Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Keuntungan Memiliki Blog

MasRozakdotcom mengingatkan diri. Setelah beberapa lama memiliki blog terhusus blog ini ada beberapa hal yang dirasa menenangkan hati saat mengurusnya.
Hal yang menenangkan tersebut berasal dari harapan mudah - mudahan kedepannnya blog ini menjadi tempat berbagi yang sangat bermanfaat, khususnya bagi saya sebagai pengelola dan para pembaca yang berkunjung di blog ini. Lebih jauh lagi mudah - mudahan bisa bermanfaat dunia akhirat. aamiin

Blog ini sebetulnya adalah blog yang berisi materi campuran, namun ketika membahas tentang agama hati ini terasa lebih tenang. Kenapa demikian?
Karena ada pungsi utama bagi saya yang cukup penting, yaitu saya sendiri menjadi lebih belajar dari pembaca. Betulah apa yang sering disebutkan dalam khutbah jumat di mesjid daerah saya, ketika khatib bertkata sebelum memberikan materi, intinya adalah mengingatkan diri sendiri mudah - mudahan bermanfaat.

Begitupun saya, ketika saya menuliskan tentang konten - konten islam (sebagai contoh) pembagian hukum islam, maka saya merasa teringatkan kembali. Begitupun ketika saya membahas tentang tajwid, ternyata banyak hal yang menjadi pelajaran baru bagi saya. Berbagai istilah tajwid dari berbagai daerah, perubahan menyebutkan karena berbagai bahasa yang maksudnya samapun banyak.
Ternyata memang dengan adanya blog seperti ini menjadikan saya belajar hal yang baru.

Selain itu memiliki blog seperti ini menjadikan banyak kenalan, mudah - mudahan kenalan dari blog menjadikan kenalan yang menguntungkan bersama bagi kebaikan dunia akhirat.
Sebagai contoh tulisan yang mmenjadikan banyak kenalan adalah tulisan - tulisan permintaan para pembaca seperti tulisan ini Pembahasan tajwid Surat Al hadid ayat 3 atau pada pembasan Tajwid Surat Al baqarah ayat 31-37 ini dan lain lain.

Namun meski ada keuntungan ada juga penghambatnya yang menjadikan rasa takut dan tidak tenang.

Seperti ada perasaan bagaimana jika yang disampaikan ada kesalahan. Hal tersebut sering menjadi penghambat dalam berbagi untuk mengingatkan diri melalui blog ini.
Dengan adanya persaan tersebut terkadang terhambat untuk menulis. Bahkan tidak menulis.
Namun meski demikian ada juga cara mengatasinya, yaitu baca.
Satu hal keuntungan lagi yatu jadi banyak baca juga.

Penghambat lain adalah adanya keinginan lain berupa penghasilan. Menurut saya ini adalah hambatan. Kenapa demikian? Jujur saja saya belum menemukan solusi akan hal ini.

Di satu sisi untuk membiayai blog ini juga memerlukan beberapa biaya tambahan, cara yang saya tempuh untuk menutupinya adalah menggunakan iklan dari google atau lebih dikenal dengan Google adsense.
Namun saya juga sadar dengan adanya iklan seperti ini bisa jadi memberatkan pembukaan halaman blog ini, atau iklan yang muncul tidak sesuai dengan konten yang saya tampilkan bahkan bisa jadi tidak pantas untuk tampil.
Selain itu keinginan untuk penghasilan dari blog mengarahkan saya untuk menulis hal - hal yang rame. Sebagai contoh artikel seperti ini Waw Kenapa Kasus Jessica Terus Muncul di TV.
Sementara jika saya perhatikan hal yang rame seperti itu belum tentu bermanfaat untuk kemajuan.
Itulah sekelumit kisah tentang blog yang saya kelola ini. Dari hal - hal tersebut saya bisa menyimpulkan beberapa hal yang menjadi keuntungan dan beberapa hal yang menjadi hambatan.




Keuntungan Keuntungan Memiliki Blog

Dari uaraian diatas bisa saya simpulkan keuntungannya yaitu:

1. Saya menjadi lebih belajar dari pembaca, saya lebih mengingatkan diri
2. Jadi banyak membaca referensi lainnya
3. Banyak kenalan ( meski belum banyak ada aja kenalannya )


Penghambat

Selain keuntungan dalam menjalankan blog ini ada juga yang menjadi penghambat untuk berbagi dengan mudah dan aman dan nyaman, yaitu keinginan adanya penghasilan dari blog.
Karena berpengasilan dari blog harus bersaing dengan menuliskan hal yang rame sementara yang rame belum tentu bermanfaat untuk kemajuan bangsa negara dan agama.


Demikian sedikit ocehan Masrozakdotcom tentang keuntungan - keuntungan memiliki blog. Mudah - mudahan saya menemukan solusi agar tetap terus berbagi hal - hal yang bermanfaat untuk diri saya secara khusus dan masyarakat luas pada umumnya agar menjadi masayarakat yang maju. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Keuntungan Keuntungan Memiliki Blog"