Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 4 Gejala dan Penyebab Alergi Anak Sejak Dini

Jenis alergi yang akan dialami oleh anak-anak lumayan beragam, mulai dari alergi kulit, udara, sampai makanan. Inilah mengapa orangtua perlu memberi perhatian kepada buah hati sejak lahir sampai menginjak usia sekolah. Sebab pada masa ini anak rentan sekali dengan serangan alergi dan penyebab alergi susu sapi yang beragam. Jika tidak diamati maka Kita sendiri akan bingung mengetahui anak memiliki alergen apa, sehingga bisa terancam alergi setiap saat.

Apa Saja Penyebab Alergi? 


Penyebab alergi yang terjadi pada anak-anak bisa disebabkan oleh banyak hal, namun kemungkinan besar dipicu faktor genetik. Misal orangtua atau keluarga dari salah satu pihak keluarga memiliki alergi pada suatu jenis makanan. Maka buah hati kemungkinan besar juga akan mengalami alergi serupa, sehingga jika ada riwayat alergi dalam keluarga. Ada baiknya berhati-hati dalam memperkenalkan makanan penyebab alergi tersebut, jika memang tidak terjadi reaksi alergi. Pemberian makanan tertentu tersebut bisa dilanjutkan namun jika sebaliknya maka wajib dihindari.


Gejala Terjadinya Alergi


Munculnya alergi akan memperlihatkan beberapa gejala umum, ada baiknya orangtua menyadarinya supaya bisa memberi pertolongan sejak dini. Adapun gejala umum yang dimaksud antara lain:

1. Terjadinya pembengkakan pada kulit, ataupun bagian tubuh lain misal bibir, kelopak mata, telapak tangan dan kaki, dan sebagainya.
2. Anak akan muntah tanpa sebab jelas padahal mengkonsumsi makanan bersih dan sehat kemudian berlanjut kepada diare.
3. Munculnya rasa gatal di kulit yang kemudian membuat kulit kemerahan dan teriritasi.
4. Kesulitan untuk bernafas dan bisa memicu pingsan.

Pahami dengan baik gejala terjadinya alergi, sebab beberapa orangtua terlambat untuk menyadarinya sehingga resikonya lebih buruk. Beberapa anak yang alergi dan terlambat mendapatkan pertolongan akan dirawat di rumah sakit atau yang lebih buruk bisa meninggal. Sejak dini ketika anak di usia bayi setiap orangtua perlu cermat dalam memberikan asupan makanan. Kenalkan makanan bernutrisi secara bertatap supaya mencegah alergi dan resikonya. Penuhi nutrisi anak dengan Susu SGM khusus anak yang membantu menghindari penyebab alergi pada anak sekaligus mendukung masa pertumbuhan anak.

Posting Komentar untuk "Kenali 4 Gejala dan Penyebab Alergi Anak Sejak Dini"