Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Tahu Tanda Atau Ciri Malam Lailatur Qadar?


Malam lailatul qadar setiap bulan ramadhan menjadi dambaan setiap umat islam untuk mendapatkannya.
Sebagian orang ada yang menghususkan seluruh bulan ramdhan untuk beribadah dan berharap mendapatakan malam lailtul qadar.
Sebagian orang ada juga yang lebih menghususkan pada 10 malam terakhir di bulan ramdhan supaya mendapatkan malam lailatur qadar.

Namun apakah mendapatkan malam lailatul qadar tersebut?

Masrozakdotcom ingin mencoba menuliskan ciri - ciri malam lailatul qadar dan bagaimana ciri orang yang telah mendapatkan malam lailatul qadar tersebut.

Masrozakdotcom dalam hal ini mencoba meresume dari berbagai sumber. Mudah - mudahan bisa beranfaat.

Berikut adalah Tanda atau Ciri Malam Lailatul Qadar


1. Tanda atau ciri yang pertama, malam lailatul qadar adalah malam yang tidak panas dan tidak dingin, siangnya matahari muncul dengan kemerahan lemah. ( Riwayat Ibnu Khujaimah)

2. Tanda atau ciri yang ke dua adalah Rosululloh SAW bersabda, :"Sesungguhnya aku diperlihatkan malam lailatul qadar lalu aku dilupakan, ia ada disepuluh malam terakhir. Malam itu cerah tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyikap bintang - bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajar." ( HR Ibnu Hibban).

3. Yang ketiga Rosululloh bersabda :"Sesungguhnya pada malam itu malaikat turun ke bumi lebih banyak daripada pasir. " ( HR Ibnu Khuzimah).
Mungkin karena malaikan turun ke bumi begitu banyak, akan ada suasana tenang.

4. Matahari terbit dipagi hari cerah tanpa sinar ( HR Muslim)

5. Kemungkina datangnya malam lailatul qadar bahkan di sebutkan waktunya
Dari Ibnu Umar bahwa Rosululloh SAW bersabda :" Carilah ia di sepuluh malam terakhir. jika salah seorang dari kalian lemah atau tidak mampu maka janganlah dikalahkan di tujuh malam terakhir."

Nah itulah tanda atau ciri  datangnya malam lailatul qadar.


Ciri - Ciri orang Yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar


1. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dari Abuhuroiroh : Rosululloh SAW bersabda barang siapa yang solat qiamulail qodar dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka dosa - dosanya yang telah lalu dimapuni.

2. Merasakan ketenangan hati

3. Kelezatan ibadah

4. Namun sebagian ulama mengatakan tidak ada tanda khusus seseorang yang telah mendapatkan malam lailatul qadar, ia hanya mendapatkan kemulyaan malam tersebut dengan ampunan dosanya dan harapannya di kabulkan.

Dengan demikian menyikapi malam lailatul qadar adalah harus terus beribadah sunguh - sungguh dalam bulan ramadan ini dan beribadah sungguh - sungguh setelah bulan ramadhan ini dengan hanya mengharaf ridho Alloh.

Sahabat berkata jika ingin mendapatkan malam laitalut qadar, maka sholat malamlah sepanjang tahun.

Semoga kita semua mendapatkan kemulyaan malam lailatul qadar. Aamiin

Demikian seputar tanda dan ciri malam lailatul qadar beserta tanda pada orang yang mendapatkannya.
Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Ingin Tahu Tanda Atau Ciri Malam Lailatur Qadar?"