujuan apa yang hendak dicapai dengan pidato kita.

Demikian semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Mengatasi Grogi Saat Pidato"

Posting Komentar