Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Setelah kita mengetahui keberadaan malaikat Alloh dan tugas- tugasnya yang begitu penting dan tidak pernah dilanggarnya, maka sebagai seorang yang mempercayainya maka akan memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam dirinya.

Silahkan simak kembali tentang Tugas - Tugas Malaikat Alloh supaya hati kita lebih mantap.

Untuk itulah dengan mengimani keberadaan Malaikat dan dengan tugas- tusanya, maka akan memberikan hikmah sebagai berikut


Hikmah Beriman Kepada Malaikat

1. Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Ternyata kita bisa tahu bahwa Allah swt. telah memerintahkan malaikat untuk mengatur peredaran matahari, bulan, bintang, mengatur jalannya angin, hujan, membagikan rezeki, mencatat amal, mencabut nyawa, dan lain sebagianya. Semua itu dikerjakan malaikat dengan patuh dan tak kenal lelah. Semua itu bukan di atur oleh dewa.
 
2. Senantiasa hati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatan sebab segala apa yang dilakukan manusia tidak luput dari pengamatan malaikat Allah Swt.

Mengapa seperti itu, karena seperti ini.

“Sesungguhnya untukmu semua ada beberapa penjaga. Malaikat yang mulia sebagai pencatat." (QS Al Infitar: 10-11).

Dengan membaca ayat tersebutah kita akan lebih berhati - hati, karena selalu ada yang mengawasi dan mencatat.

3. Menambah kesadaran terhadap alam wujud yang tidak terjangkau oleh pancaindra.
4. Menambah rasya syukur kepada Allah Swt. karena melalui malaikat-malaikat-Nya, manusia memperoleh banyak karunia.
5. Menambah semangat dan ikhlas dalam beribadah walaupun tidak dilihat oleh orang lain ketika melakukannya.
6. Menumbuhkan cinta kepada amal saleh karena malaikat selalu siap mencatat amal manusia.
7. Semakin giat dalam berusaha karena tidak ada rezeki yang diturunkan oleh malaikat Allah Swt. tanpa usaha dan kerja keras.

8.  Menambah Ketaatan Beribadah

Karena dengan kita mengimani malaikat yang selalu ada dan mencatat perbuatan kita, kita akan selalu bertambah taat. Karena jika tidak taat malaikat akan lapor. Meskipun Alloh tidak memerlukan laporan Malaikat hal ini sebagai bukti kepada Manusia Bahwa Alloh itu Maha Kuasa.

9. Tidak Takut Menghadapi Mati

Kenapa jadi tidak takut mati, karena kematian tidak harus menunggu usia tua, tidak harus didahului sakit, tetapi kematian dapat menjemput setiap saat. Malaikat Izrail melaksanakan tugas mencabut nyawa tepat atau sesuai dengan jadwal kematian yang tercantum di Lauhul Mahfuz. Maut tidak dapat diajukan ataupun diundur walaupun sesaat saja
 
10. Memperteguh Pendirian dalam Menegakkan Kebenaran

Dengan beriman kepada malaikat, orang tidak akan ragu-ragu menegakkan keadilan atau kebenaran dan tidak takut pada atasan, takut dipecat, atau dikecam oleh masyarakat. Malaikat senantiasa berpihak pada orang-orang yang menegakkan kebenaran.

Dengan beriman kepada malaikat tidak akan ada lagi orang yang melakukan tindakan tindakan kejahatan, perbuatan curang maksiat, karena ia dilihat oleh dua malaikat Allah Swt. yang selalu setia setiap saat, tak pernah tidur dan tak pernah lalai. Dua malaikat itu adalah Rakib dan Atid. Mereka diperintah Allah Swt. untuk selalu mencatat perbuatan baik dan berbuatan buruk manusia. Mereka selalu patuh kepada Allah Swt. dan tak pernah sekalipun membangkang.

Demikian yang bisa masrozakdotcom bagikan seputar Hikmah Beriman Kepada Malaikat, semoga bermanfaat. Silahkan simak juga Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia

Ingin membaca secara Offline silahakn download disini Download Artikel

Posting Komentar untuk "Hikmah Beriman Kepada Malaikat"