Keutamaan Menuntut Ilmu Itu Luar Biasa !

MasRozakdotcom-Keutamaan Menuntut Ilmu Itu Luar Biasa ! Setiap orang tentu menginginkan keuntungan dalam segala aktifitasnya. Meskipun keuntungan yang diharapkan oleh tiap - tiap orang akan berbeda - beda.

Ada orang dengan segala kegiatannya mengaharapkan keuntungan berupa uang, ada orang dengan segala aktifitasnya menginginkan keuntungan berupa jabatan atau kekuasaan, ada juga orang dengan aktifitas yang dilakukannya mengarapkan keuntungan dengan banyaknya pujian.

Namun kita sebagai seorang muslim harulah memiliki tujuan keuntungan yang lebih mulia dari semua itu. Suatu keuntungan yang tidak hanya berlaku satu masa saja melainkan menembus semua masa yang akan dilalui.

Untuk itulah disini MasRozakdotcom akan sedikit menyampaikan yang tujuannnya sebagai pengingat diri sendiri mudah - mudahan bermanfaat untuk orang lain, yaitu betapa menguntungkannya orang - orang yang menuntut ilmu.

Mengapa menuntut Ilmu Jadi Menguntungkan?


Jika kita melihatnya dari sudut pandang duniawi berupa kekayaan dan jabatan begitupun pujian, maka orang - orang yang berilmulah penguasanya.
Perhatikan salah satu orang terkaya seperti pemilik Facebook, tentu orang ini memiliki ilmunya dalam mengolah facebook supaya bisa digunakan orang banyak dan digunakan sesuai keuntungan yang diginkannya.

Namun seperti dikatakan sebelumnya sebagai seorang muslim tentu bukan hanya keutungan dunia saja yang harus dilihat, tapi harus bisa melihat juga keuntungan yang bisa menembus alam semesta.
Contoh kekayaan dan ketenaran pemilik facebook diatas adalah sebagai contoh betapa ilmu bisa mengusai dunia. Apalagi jika kita menuntut ilmu dan mengusai ilmu yang bisa meguntungkan dunia dan akhirat. Tidak hanya dunia yang akan dikuasai dan dinikmati tapi hidup nikmat dialam akhirpun akan dikuasai.

Mengapa orang yang menuntut ilmu itu bisa menjadi penguasa, karena keutamaan menuntut ilmu itu sangat luar biasa sekali. Perhatikan keutamaan menuntut ilmu berikut ini.

Berikut Adalah Keutamaan Menuntut Ilmu


Sebagai seorang muslim dalam hal menuntut ilmu haruslah memiliki dasar sebagai seorang muslim supaya hasilnyapun akan memiliki keuntungan dua dimensi.

Apakah dasar tersebut?

Yaitu beberapa keutamaan berikut ini :

a. Diberikan derajat yang tinggi di sisi Allah Swt.

“Dan Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadillah/58:11)

Dengan pegangan bahwa bagi penuntut ilmu akan mendapatkan derajat yang tinggi disii Alloh maka Ilmu yang akan di pelajarinyapun tentu adalah ilmu - ilmu yang betul - betul bisa bermanfaat untuk dunia akhirat.

b. Diberikan pahala yang besar di hari kiamat nanti

Dari Anas bin Malik ra. Rasulullah saw. bersabda, “Penuntut ilmu adalah penuntut rahmat, dan penuntut ilmu adalah pilar Islam dan akan diberikan pahalanya bersama para nabi.” (H.R. ad Dailami)

Karena salah satu keutamaan ilmu akan pendapatkan pahala, sudah tentu ilmu yang akan dipelajarinyapun bukan ilmu yang mengarah kepada syirik atau kerusakan atau kehancuran. Karena hal tersebut hanya akan mendapatkan dosa dan siksa. Ilmu yang akan di pelajari adalah ilmu yang akan mengarah pada perbaikan keimanan dan menunjukan keMaha KuasaanNya.

c. Merupakan sedekah yangg paling utama

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah yang paling utama adalah jika seorang muslim mempelajari ilmu dan mengajarkannya kepada saudaranya sesama muslim.” (H.R. Ibnu Majah).

Karena menuntut ilmu merupakan sedekah yang paling utama maka seorang muslim yang menuntut ilmu tidak akan meminta materi sebagai imbalannya melainkan keutamaan menuntut ilmu itu sendiri yang dijelaskan pada poin - poin selanjutnya, seperti lebih utama dari solat 1000 rakaat atau mengharap pahala jihad atau mengharap semakin dekatnya dengan Alloh.

d. Lebih utama dari pada seorang ahli ibadah

Dari Ali bin Abi Talib ra. Rasulullah saw. bersabda, “Seorang alim yang dapat mengambil manfaat dari ilmunya, lebih baik dari seribu orang ahli ibadah.” (H.R. ad-Dailami)

Karena Ilmu diniatkan sebagai ibadah maka menuntut ilmunya seorang muslim pastilah ilmu yang bermanfaat untuk diri dan orang lain karena jika ilmunya itu akan merusak pastilah tidak bernilai ibadah melainkan menjadi beban dosa dikemudian hari.

e. Lebih utama dari Salat seribu raka’at

Dari Abu Zarr, Rasulullah saw. bersabda, “Wahai Aba Zarr, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah telah baik bagimu dari pada salat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik daripada śalat seribu rakaat.” (H.R. Ibnu Majah)

f. Diberikan pahala seperti pahala orang yang sedang berjihad di jalan Allah.

Dari Ibnu Abbas ra. Rasulullah saw. bersabda, “Bepergian ketika pagi dan sore guna menuntut ilmu adalah lebih utama daripada berjihad fi sabilillah.” (H.R. ad-Dailami)

g. Dinaungi oleh malaikat pembawa rahmat dan dimudahkan menuju surga.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah sekumpulan orang yang berkumpul si suatu rumah dari rumah-rumah (masjid) Allah ‘Azza wa Jalla, mereka mempelajari kitab Allah dan mengkaji di antara mereka, melainkan malaikat mengelilingi dan menyelubungi mereka dengan rahmat, dan Allah menyebut mereka di antara orang-orang yang ada di sisi-Nya. Dan tidaklah seorang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu melainkan Allah memudahkan jalan baginya menuju surga.” (H.R. Muslim dan Ahmad)


Inilah keuntungan yang harus menjadi pondasi bagi seorang muslim dalam menuntut ilmu. Sehingga jika seorang muslim sukses menuntut ilmu suatu bidang ilmu maka keuntungannya adalah kebahagiaan dunia akhirat.

Demikian pengingat diri seputar Keutamaan Menuntut Ilmu Itu Luar Biasa, mudah - mudahan diri initerus terpicu untuk menutut ilmu sampai ajal menjemput.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Menuntut Ilmu Itu Luar Biasa !"

Posting Komentar