Custom Search

8 Tips Mengatasi Deman Panggung

Pertama yang perlu diketahui adalah demam panggung atau gugup nervous itu akan selalu ada sebelum seseorang itu tampil.
Percaya atau tidak itu selalu ada bahkan pada orang yang sudah sangat lihai sekalipun. Tinggal permasaahannya adalah perasaan gugup nervous itu yang menguasa kita atau kita yang menguasai persaan gugup nervous.

Nah pada kesempatan kali ini masrozakdotcom ingin berbagi cara mengatasinya atau cara menguasai perasaan gugup nervous dalam 8 tips.

Masrozakdotcom akan mulai secara terbalik dari nomor 8 ke nomor satu. Baiklah supaya tidak terlalu panjang berikut tipsnya


8 Tips Mengatasi Deman Panggung

8. Perbanyak Jam terbang

Ketika pertama kali anda berbicara di depan orang banyak, entah itu pidato, pembawa acara atau sekedar mengumumkan sesuatu bisa jadi anda gugup apalagi jika anda baru pertama kali.
Namun anda akan melihat bagi siapa saja yang sudah terbiasa memberikan pegumuman mereka nampaknya tidak gugup. Mereka lagsung saja membacakan.

Untuk itulah maka perbanyaklah jam terbang atau terus saja lakukan bicara dihadapan orang. Terserah acaranya apa saja yang penting jangan acara ngajak rusuh.
Bisa jadi pembawa acara yasinan, pembawa acara sunatan atau forum dalam rumah kemudian meningkat ke forum rt, rw jika ada kesempatan dalam forum umum ikuti saja. Dengan banyaknya jam terbang perasaan nervous akan mengecil.

7. Jangan Mikikan Diri Sendiri Tapi Fokus Pada Karya

Maksudnya seperti ini. Apabila kita akan berbicara atau berpidato dihadapan orang banyak kita malah berpikir seperti ini " Aduh gimana ya lipstik saya pas ga". " Gimana ya baju saya cocok engga"
"Gimana ya........"
Hal teknis seperti itu cukup disiapkan sebelumnya saat ini anda cukup fokus saja pada karya atau hal ayang akan dibicarakan atau yang akan anda tampilkan.
Jika yang ingin dibicarakannya tentang bunga melati fokus saja pada materi bunga melati jangan lagi mikikan baju saya tidak bergambar bunga melati dan lain - lain

Jadi pada poin ke 7 ini yang bisa mengurangi rasa nervous adalah fokus saja pada karya


6. Pasang Postur Kemenangan

Sebelum kegiatan dimulai maka pasanglah badan anda tegap. Tidak layu atau tidak loyo. Semangatlah.
Dengan memposisikan badan seperti itu secara spikologi akan lebih menyiapkan jiwa kita untuk tempur.

Silahkan simak juga cara mengatasi minder

5. Hilangkan Asumsi Pada Audiens

Biasanya orang yang ingin berbicara dihadapan orang lain terlintas pikiran " aduh gimana yan audiensnya suka engga ya dengan saya"
"aaduh gimana ya penontonnya ramah engga ya"

Stop berpikir seperti itu !
Kembali lagi fokus saja pada yang akan kita bawakan atau pada karya kita yang ingin di tunjukan.

Karena apa yang kita pikirkan tentang bagaimana audiens belum tentu kebenarannya. Nikmati saja semuanya.

4. Anggap Audiens Selepel dengan Kita

Anggap saja bahwa audiens atau penonton atau siapapun itu selepel dengan kita. Tidak lebih rendah tidak lebih tinggi.
Waktu saat itu adalah giliran kita yang tampil, giliran kita untuk menampilkan karya. Jadi tidak ada yang beda lepel semuanya sama, hanya saja waktu itu adalah kesempatan kita untuk berbicara untuk menujukan kehebatan atau kemampuan kita.
Jadi enjoy saja dengan materi atau karya kita.

3. Datanglah Lebih Awal

Dengan datang lebih awal kita bisa lebih dahulu bebenah diri, lebih tahu duluan tentang situasi dan kondisi panggung atau tempat menunjukan karya kita kepada orang lain.
Dengan datang lebih awal kita juga tidak akan terburu - buru. Jika saja datangnya mepet selain kita cape napas kitapun pasti akan ter engah - engah. Dengan napas yang terengah - engah maka akan gugup. pikiran buyar kemana - maka karena cape.

2. Atur Napas Sebelum Tampil

Seperti pada poin nomer tiga jika napas kita ter engah - engah waktu di atas panggung atau waktu dihadapan audiens, bisa jadi pikiran bleng bicara tidak jelas kemana -mana mungkin bisa jadi kita malah salah tingkah.
Untuk itu atur napas terlebih dahulu sesaat sebelum tampil.
Tarik napas dalam - dalam kemudian keluarkan. Atur juga irama llangkah kita sampai berada di atas panggung atau dihadapan audiens.
Hal tersebut akan membantu mengedarkan oksigen keseluruh tubuh kita sehingga kita akan merasa tenang.

1. Persiapan yang Matang

Nah terayata no satu adalah persiapan yang matang. 
Sudah pasti paham betul bagaimana rasanya jika persiapan belum matang. Pasti banyak sekali rasa takut, cemas dan segudang hantu kecemasan lainnya.
Dengan persiapan yang matang tentu kita akan jauh lebih siap mengahapi berbagai situasi.
Termasuk jika ada pertanyaan ada sorak ada tepuk tangan dan lain - lain.
Materi sudah siap seluruhnya, karya kita sudah siap dengan segala perlengkapannya.
Kostum, make up dan semua tampilannya sudah dipersipakan.
Dengan demikian rasa nervous atau gugup akan sangat berkurang.

Nah demikian tips dari masrozakdotcom untuk mengatasi demam panggung atau rasa gugup ketika berbicara atau ketika tampil dihadapan umum.

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Mengatasi Deman Panggung"

Posting Komentar