Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebablasan Sampe Subuh Gimana Nih Puasanya Syah Ga?

Ya namanya manusia terkadang lupa, atau tidak sadar atau pulas sehingga kebablasan sampe waktunya subuh. Bahkan di spiker mesjid sudah terdengar komat mau sholat subuh. 
Sementara belum mandi wajib.

Bagaimana dengan puasanya, bisa puasa atau tidak?

Mungkin sebagian ada yang mengalami hal seperti itu. Habis tarawih sampe malam kemudian suami istri beribadah pada malah hari karena ada lalarang disiang hari akhirnya bangun kesiangan sampe subuh.

Dan pasti dalam hati bertanya - tanya puasa ramadannya gimana nih sah engga ya?

Nah berikut masrozakdotcom resumkan beberapa jawaban yang pernah di baca dari web - web terpercaya, mudah - mudahan bermanfaat dan menambah yakin akan saum kita yang sedang di jalankan.




Eramuslim


Oleh Ustadz Sigit Pramowo ketika ditanya mengenai hal tersebut menjelaskanya sebagai berikut intinya sebagai berikut :

Dibolehkan mandi junub setelah lewat waktu imsak bahkan dibolehkan sampi waktu subuh. Namun diharamkan jika sudah melewati waktu subuh karena orang tersebut sudah pasti melewatkan sholat subuh.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mendapati waktu subuh dalam keadaan junub karena jima’, bukan karena mimpi. Namun beliau tidak Ifthar (berbuka) dan tidak pula meng-qadla` (mengganti) puasanya


Rumaysho

Berhubungan suami istri pada malam hari di bulan ramadhan adalah dibolehkan. Jika kebablasan berikut ringkasan dari jawaban yang di sampaikan oleh Muhammad Abduh Tuasikal, MSc melalui rumahysho.

Dari ‘Aisyah dan Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhuma:"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendapati waktu fajar (waktu Shubuh) dalam keadaan junub karena bersetubuh dengan istrinya, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa." ( HR Bukhori 1926)

Dari Aisyah ra : "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa." ( HR Muslim 1109).


Konsultasisyariah

Dalam hal ini ditulis oleh Ammi Nur Baits, berikut ringkasan urainnya:
Orang yang junub dan belum mandi hingga masuk waktu subuh tidak perlu hawatir karena semacam ini tidak berpengaruh pada puasanya.

Dasarnya adalah sebagai berikut :
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. Kemudian, beliau mandi dan berpuasa.” (HR. Bukhari 1926 dan Turmudzi 779)

Dalam artikel ini juga ditambahkan bolehkan sahur dalam keadaan junub?

Dalam hal ini dibolehkan makan sahur dalam keadaan junub dengan anjuran mengambil wudu terlebih dahulu sebelum makan sahur.

Yang terpenting makan sahur jangan sampai masuk waktu subuh.
Dan sebelum sholat subuh mandi junuh terlebih dahulu.

Jangan sampai tidak sholat subuh karena malas mandi. Karena mininggalakan sholat dosanya sangat besar.


Kesimpulan

Dari ketiga artikel yang di jawab oleh 3 ustadz diatas masrozakdotcom bisa menyimpulkan jika terjadi bablas belum mandi junub sampai waktu subuh adalah tidak merusak saum puasa.
Saum atau puasa bisa terus dilanjutkan.
Catatan penting adalah jangan sampai tidak sholat subuh.

Demikian penjelasan dari beberapa sumber suputar kebablasan sampe subuh belum madi junub. Semoga bermanfaat.


Sumber:
http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/mandi-zunub-di-bulan-ramadhan.htm
https://konsultasisyariah.com/19428-bolehkah-puasa-tanpa-mandi-wajib.html
https://rumaysho.com/1217-masuk-shubuh-dalam-keadaan-junub-sahkah-puasanya.html

Posting Komentar untuk "Kebablasan Sampe Subuh Gimana Nih Puasanya Syah Ga?"