Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua

Orang tua dalam islam kedudukannya sangatlah tinggi. Mereka memiliki hak - hak khusus dari seorang anak. Seorang anak itu haruslah berbakti dan berbuat baik kepada orang tua, mengasihi, menyayangi, menghormati, mendoakan, taat, dan patuh terhadap apa yang mereka perintahkan, termasuk melakukan hal-hal yang mereka sukai adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak kepada orang tuanya. Dalam islam berbaut baik kepada kedua orang tua itu dikenal denga istilah birrul walidain.

Silahkan simak juga tentang Memahami Makna Kejujuran

Berbuat baik kepada orang tua adalah kewajiban selama orang tua tidak menyuruh berbuat kemusyrikan. Bahkan Alloh mengatakan meskipun orangtua itu seorang yang kafir, anak haruslah tetap berbakti kepadanya, hanya saja jangan mau jika di suruh berbuat musyrik

Jika keduanya (ibu bapakmu) memaksamu supaya engkau musyrik, menyekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak ketahui, maka janganlah engkau mengikuti keduanya, dan bergaullah dengan keduanya di dunia dengan baik.” ( Q.S Luqman ayat 15)


Islam mengatur hubungan antara anak terhadap kedua orang tuanya dan tata cara pergaulannya. Keduanya memiliki hak dan kewajiban yang saling berkaitan. Seorang anak tidak diperkenankan mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan terhadap kedua orang tua, apalagi hingga membuat mereka sakit hati. Allah Swt. berfirman :



Artinya :“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (Q.S. al-Isrā/17:23)

Silahkan simak pembahasan tajwid ayat ini Tajwid Surat Al Isra Ayta 23-24

Dalam ayat ke-23 surah al-Isrā di atas, Alloh menjelaskan bahwa setiap anak mesti memberikan perhatian kepada orang tuanya. Sopan santun, baik dalam ucapan maupun perbuatan merupakan nilai-nilai yang harus dilakukan seorang anak kepada orang tuanya. Bahkan, ucapan “ah”, “ih”, “hus” yang bernada penolakan atau pembangkangan terhadap perintahnya adalah dilarang, apalagi sampai
memukul atau perbuatan kasar lainnya yang menyakiti mereka.

Alloh berfirman :


Artinya : “Dan Kami wajibkan kepada manusia agar (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku tempat kembalimu, dan akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

Kesimpulan Penegasan


Berbakti Kepada Orang Tua adalah suatu kewajiban anak terhadap orang tua bahkan Alloh langsung yang memerintahkannya melalui firman - frimannya.
Jadi berbuat baiklah tehadap orang tua supaya kita dicintai oleh Alloh.

Posting Komentar untuk "Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua"